Home 9 Entrepreneurship 9 15 Ide Usaha Laris Manis Setiap Hari dan Menguntungkan

15 Ide Usaha Laris Manis Setiap Hari dan Menguntungkan

oleh | Entrepreneurship

Terdengar menggiurkan saat mendengar adanya ide usaha yang selalu laris manis setiap hari dan menguntungkan. Terlebih jika peluang usaha ini sesuai dengan passion kita, sehingga kesempatan untuk menjalankannya pun terbuka lebar.

Kendati begitu, penting sekali untuk tidak sekedar ikut- ikutan karena hype dan tren semata. Apapun jenis usahanya, semua membutuhkan effort terbaik kita untuk menjalaninya dengan sebaik mungkin. Kita tetap membutuhkan persiapan matang dan melakukan beberapa persiapan agar rencana usaha kita berjalan dengan lancar.

Persiapan Sebelum Memulai Usaha

Menjalankan usaha sendiri pasti diiringi dengan perjalanan jatuh bangun. Sangat jarang sekali seseorang langsung meraup sukses begitu memulai. Ada proses persiapan, penyusunan strategi, ada yang namanya adaptasi, dan proses evaluasi.

Termasuk dalam menjalankan ide usaha yang laris manis ini. Berikut adalah beberapa persiapan yang kamu butuhkan sebelum menentukan usaha yang akan kamu jalankan.

1. Melakukan Riset Pasar

Sebelum menentukan jenis usaha, penting sekali untuk melakukan riset pasar. Lewat aktivitas ini, kamu dapat memahami kebutuhan dan keinginan target pasar, kemudian menyediakan layanan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Riset pasar sebaiknya melibatkan penggunaan sumber data yang kredibel, seperti survei, analia data pasar, hingga pemetaan tren industri. Dalam scope yang lebih sederhana, kamu dapat melakukan riset dengan mengamati lokasi, lingkungan sekitar dan melakukan survey ke orang- orang sekitar. Semakin lengkap data riset yang kamu sajikan, maka proses persiapan akan berjalan dengan semakin matang.

2. Survey Lokasi Usaha

Jika bisnis yang akan kamu jalankan berbasis offline, penting sekali untuk melakukan survey lokasi. Mengapa? Berkaitan dengan poin sebelumya, survey lokasi ini juga berhubungan dengan kebiasaan dan karakteristik dari masyarakat setempat.

Misalnya saat akan menjalankan usaha laundry, perlu mengetahui karakteristik dari masyarakat di wilayah tersebut. Apakah wilayah tersebut cukup strategis dan didominasi dengan tipe masyarakat sibuk kelas menengah ke atas?

Dalam bisnis offline, lokasi yang strategis memegang peranan penting. Lokasi harus mudah terjangkau dan mudah terlihat, serta didukung dengan calon pelanggan potensial yang membutuhkan jasa layanan.

3. Mencari Supplier Berkualitas

Untuk menjaga harga jual, penting untuk mencari supplier termurah dan berkualitas. Dengan harga termurah, artinya punya ruang untuk menentukan harga jual yang baik dan keuntungan yang sehat. Kamu juga mempunyai ruang untuk memutar keuntungan untuk strategi marketing dan promosi.

Selain itu, pastikan supplier juga mempunyai kualitas yang sesuai. Karena dengan kualitas yang baik, pembeli akan menjadi loyal. Dalam jangka panjang, ini sangat penting untuk pengembangan usaha ke arah yang lebih baik.

4. Menentukan Konsep dan Manajemen Usaha

Persiapan yang tidak kalah penting adalah menentukan konsep dan manajemen usaha. Setiap bisnis umumnya berjalan dengan mengadopsi model bisnis tertentu. Tentukan konsep bisnis yang akan kamu jalankan dan USP (Unique Selling Point) untuk ditawarkan ke calon pelanggan.

Selain itu, manajemen usaha juga penting untuk diperhatikan. Terutama di awal, penting sekali manajemen yang baik agar usaha dapat berjalan dengan lancar. Buat alur bisnis yang rapi dan tetapkan standar- standar yang baik dalam pengelolaan stok, pencatatan penjualan hingga pengelolaan keuangan.

15 Ide Usaha Laris Manis di Sekitar Kita

Menjalankan usaha yang kita sukai pasti akan terasa menyenangkan. Tapi yang tidak kalah menarik, adalah menjalankan ide usaha yang sudah terbukti laris manis di pasaran. Terlalu sayang untuk kita lewatkan, bukan? Penasaran apa saja? Simak rangkuman Panda berikut ini :

1. Warung Kelontong

Pernah kah kamu mendapati ada warung kelontong kecil- kecilan di sekitar rumah yang beberapa bulan kemudian menjadi semakin ramai dan besar? Ini merupakan salah satu tanda tanda bahwa warung kelontong merupakan jenis bisnis yang menguntungkan.

Meski terlihat sederhana, pelaku usaha warung kelontong umumnya menghasilkan omset yang konsisten. Pasalnya, produk yang mereka jual sangat beragam dan merupakan kebutuhan sehari- hari.

Tak peduli dimana lokasinya, warung kelontong jarang sekali kehabisan pembeli. Terutama di banyak situasi, saat kehabisan gas tiba- tiba, atau minyak untuk memasak, warung kelontong akan menjadi andalan warga sekitar untuk memenuhi kebutuhan sehari- harinya.

Baca Juga :  10 Tips Cerdas untuk Sukses Memulai Bisnis sebagai Pemula

2. Warung Makan

Warung makan juga salah satu ide usaha yang laris manis setiap hari. Alasannya sederhana, setiap orang pasti membutuhkan makan untuk memenuhi kebutuhan isi perutnya setiap hari. Terlebih lagi dengan dukungan teknologi, kamu juga bisa mendaftarkan usaha warung makan mu sebagai merchant layanan makanan kirim online.

Meski begitu, perlu diingat juga bahwa bisnis ini juga mempunyai tantangan tersendiri. Salah satunya adalah tingkat kompetisi yang cukup ketat. Tidak jarang dalam satu area selalu ada beberapa warung makan. Ada yang sejenis, ada yang berbeda jenis. Untuk itu, penting sekali melakukan riset dengan hati- hati, menyajikan kualitas terbaik, harga kompetitif dan mempunyai manajemen yang baik.

3. Toko Alat Tulis, Print dan Fotocopy

Jenis usaha ini sangat cocok untuk berada di lingkup sekitar sekolah atau kampus. Pasalnya, kebutuhan akan alat tulis, print dan fotocopy dokumen akan selalu ada.

Selain itu, kamu mungkin pernah memperhatikan bahwa di area kampus, toko fotocopy ini bahkan berderet- deret dari ujung ke ujung. Yang menarik, mereka ini selalu ramai dan tidak pernah kehabisan pelanggan.

Yang menjadi catatan, pilihlah lokasi yang mumpuni untuk membuka usaha ini. Selain itu, pastikan pengelolaan yang baik agar bisnis ini dapat terus bertumbuh.

4. Laundry

Laundry, salah satu ide usaha laris manis di tempat yang tepat
  • Save
Image via freepik.com/pressfoto

Di sekitar awal tahun 2000, usaha laundry masih sangat minim peminat dan cenderung akrab dengan nyinyiran. Pelaku usaha seolah- olah memfasilitasi seseorang untuk menjadi malas. Toh, mencuci bisa dilakukan dengan mudah lewat mesin cuci.

Eitsss… tapi jaman sudah berubah. Namun seiring berjalannya waktu, usaha ini semakin populer.  Bukan masalah mesin cuci nya. Kehadiran jasa laundry menjadi sangat dibutuhkan di tengah- tengah kesibukan masyarakat perkotaan. Dengan jasa laundry, aktivitas mencuci dan menyetrika pakaian yang sebelumnya menjadi masalah kini terselesaikan dengan mudah.

Tidak heran, usaha laundry kini semakin laris manis dan berkembang. Jika awal tumbuhnya hanya memfasilitasi cuci pakaian saja, kini banyak laundry dengan spesifikasi khusus. Seperti mencuci karpet, stroller, sepatu, jas, dan lain- lain.

Jika membuka usaha laundry, kamu bisa mencoba membuat kartu keanggotaan dengan berbagai program promosi. Tujuannya agar pelanggan tetap loyal di tengah maraknya laundry- laundry baru yang bermunculan.

5. Toko Kue atau Camilan

Suka masak dan ngemil? Kalau begitu, tidak ada salahnya untuk membuka toko kue atau camilan. Usaha ini bahkan bisa kamu kerjakan di rumah tanpa harus membuka toko khusus. Terutama di momen tertentu seperti ramadhan, toko kue yang sudah terkenal enak dari mulut ke mulut pasti akan kebanjiran pelanggan.

Kamu bisa mempromosikan kue atau camilan buatan mu ini ke orang- orang sekitar dan memanfaatkan berbagai channel yang ada. Mulai dari berjualan di marketplace, komunitas orangtua di sekolah, media sosial dan mengandalkan merchant penjualan makanan online.

Yang pasti, konsistensi untuk mempromosikan dan menjaga kualitas adalah prioritas dalam bisnis ini. Sekali pelanggan menyukai kue atau camilan, mereka bisa melakukan repeat order berkali- kali.

Baca Juga :  11+ Ide Bisnis Digital Paling Menarik & Menjanjikan di 2020

6. Agen Frozen Food

Frozen food menjadi salah satu produk modern yang kini punya banyak penggemar. Terutama untuk kalangan ibu pekerja yang merangkap sebagai ibu rumah tangga. Untuk kebutuhan menyajikan makanan dengan cepat, frozen food adalah sebuah pertolongan.

Berawal dari problem ini, tidak heran jika usaha frozen food mulai berkembang. Untuk memulai usaha ini, kamu bisa melakukan riset jenis frozen food yang banyak diminati kemudian mulai menyediakan stok dan lemari pendingin.

7. Toko Pakaian

Pernahkah kamu melihat toko pakaian yang tampak sepi pembeli tapi terus survive dan kedatangan stok baru? Kenyataannya, menjual pakaian sekarang tidak hanya mengandalkan pembeli yang datang secara offline. Sebaliknya, mengandalkan teknologi, kini ada berbagai cara untuk menjual pakaian.

Di marketplace sendiri, pakaian termasuk salah satu item yang mudah terjual. Bayangkan jika kamu mempunyai variasi produk yang beragam dan setiap harinya bisa menjual puluhan hingga ratusan baju? Keuntungan harian dan per bulan akan sangat menarik untuk kamu kembangkan.

8. Kedai Street Food

Street food seperti sempolan, cilok, bakalan, telur gulung dan teman- temannya adalah comfort food untuk sebagian besar orang di Indonesia. Terutama jika produknya beragam dan rasanya enak, kedai street food mu pasti akan selalu kebanjiran pembeli.

Umumnya, street food tidak membutuhkan tempat yang wah. Kamu bisa menyediakan kedai kecil, asalkan berlokasi strategis, pasti akan mudah menjangkau pembeli. Tempat- tempat yang ramai seperti dekat area perkantoran, sekolah atau kampus bisa menjadi pilihan terbaik untuk ide usaha ini.

9. Toko Obat/ Apotek

Toko obat atau apotek tidak akan pernah kehabisan pembeli karena selalu masyarakat butuhkan. Oleh sebab itu, jika di area terdekatmu hanya mempunyai satu toko, menjalankan usaha ini akan menjadi ide bisnis yang menarik.

Kendati begitu, pastikan kamu memahami persyaratan dan legalitas dalam mendirikan usaha ini ya.

10. Toko Kosmetik & Perawatan Kecantikan (Skin Care)

Toko skincare dan kosmetik adalah ladang basah untuk pelanggan potensial wanita. Para pelanggan potensial ini biasanya akan senang sekali saat bertemu dengan toko kosmetik dan skincare yang lengkap, murah dan layanan ramah.

Saat tokomu berhasil membuat mereka senang, tipe pelanggan ini juga akan dengan senang hati memberi tahu teman- temannya tentang tokomu dan menjadi pelanggan setia. Mereka akan rela membuat review positif dan membuat story di media sosial dengan sukarela.

Jika kamu belum mempunyai cukup modal untuk mempunyai toko offline, kamu bisa memulainya lewat jalur online. Manfaatkan akun media sosial dan marketplace untuk mempromosikan produk- produknya, ya!

11. Pet Shop

Apakah kamu penyuka hewan lucu seperti kucing dan anjing? Jika iya, tidak ada salahnya untuk membuka pet shop yang menjual berbagai kebutuhan hewan ini. Mulai dari menjual kandangnya, tempat makan, makanan, aksesoris, vitamin dan suplemen dari berbagai varian dan harga.

Umumnya, para pecinta hewan ini adalah kategori pelanggan yang royal dalam membelanjakan uang mereka untuk keperluan anabulnya. Dengan pilihan yang lengkap, harga berkualitas dan pelayanan prima, ini bisa menjadi ide usaha yang laris manis.

12. Toko Kado

Pernah nggak sih kamu kebingungan untuk mencari kado yang cocok untuk acara teman atau sahabat? Mulai dari kado ulang tahun, kado wisuda atau teman yang melahirkan.

Nah, toko kado adalah jawaban dari masalah ini. Kamu bisa menyediakan berbagai jenis kado sesuai dengan pasar yang ada. Misalnya saja toko kado perlengkapan bayi. Selain menyediakan layanan kado untuk teman yang melahirkan, mereka yang membutuhkan perlengkapan bayi juga bisa datang ke tokomu. Atau toko kado wisuda dan ulang tahun unik yang membantu orang- orang untuk mengirimkan hadiah ke sahabat dan kerabat.

Baca Juga :  Inspirasi Ide Startup yang Belum Banyak Digunakan di Indonesia

13. Toko Mainan Anak dan Aksesoris

Selain perlengkapan bayi, toko mainan anak dan aksesoris juga menjadi salah satu ide usaha yang menarik untuk digarap. Terutama, anak- anak biasanya tidak akan pernah cukup hanya dengan satu mainan. Selain itu, saat membeli mainan, biasanya mereka akan memilih lebih dari satu item. Hal yang sama berlaku untuk produk aksesoris.

Jika tokomu berada di lokasi yang strategis serta berisi pilihan mainan dan aksesoris yang lengkap, dijamin tokomu tidak akan pernah sepi pembeli.

14. Rental/ Jasa Sewa Mobil

Usaha rental mobil sekilas membutuhkan modal besar. Namun siapa sangka, sebenarnya kamu bisa mengakalinya. Tanpa harus mempunyai mobil sendiri, kamu bisa bekerjasama dengan teman atau kerabat yang mempunyai mobil, dan me-listing mobil tersebut ke daftar sewa dengan perjanjian bagi hasil.

Metode penyewaan bisa bervariasi. Mulai dari harian atau mingguan, lepas kunci atau tidak. Sebagai tambahan, kamu juga bisa menambahkan jasa driver jika memungkinkan.

Jasa sewa mobil ini sendiri biasanya menjadi sangat ramai mendekati momen liburan sekolah atau hari panjang keagamaan seperti Idul Fitri dan Nataru.

15. Toko Aksesoris HP

Berbagai jenis aksesoris dan pernak- pernik HP bisa menjadi bisnis yang tidak pernah kehabisan peminat. Pasalnya, di era modern seperti ini HP sudah berjalan layaknya kebutuhan primer. Mulai dari untuk komunikasi, mencari informasi, alat dukungan belajar sekolah, hingga menjadi alat hiburan.

Berbagai produk yang bisa kamu jual antara lain casing HP, aksesoris HP, charger, anti gores, hingga voucher pulsa dan internet. Semakin lengkap produk di toko, maka semakin mudah pembeli berdatangan dan menjadi pelanggan tetap.

Kabar baiknya lagi, toko aksesoris HP merupakan salah satu peluang usaha dengan modal minim. Kamu bisa memulainya dengan toko rumahan di lokasi strategis dan etalase kaca transparan.

16. Toko Oleh- oleh dan Souvenir

Apakah kamu tinggal di tempat wisata yang ramai pengunjung? Jika iya, jangan sampai melewatkan kesempatan emas dengan membuka toko oleh- oleh dan souvenir khas daerahmu.

Dengan bermodal lokasi yang menguntungkan, oleh- oleh dan souvenir khas daerah adalah bisnis yang menarik untuk dijalankan. Setiap pembeli yang berdatangan umumnya akan membeli lebih dari satu jenis oleh- oleh dan mengajak beberapa teman. Dengan harga yang kompetitif dan produk yang berkualitas, kamu bisa meraup keuntungan yang lumayan.

Kesimpulan

Ada banyak ide usaha laris manis yang ada di sekitar kita. Beberapa bahkan dapat kita jumpai dengan mudah di depan mata dan mereka tidak pernah kehabisan pembeli.

Namun perlu digarisbawahi juga, selain ide usaha, pastikan kamu melakukan persiapan yang matang. Hindari hanya sekedar ikut- ikutan dan terbawa tren. Pada dasarnya, setiap usaha potensial juga melibatkan effort kita dalam menjalankan dengan sepenuh hati.

Jangan sampai ide bisnis sudah mentereng namun gugur karena usaha yang tidak seimbang dan pengelolaan asal- asalan. Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait :

Favorit Pembaca :

Mengenal Modus Penipuan Segitiga, Ciri-Ciri dan Cara Terhindar

Modus penipuan segitiga menjadi salah satu jenis penipuan yang sedang marak belakangan ini. Dalam prosesnya, penipuan ini melibatkan  tiga pihak yang sering kali tidak saling mengenal dan menyebabkan kerugian yang signifikan bagi korban.Pernahkah kamu mendengar...

7 Cara Ampuh Membuka Situs yang Diblokir, Berhasil Terbukti!

Membuka situs yang diblokir memang cukup tricky karena kamu perlu menerapkan beberapa tips yang work sesuai kebutuhan. Sebuah situs web sendiri diblokir oleh pihak tertentu karena berbagai alasan. Sebagai contoh, pemerintah, institusi pendidikan, kantor, dan bahkan...

Status Star Seller Hilang/ Dicabut? Ketahui Penyebabnya Disini

Secara tiba- tiba logo status Star Seller hilang alias dicabut? Panik nggak? Panik nggak? Wajar sih kalau Anda tiba- tiba panik. Pasalnya, Star Seller adalah salah satu properti yang berkontribusi penting terhadap reputasi seller di Shopee.Dengan mempunyai label...

Cara Mudah Import Ribuan Kontak dari File Excel ke Android

Punya ratusan atau bahkan ribuan kontak customer yang tersimpan rapi dan ingin di-import ke ponsel Android untuk kebutuhan campaign marketing? Duhhh…. Pasti kebayang dong betapa ribetnya kalau harus input kontak satu per satu ke smartphone Anda?Sebenarnya ada beberapa...

Cara Mengaktifkan Kartu SIM Terblokir agar Bisa Dipakai Lagi

Mendadak bingung saat menyadari kartu SIM terblokir? Well, reaksi yang wajar terjadi sebenarnya. Namun di sisi lain, kamu bisa mencoba berbagai cara untuk mengaktifkan kembali kartu yang terblokir.Ada beberapa alasan mengapa sebuah kartu SIM sampai terblokir. Yang...

Cara Melihat Kata Sandi atau Password yang Tersimpan di Browser

Mengetahui cara melihat password miliki sendiri sangat penting dan kita butuhkan. Biasanya kita sering memanfaatkan fitur 'remember my password' untuk mempermudah proses login di situs yang sering kita kunjungi. Namun, penggunaan fitur ini mempunyai kelemahan.Salah...

Artikel Terbaru :

Tips Menghasilkan Uang dari TikTok Live Streaming dan Gift

Ada peluang besar untuk menghasilkan uang dari TikTok lewat live streaming dan hadiah virtual. Dua cara ini sayangnya dulu sempat menjadi kontroversi karena memancing netizen untuk melakukan hal di luar nalar demi uang dari TikTok.Namun tentu saja, hal ini sebenarnya...

Kelebihan dan Kekurangan Sistem COD Saat Belanja Online

Meski menjadi sangat populer, tak bisa dipungkiri bahwa ada kelebihan dan kekurangan COD dalam proses belanja online. Sampai saat ini, COD Cash on Delivery masih menjadi pro dan kontra. Di satu sisi sistem ini sangat memudahkan pembeli. Di sisi lain, bisa menjadi...

Perbedaan Fixed Mindset dan Growth Mindset, Mana yang Lebih Baik?

Dalam dunia psikologi, terdapat dua konsep penting yang mempengaruhi cara berpikir dan perilaku seseorang, yaitu fixed mindset dan growth mindset. Carol S. Dweck, seorang profesor psikologi dari Universitas Stanford, adalah sosok yang pertama kali memperkenalkan kedua...

Apa itu Tone of Voice, Contoh, Manfaat dan Cara Menentukannya

Di tengah kompetisi bisnis yang semakin ketat, kehadiran tone of voice (ToV) adalah pembeda untuk sebuah brand. Brand bukan lagi hanya tentang logo atau produk yang dijual, tapi juga tentang bagaimana berkomunikasi dengan audiens.Saat ini tone of voice merupakan...

Cara Menghilangkan Iklan di HP Samsung Tanpa Aplikasi Tambahan

Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan iklan di HP Samsung. Kehadiran iklan pada dasarnya memang sulit dihindari. Namun jika iklan terlalu banyak, tentu terasa menyebalkan dan menyebabkan distraksi dalam menggunakan ponsel.Kabar baiknya, ada...

0 Shares
Share via
Copy link
Powered by Social Snap