Type to search

Social Media

15+ Ide Konten TikTok untuk Promosi Bisnis Online

15+ Ide Konten TikTok untuk Promosi Bisnis Online

Ide konten TikTok yang seperti apa yang cocok untuk promosi bisnis online kita ya?

Jika saat ini Anda sedang mencoba untuk menggunakan media TikTok sebagai channel baru untuk mengoptimalkan bisnis, mungkin ini yang sedang ada di pikiran Anda. Belakangan ini TikTok memang semakin populer di ranah media sosial.

Data terbaru dari Hootsuite menyebut bahwa TikTok telah berhasil meraih 800 juta pengguna aktif per bulan. Jumlah ini bahkan berhasil mengalahkan media sosial yang sudah hadir lebih dulu, seperti LinkedIn, Twitter, Snapchat, dan Pinterest.

Dengan insight ini, rasanya nyemplung ke TikTok akan membuka peluang baru untuk bisnis Anda. Tapi, konten seperti apa yang sesuai untuk promosi bisnis kita? Dance viral, voiceover, duet with me… atau video kreatif lainnya?

Konten video tentunya harus relevan tapi juga berpeluang masuk FYP agar promosi kita menjangkau lebih banyak audiens.

Apa itu FYP (For Your Page)?

FYP (For Your Page) merupakan fitur halaman rekomendasi di aplikasi TikTok yang akan muncul pertama kali saat kita membuka aplikasi TikTok. Halaman ini terletak di bagian dengan icon home dan berisikan video- video yang menurut TikTok layak untuk diunggulkan dan menjadi rekomendasi.

Karena menjadi featured video, deretan video yang muncul di FYP ini akan mendapatkan limpahan view yang banyak dari pengguna TikTok. Itulah mengapa banyak pengguna TikTok sangat ingin video mereka berhasil masuk ke FYP.

Karena masuk FYP sama artinya dengan video mereka akan, sedang dan semakin populer.

Inspirasi Ide Konten TikTok untuk Promosi Bisnis

Kira- kita konten seperti apa saja yang sesuai untuk promosi bisnis di TikTok? Berikut adalah deretan ide yang dapat Anda coba :

1. Konten dengan Hashtag Challenge

Seperti yang Panda ulas sebelumnya di Strategi Marketing TikTok, konten dengan hashtag challenge akan selalu menarik perhatian audiens TikTok. Konten ini sendiri merupakan konten tantangan khusus untuk para pengguna TikTok.

Salah satu brand yang berhasil dengan hashtag challenge ini adalah Tokopedia dengan #TokopediaHaul dan Indomie dengan #GoyangHotJeletot untuk mempromosikan varian Hype Abis.

Ide konten TikTok untuk promosi bisnis dengan hashtag challenge #TokopediaHaul
Konten TikTok dengan hashtag #TokopediaHaul

Mengapa banyak brand besar juga ikut menggunakan strategi ini? Selain mengoptimalkan strategi viral marketing, brand juga mendapatkan user generated content alias konten yang dibuat pengguna produk.

Dengan trik ini, promosi bisa berjalan secara masif tanpa harus repot menghasilkan banyak ide sekaligus. Menarik untuk kita contek? Panda sih yes!

2. Product Launching

Contoh konten produk launching di TikTok

Jika akun TikTok Anda sudah cukup established, TikTok bisa menjadi pintu perkenalan yang efektif untuk produk baru Anda ke audiens. Buatlah beberapa seri konten product launching yang saling berkaitan satu sama lain.

Konten pertama berisi video singkat tentang spoiler produk. Ciptakan konten video dengan angle yang membuat orang penasaran, deg- degan, atau menduga- duga itu tentang apa. Di seri selanjutnya, kita bisa memberi spoiler lebih lanjut dan menyisipkan alasan dibalik pembuatan produk tersebut.

3. Edukasi Produk & Brand

Ide konten TikTok tema edukasi untuk promosi bisnis

Bicara tentang konten edukasi, pengguna TikTok bisa mengemas konten jenis ini dengan ringan dan fun. Artinya, ini bukan konten edukasi boring dengan cara lama. Gunakan gerak tubuh, tampilkan spoiler fitur, gunakan mimik wajah, dan sebagainya.

Kita tidak akan membuat konten yang berat- berat di TikTok karena environment di platform ini adalah fun. Semakin fun konten edukasi kita, maka akan semakin mudah diterima audiens dan berpeluang masuk FYP.

Beberapa ide untuk membuat konten edukasi produk dan brand di TikTok :

  • FAQ atau tanya jawab
  • Cerita pendek tentang brand
  • Jenis produk yang best seller
  • Informasi spesifikasi atau bahan membuat
  • Kenapa konsumen banyak memilih produk ini daripada …

Sekali lagi, pastikan konten yang akan kita buat nanti ringan dan fun yaa.

4. Tutorial

Konten TikTok tema Tutorial

Untuk produk dengan tingkat kompetisi tinggi seperti skincare atau make up, kita perlu membangun strategi konten yang manis untuk menarik perhatian calon pelanggan. Kabar baiknya, dua jenis konten ini bisa menciptakan variasi ide konten TikTok yang beragam.

Salah satunya adalah konten tutorial make up yang selalu membuat orang penasaran dan tertarik. Dengan menghadirkan tutorial make up dan skin care, audiens biasanya mereka tertarik untuk berinteraksi dengan konten kita, follow akun dan selangkah lebih dekat dengan melakukan pembelian.

Membuat konten tutorial akan lebih mudah jika kita selalu mengikuti tren. Terutama dalam hal make up dan fashion, tren akan selalu ada dan berubah. Jadi, buatlah tutorial konten yang fresh dan menarik untuk pengguna TikTok.

5. Produk

Selain membuat konten edukasi dan tutorial, jangan lupa juga untuk menyajikan konten tentang produk kita sendiri. Kita mungkin sudah sering melihat video tentang produk di TikTok dan terinspirasi dengan bagaimana orang- orang membuat konten produk terasa mudah.

Yes, karena konsep dari TikTok sendiri adalah memamerkan sesuatu dengan tema yang ringan tapi bisa sama- sama dinikmati. Kadang video merupakan gabungan dari foto- foto dengan konsep kolase atau kombinasi dengan video.

Kita cukup menggunakan kamera smartphone dan mengambil video dan foto produk menarik dengan alat- alat sederhana. Alat- alat ini misalnya cermin, background yang rapi dan aesthetic, aksesoris pendukung untuk mempermanis.

Anda juga bisa meniru trik pamer produk yang sudah lebih dulu muncul di FYP. Misalnya untuk produk fashion, bisa menampilkan atraksi pergantian baju dalam beberapa gerakan. Saat meniru konsep yang sudah ada di FYP, konten kita juga berpeluang masuk ke FYP karena mengikuti apa yang sudah trend.

6. Workspace Tour

“Kenal kita lebih dekat yuk…. Sini- sini masuk rumah dulu, kita keliling buat lihat- lihat apa yang di dalem yaa..”

Kurang lebih seperti itu. Kira- kira apa yang audiens rasakan jika situasi real nya persis seperti dialog itu? Mereka akan merasa kalau pemilik rumah atau pemilik toko adalah orang yang ramah, nyaman dan membuat kita tertarik untuk eksplor lebih jauh.

Sama halnya dengan konsep konten workspace tour. Jenis konten ini seperti menarik pelanggan untuk mengenal kita lebih dekat, dan merasa lebih kenal. Kalau sudah merasa kenal dan dekat, selanjutnya mereka akan lebih sering berinteraksi dan lebih trust untuk bertransaksi.

Dalam membuat ide konten TikTok untuk promosi ini, cobalah untuk mengatur kantor atau ruang produksi sesuai kebutuhan. Tunjukkan bagaimana suasana saat tim sedang bekerja, menyusun inventori dan menyiapkan pesanan pelanggan.

Saat audiens menikmati konten ini, maka sejak itulah mereka menjadi sahabat Anda yang lebih dekat.

7. Behind The Scene (BTS)

Setelah membuat konten produk yang fun dan workspace tour yang ramah, konten behind the scene akan semakin meningkatkan engagement rate di TikTok. Video BTS ini tidak perlu yang rumit, cukup buat video sederhana yang menampilkan toko Anda hanya menggunakan produk berkualitas, memproses pesanan dengan hati- hati, teliti dan penuh kegembiraan.

Buat konten BTS Anda sebagai salah satu konten yang penuh dengan energi positif untuk disalurkan ke audiens. Saat melihatnya, audiens akan merasa semakin terhubung dan kagum dengan semua proses di belakang.

8. Packaging dan Shipping

Coba deh sekali- kali membuat konten saat proses packaging banyak pesanan dari pembeli. Bukan sekedar pamer, tapi ini adalah cara untuk menunjukkan social proof bahwa produk benar- benar diminati dan toko Anda terpercaya.

Menampilkan social proof akan meningkatkan psikologis audiens yang awalnya cuek atau takut bertransaksi meningkat ke arah kepo dan mulai tertarik untuk berinteraksi hingga membeli.

Untuk pelanggan yang sudah pernah membeli, ada kepuasan tersendiri saat mereka melihat bagaimana seorang seller memproses pesanan mereka. Tidak jarang ini memancing mereka untuk berkomentar, “Wahhhh… ini salah satu paketku ada di sana nih minn :D”

9. Testimoni

Testimoni juga bisa menjadi ide konten TikTok untuk promosi bisnis online kita selanjutnya. Bukan hanya di TikTok, di platform manapun Testimoni akan selalu mempunyai bobot lebih. Karena dengan hadirnya testimoni, bisa memperkuat efek trust dari produk dan toko itu sendiri.

Selain menggunakan konten testimoni dengan tampilan biasa, cobalah untuk membuat konten testimoni dengan melakukan mention, dan duet/ stitch.

10. Company Profile

Alih- alih membuat konten penjabaran tentang brand, kita bisa membuat konten cerita dibalik berdirinya brand itu sendiri. Kita bisa mengemasnya dengan konsep story telling yang ringan, fun, dan menyentuh sisi emosional audiens.

Sebagai ide, cobalah menceritakan motivasi dan alasan dari berdirinya bisnis Anda. Bisa juga menunjukan portofolio dan mengajak orang- orang yang pernah terlibat dalam bisnis Anda.

11. Success Story

Konten Success Story di TikTok

Kisah manis dengan muatan success story juga bisa menjadi ide konten TikTok yang menarik untuk promosi bisnis. Selain itu, tipe konten Success Story bisa memperkuat branding.

Salah satu ide yang dapat Anda gunakan adalah menampilkan foto keadaan perusahaan dulu dan sekarang, atau membuat timeline kisah yang menjadi titik balik bisnis Anda.

Kabar baiknya, kisah Anda bisa memotivasi audiens yang saat ini dalam situasi terpuruk. Mereka yang relate dengan konten tersebut kemudian akan merasa terhubung dan merasa dekat dengan brand Anda.

12. Aktivitas/ Rutinitas (Day in My Life)

Bicara rutinitas bukan berarti kita bicara tentang hal yang selalu membosankan. Kenyataannya, orang zaman now semakin mudah penasaran dengan rutinitas orang lain. Itulah salah satu alasan mengapa konten seperti vlog atau Day in My Life cukup populer.

Dalam konten ini, pemilik bisnis atau siapapun akan mengungkap sisi personal dirinya. Ini mencakup kebiasaannya, rutinitas nya, atau bahkan saat berkaitan dengan pelanggan.

Nah, untuk membuat konten yang menarik, pemilik bisnis juga bisa memperlihatkan aktivitas personalnya lewat konten. Misalnya saat menyiapkan bahan produksi, menghandle klien, mendapatkan pesanan yang tidak biasa atau reaksi saat mendapat testimoni.

Dengan cara ini, audiens akan merasa semakin dekat dengan brand sekaligus kehidupan si pemilik bisnis.

13. Meet The Team

Hubungan antara pemilik bisnis dan karyawan nya bisa menjadi isu sekaligus daya tarik untuk sebuah perusahaan. Menjadi isu saat hubungan perusahaan dan karyawan tidak baik, kemudian terekspose ke audiens bahwa perusahaan telah mengeksploitasi karyawan dengan image negatif.

Sebaliknya, jika perusahaan, owner dan karyawan mempunyai hubungan yang hangat, maka atmosfer positif bisa terbawa ke audiens. Audiens akan lebih respect dengan brand kita. Dan tentu saja, ini bisa menjadi ide konten yang menarik untuk TikTok dan platform media sosial lain yang Anda miliki.

Jenis konten ini sekaligus menjadi bukti bahwa perusahaan bukan hanya mengapresiasi karyawannya, tapi juga merawat reputasi bisnis nya dengan baik. Jadi, di satu kesempatan, buatlah konten dimana Anda memperkenalkan anggota tim satu per satu dan beritahu audiens kontribusi menarik mereka terhadap tim.

14. Pengumuman/ Announcement

Di media mana saja biasanya perusahaan Anda memberitahukan pengumuman untuk audiens? Waktu libur, perubahan alamat atau perubahan kebijakan toko misalnya?

Jika sebelumnya Anda menggunakan email, Facebook dan Instagram, kini saatnya untuk turut melibatkan TikTok.

Konten ringan ala TikTok akan membuat brand Anda menghadirkan konten announcement yang fun, ringkas dan menarik untuk audiens. Jadi, mulailah untuk melakukan ini juga di TikTok.

15. Promo Toko

Yang tidak kalah pentingnya, jangan lupa untuk mengkonfirmasikan promo yang sedang berlangsung sebagai campaign konten di TikTok juga. Konten promo disini tentu saja yang mengarah ke hard selling ya.

Jadi selain kita melakukan teknik pendekatan yang soft, kita juga melakukan pendekatan hard dengan membuat konten produk dan juga promo yang sedang berlangsung. Untuk konten- konten seperti ini, jangan lupa untuk menutup konten dengan call to action yang mengarahkan audiens ke website atau mengarah ke closing.

16. Kolaborasi dengan Influencer

Brand Augmented Reality di TikTok Ads

Selain membuat konten mandiri yang benar- benar seputar brand dan toko Anda, kolaborasi dengan influencer juga bisa menjadi jurus ampuh dalam promosi di TikTok.

Sama seperti influencer di Instagram, menggunakan jasa influencer di TikTok juga berperan untuk mengoptimalkan eksposur terhadap brand.

Cobalah mulai membuat daftar influencer yang relevan dengan brand dan audiens Anda, dan analisa performa akun serta konten mereka. Setelah menemukan influencer yang cocok, ajak mereka untuk berkolaborasi mempromosikan bisnis kita dengan konten yang menarik. Setelah itu, jangan lupa untuk melakukan evaluasi kinerja influencer yang ANda lakukan ya.

Sudah Siapkan Mengeksekusi Ide Konten TikTok mu untuk Promosi Online?

Ada banyak ide konten TikTok yang bisa kita gunakan untuk promosi bisnis kita secara online. Dengan jumlah audiens aktif yang semakin besar, jelas TikTok merupakan salah satu platform media sosial yang bisa menyumbang kontribusi positif untuk akun kita.

Kuncinya adalah dengan menyajikan konten yang relate dan relevan dengan audiens ala  TikTok. Sebagian besar pengguna TikTok adalah fans dari konten- konten yang ringan dan fun. Jadi, sering- seringlah menciptakan konten menarik dengan kriteria tersebut.

Selamat mencoba!

Tags:
Aditya Rumi

a time traveller, an explorer and a lover of science-techno things & coffee of course. Saya menggunakan aktifitas menulis untuk menyalurkan pengetahuan Saya. Semoga bermanfaat dan memberi value untuk orang lain.

  • 1

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.