[ADINSERTER AMP]

Type to search

Bisnis Online

Catat Ya! Ini 10 Ide Bisnis Dropship yang Paling Menguntungkan

Ide/ Peluang Bisnis Dropship Paling Menjanjikan

Ide bisnis dropship mungkin termasuk salah satu kategori peluang yang banyak dicari. Dibandingkan dengan jenis bisnis yang lain, dropshipping memang relatif lebih sering menjadi incaran. Tentu saja bukan tanpa alasan.

Selain mudah untuk memulainya, karena tidak harus memikirkan stok. Jenis bisnis ini juga bisa kita mulai dengan nyaris tanpa modal. Apalagi jika sudah bertemu dengan supplier yang tepat. Dijamin pasti jalan!

Apa itu Bisnis Dropship?

Bisnis dropship adalah sebuah model bisnis online dimana penjual (dropshipper) berfungsi jembatan transaksi antara supplier dan pembeli. Sebagai dropshipper, penjual akan mendapatkan keuntungan langsung dari selisih harga dari supplier dengan penjual.

Peluang usaha dropshipper

Dengan model bisnis ini, penjual tidak membutuhkan modal yang besar. Bahkan bisa dibilang, Anda bisa memulainya tanpa modal. Modal bisa keluar di awal saat Anda melakukan promosi berbayar atau berjualan di marketplace.

Dalam sistem marketplace, Anda harus membelikan pesanan pelanggan ke supplier lebih dulu, dan mendapatkan uang penjualan setelah transaksi di marketplace selesai.

Perbedaan Bisnis Dropship dan Reseller

Bisnis dropship dan reseller memang mirip. Karena miripnya, banyak yang beranggapan kalau dua model bisnis ini sama. Tapi tentu saja, keduanya berbeda.

Dalam bisnis dropship, penjual adalah pihak ketiga dalam transaksi. Penjual atau dropshipper tidak perlu menyediakan tempat untuk menyimpan stok yang dibeli dari supplier. Dropshipper juga tidak perlu melakukan proses packing dan mengirimkan satu per satu ke pihak ekspedisi untuk sampai ke alamat pembeli.

Sebaliknya, bisnis reseller mengharuskan pelaku bisnis untuk membeli dari supplier sebagai stok, untuk dijual kepada pembeli. Saat terjadi pembelian, reseller akan melakukan packing pesanan dan mengirimkan ke pihak ekspedisi.

Reseller biasanya mendapatkan potongan harga dengan nominal atau persentase tertentu sesuai kesepakatan. Dropshipper biasanya akan mendapatkan margin penjualan dengan menaikkan harga dari supplier, karena tidak mendapat potongan harga, atau potongan harga lebih sedikit daripada reseller.

Saat terjadi penjualan, dropshipper akan mengirimkan pesanan pembeli atas nama toko dropshipper. Disini seolah- olah dropshipper adalah tangan pertama dari produk. Padahal, dropshipper mempromosikan produk yang supplier miliki.

Keuntungan Memilih Bisnis Dropship

Ada banyak godaan untuk memulai jenis bisnis ini. Tapi tentu saja, tidak semua perlu Anda telan mentah- mentah. Penting untuk Anda mengenali bisnis ini sebelum melangkah lebih jauh lagi.

Berikut adalah beberapa keuntungan dari memulai bisnis dropshipping :

1. Mudah untuk Memulai

Alasan utama mengapa memilih bisnis dropshipper adalah karena mudah untuk memulainya. Anda bisa memulainya dengan mendaftar program dropshipper, kemudian memanfaatkan akun media sosial dan circle pertemananan sebagai langkah awal pemasaran.

2. Biaya yang Murah atau Bahkan Tanpa Modal

Bayangkan berapa biaya awal yang harus Anda keluarkan jika harus membeli stok lebih dulu? Dan harus mengeluarkan sewa tempat untuk gudang dan display produk? Jika Anda sudah mempunyai bisnis yang establish atau bisnis yang sudah matang sebelumnya, tentu ini bukan masalah besar.

Tapi untuk pemula atau yang belum punya kapasitas biaya besar, ini bisa dirasa memberatkan. Dengan bisnis dropship yang tidak mengharuskan stok barang, tentu ini adalah solusi memulai bisnis yang menyenangkan.

3. Pilihan Produk yang Banyak

Ada banyak pilihan produk yang bisa ditawarkan dalam bisnis dropshipping. Mulai dari produk kecantikan, fashion, alat kebutuhan rumah tangga, gadget, sepatu, dan banyak yang lainnya. Bisa dibilang, apapun yang bisa dijual secara online, semua bisa di-dropship kan.

Kendati begitu, disarankan untuk pelaku dropship fokus mendalami 1-2 segmen produk saja. Karena jika terlalu banyak, justru dropshipper akan kesulitan dalam menangani produknya.

Selain itu, dari kedua segmen tersebut sebaiknya diusahakan agar saling berhubungan. Misalnya saat berjualan produk skin care, Anda bisa dropship kosmetik juga. Atau saat berjualan produk gadget, bisa bersamaan dengan aksesoris gadget.

Produk yang saling terkait seperti ini bisa meningkatkan reputasi toko online Anda, sekaligus menarik lebih banyak pembeli.

4. Fleksibel

Bisnis model dropship tidak mengikat waktu. Anda bahkan bisa menjadikan jenis bisnis ini sebagai bisnis sampingan dari pekerjaan utama Anda.

Anda juga bisa memanfaatkan media sosial untuk posting di saat jam- jam istirahat kantor atau malam sebelum tidur. Selain itu, karena bisa dilakukan dengan smartphone, akan lebih mudah juga untuk merespon pelanggan yang masuk di berbagai channel.

5. Lebih Minim Resiko

Ya, resiko bisnis dropship memang lebih rendah. Ini karena penjual tidak harus stok barang untuk mulai berjualan. Tidak juga harus sewa tempat. Dengan begitu, resiko stok menumpuk di gudang dapat diantisipasi.

Ide Bisnis Dropship yang Menguntungkan

Seperti yang Panda jelaskan sebelumnya, ada banyak sekali jenis produk yang bisa di dropshipkan. Dari sekian banyak pilihan, berikut adalah beberapa jenis bisnis dropship yang paling menjanjikan :

1. Kosmetik dan Skincare

Bicara soal bisnis dropship, kosmetik dan skin care adalah niche yang selalu laris manis. Kosmetik dan skincare memang tidak ada matinya. Tidak heran, kosmetik dan skincare pun banyak sekali jenisnya. Mulai dari yang harganya merakyat, sampai premium.

Bisnis skincare dan kosmetik memang termasuk salah satu yang pasarnya ketat. Namun, peminatnya pun juga sangat banyak. Nilai plusnya lagi, industri ini termasuk salah satu pasar yang repeat ordernya stabil. Kalau cocok dengan skincare dan kosmetik tertentu, pasti bulan depan beli lagi, lagi dan lagi.

Untuk mendalami bisnis kosmetik dan skincare, Anda tidak harus menjadi pengguna skincare itu langsung. Namun penting untuk mengetahui seluk beluk dunia kosmetik dan skincare.

2. Pakaian

Ide bisnis dropship pakaian

Bisnis dropship pakaian juga mempunyai pasar yang besar dan saling melengkapi dengan skincare dan kosmetik. Misalnya saat Anda sudah glowing dan mengenakan make up yang bagus, tentu saja kurang pas jika tidak didukung dengan pakaian yang menarik, bukan?

Saat ini ada banyak pilihan model dan brand pakaian.Anda perlu melakukan riset lebih jauh tentang brand yang sedang ngehits atau model baju yang sedang banyak diminati konsumen.

Di momen- momen tertentu, jenis model pakaian tertentu juga sedang banyak diburu. Misalnya saat Ramadhan tiba, maka baju muslim seperti gamis, dan koko, pasti akan semakin laku keras.

3. Jam Tangan

Selalu ada jam tangan baru yang dirilis dalam selang waktu tertentu. Selain itu, peminat jam tangan ini meliputi semua kalangan. Mulai dari laki- laki dan perempuan, dari yang muda, remaja, sampai dewasa.

Saat ini semakin banyak jam tangan KW yang dijual secara online. Produk KW seringkali menjadi market yang empuk dan punya pasar yang besar. Peminatnya adalah mereka yang ingin tampil stylish, tapi terkendala dengan budget.

Untuk nyemplung di niche ini, disarankan untuk Anda mengetahui model- model jam tangan yang sedang trending dan banyak peminatnya.

4. Sepatu dan Sandal

Sepatu dan sandal juga termasuk produk dropship yang menjanjikan dan evergreen. Mulai dari yang harganya murah, sedang sampai yang premium, jenis produk ini tidak pernah kehabisan peminat.

Artinya, selalu ada kesempatan untuk Anda berjualan secara dropship dari jenis produk ini. Terlebih model sepatu dan sandal selalu berubah dari waktu ke waktu. Pembeli akan selalu mencari produk ini.

5. Tas dan Dompet

Bisnis dropship reseller dompet dan tas

Sama seperti sepatu dan sandal, tas dan dompet adalah item fashion yang selalu berubah modelnya dari waktu ke waktu. Mulai dari yang harganya ekonomis, sampai yang tidak masuk akal. Dan tidak diragukan lagi, peminatnya sangat banyak sekali.

Untuk memulai bisnis dropship tas ini, penting untuk Anda mengetahui model- model tas yang sedang ngehits dan banyak diminati. Jangan lupa untuk cek review dari supplier untuk memastikan kualitas produk yang Anda jual tidak membuat pelanggan kecewa.

6. Peralatan Rumah Tangga

Semua hal yang berbau rumah tangga juga menjadi ide bisnis dropship yang menguntungkan, terutama untuk pasangan dan keluarga muda. Untuk memulai bisnis ini, Anda bisa bekerjasama dengan supplier perabot rumah tangga. Mulai dari peralatan masak, peralatan makan, dekorasi kamar, dekorasi ruang tamu, dan masih banyak lagi.

Tips dalam menjalankan ide bisnis ini adalah tidak terlalu terpaku pada satu brand saja. Anda bisa menggabungkan beberapa jenis brand sekaligus, selama brand itu mempunyai kualitas bagus.

7. Produk Kesehatan

Produk kesehatan banyak dicari memang karena dibutuhkan. Selain untuk orang yang sakit, orang yang sehat pun berminat dengan jenis produk ini untuk tetap menjaga kesehatan dan kebugaran mereka.

Tertarik mencoba peluang bisnis dropship ini? Mulai lah untuk riset berbagai jenis produk kesehatan, seperti produk herbal, suplemen, multivitamin dan lain sebagainya.

8. Makanan Sehat

Masih ada kaitannya dengan kesehatan, tapi kali ini lebih fokus ke gaya hidup. Gaya hidup sehat saat ini tengah populer di hampir semua kalangan.

Semakin banyak orang menyadari pentingnya mengonsumsi makanan sehat, meskipun harganya sedikit lebih mahal. Jika Anda ingin nyemplung di bisnis ini, penting untuk terus melakukan edukasi kepada calon konsumen Anda. Begitu edukasi ini berhasil diterima, konsumen berpotensi menjadi pelanggan Anda terus menerus.

9. Produk Bayi

Bisnis produk kebutuhan bayi

Jangan meremehkan niche dari produk ini. Selain peminatnya banyak, biasanya konsumen melakukan pembelian secara royal. Salah satu alasannya, konsumen mempunyai motivasi khusus untuk mencukupi kebutuhan buah hati mereka. Sudah pasti orangtua menginginkan yang terbaik untuk anaknya, bukan?

Kabar baiknya lagi, kompetisi dropship produk bayi tidak seketat produk fashion, kesehatan dan aksesoris gadget pada umumnya.

10. Aksesoris Gadget

Aksesoris gadget adalah salah satu jenis bisnis yang terus berkembang dan mengikuti tren. Banyak orang yang rela mengeluarkan uang mulai dari puluhan ribu, sampai ratusan ribu, demi mendapatkan aksesoris gadget yang mereka miliki.

Aksesoris gadget pun fungsinya semakin luas. Ada yang menjadi bagian kebutuhan untuk memperlengkapi gadget, dan ada juga yang demi fashion semata. Apapun itu, ide bisnis dropship ini punya potensi yang menarik.

Persiapan Memulai Bisnis Dropship

Antusias memuncak setelah membaca deretan ide bisnis dropship di atas? Panda mengerti apa yang pembaca rasakan 🙂

Meski begitu, Panda tidak menyarankan untuk langsung berburu secara agresif calon supplier bisnis dropshipping Anda. Agar Anda benar- benar siap dan bisnis ini berjalan secara stabil, penting untuk melakukan riset secara mendalam.

Berikut adalah beberapa persiapan untuk memulai bisnis dropship :

1. Melakukan riset supplier

Menemukan supplier yang tepat akan membuat perjalanan dropship Anda sesuai harapan. Anda akan mengalami resiko lebih rendah dalam berhadapan dengan supplier nakal atau yang kurang berkualitas.

Untuk mendukung riset ini, Anda bisa membaca artikel Panda sebelumnya : Cara Riset untuk Menemukan Produk dan Supplier Terbaik di Marketplace.

2. Ingin berjualan dimana?

Langkah selanjutnya, pikirkan dimana saja Anda akan mempromosikan produk Anda? Apakah social media saja? Atau marketplace dan juga website sendiri?

Jika ingin berjualan di marketplace, pastikan Anda mengetahui policy dari masing- masing marketplace. Bukalapak dan Shopee mempunyai sistem dropship yang mirip. Anda bisa membeli barang seperti biasa, lalu mengklik pilihan dropship.

Sedangkan di Tokopedia, per November 2018 tidak memperbolehkan sistem internal dropshipping. Artinya, tidak boleh untuk menjadi dropshipper di platform marketplace yang sama.

Tokopedia menerapkan sistem external dropshipping. Dalam skema ini, penjual dan dropshipper harus berada di marketplace yang berbeda. Contohnya, dropshipper melayani pelanggan dari luar Tokopedia, dengan cara menyediakan barang dari supplier di Tokopedia.

3. Lakukan Kampanye Promosi

Bisnis apapun, tentu membutuhkan kampanye promosi. Entah itu secara organik, maupun berbayar.

Kampanye promosi ini juga bergantung pada jenis media yang Anda gunakan untuk berjualan. Jika berjualan di media sosial, apakah akan melakukan teknik organik, paid promote/ endorsement, atau beriklan?

Jika sudah mantap membangun website sendiri, jangan lupa untuk melakukan optimasi SEO atau mencoba strategi marketing berbayar seperti Google AdWords atau metode iklan lainnya.

Siap Memulai Bisnis Anda?

Sekarang, sudah siapkah Anda memulai bisnis dropship Anda? Dengan berbagai persiapan di atas, dan juga deretan ide bisnis dropship, langkah selanjutnya adalah memulai action Anda.

Meski bisnis dropship adalah bisnis yang mudah, bisnis ini bisa jalan di tempat jika Anda minim keseriusan. Sama seperti jenis bisnis lainnya, penting untuk ulet dan mencoba berbagai strategi untuk mendatangkan banyak calon pembeli.

Semoga artikel Panda ini memberi Anda inspirasi untuk membangun kerajaan bisnis online Anda. Dan dropship, akan menjadi langkah menarik untuk memulainya.

Tags:
Tirta Prana

Gamers for lyfe dan mantan karyawan yang sedang mencoba peruntungan di dunia bisnis dengan usaha distro baju. Wish me luck, gaiss! My life is my battle😎

  • 1

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.