Menabung DP rumah adalah langkah awal untuk memilih rumah yang sudah kita idam- idamkan. Anda mungkin saat ini sudah punya gambaran jelas tentang rumah idaman Anda. Yaitu sebuah rumah di area perkotaan, dekat dengan area sekolah dan fasilitas umum. PR selanjutnya adalah mempersiapkan diri untuk bisa memiliki rumah idaman itu.

Sayangnya, memiliki rumah idaman memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Mengajukan kredit perumahan juga tidak semudah mengajukan kredit motor atau mobil. Namun, Anda bisa mengawalinya dengan mempersiapkan tabungan DP rumah.

Cara Efektif Menabung untuk Persiapan DP Rumah

Membeli rumah merupakan salah satu tujuan keuangan utama untuk banyak orang. Namun, pembelian rumah seringkali terikat dengan membayar uang muka alias DP yang cukup besar.

Tak bisa dipungkiri, menabung DP rumah adalah tantangan yang tidak mudah. Akan tetapi, dengan strategi yang tepat dan pengelolaan keuangan yang baik, Anda bisa mencapai tujuan ini.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda implementasikan untuk menabung DP rumah dengan efektif : 

1. Membuat Rencana Anggaran

Awalilah dengan membuat rencana anggaran yang rinci. Identifikasi pendapatan dan pengeluaran bulanan Anda. Kemudian tetapkan batasan pengeluaran biaya diskresioner, seperti budget hiburan, belanja impulsif atau makan di luar.

Dengan rencana anggaran yang baik, Anda bisa mencoba membuat alokasi tabungan bulanan dari pendapatan tanpa merasa terbebani.

2. Tentukan Jumlah Target

Tentukan berapa banyak uang yang akan Anda kumpulkan sebagai DP rumah. Dengan penentuan tabungan DP, Anda bisa mengukur kemajuan Anda dan menjaga motivasi menabung.

Jumlah DP rumah untuk kemudahan approval bank biasanya berkisar antara 20% hingga 30% dari harga rumah. Menyetorkan DP yang lebih besar artinya meringankan biaya Anda dalam mencicil, dan bisa memperpendek tenor.

Baca Juga :  Kenalkan, Ini si Cantik Alexandra Andresen, Milenial Terkaya di Dunia

3. Membuat Rekening Tabungan Khusus DP Rumah

Tabungan terpisah akan mempermudah Anda untuk mengalokasikan uang tabungan untuk rumah idaman. Dengan tabungan terpisah, anda akan terhindar dari kekhilafan menggunakan uang tabungan untuk keperluan lainnya.

Selain itu, rekening terpisah juga bisa memberi gambaran visual tentang kemajuan Anda dalam menabung DP rumah idaman.

4. Jadikan Tabungan DP Rumah sebagai Prioritas

DP rumah memang memakan alokasi biaya yang besar. Tapi karena tujuannya juga besar, maka Anda bisa menjadikan tabungan uang muka rumah ini prioritas utama dalam keuangan.

Setelah Anda menerima gaji bulanan, segera alokasikan dana yang sudah Anda tentukan untuk menabung. Hal ini mencegah Anda menghabiskan uang yang seharusnya menjadi porsi tabungan rumah.

5. Tekan Pengeluaran Tidak Penting

Saat akan menabung untuk tujuan yang besar, seringkali kita baru ngeh adanya pos- pos biaya yang sebenarnya bisa ditekan. Cobalah untuk memeriksa kembali pengeluaran Anda dengan teliti dan identifikasi area mana yang dapat Anda kurangi biayanya.

Misalnya saja mengurangi aktivitas nongkrong di luar, biaya ngopi mahal, belanja impulsif atau langganan streaming yang tidak perlu. Sebaliknya, uang yang Anda hemat dari pengurangan ini dapat Anda alokasikan ke rekening DP rumah.

Baca Juga :  10 Nasehat Bijak CEO Dunia yang Melecut Semangat untuk Meraih Sukses

6. Mencari Sumber Penghasilan Tambahan

Salah satu cara ampuh untuk mempercepat menabung DP rumah adalah mencari sumber pendapatan tambahan. Pendapatan tambahan ini bisa berupa pekerjaan paruh waktu, hobi yang menghasilkan, atau menjalankan project freelance.

Dengan pendapatan tambahan, Anda bisa meningkatkan porsi tambahan atau menyeimbangkan pos keuangan. Namun akan lebih baik lagi, pendapatan tambahan ini ditujukan langsung ke rekening menabung DP.

7. Investasi

Selain menabung, pertimbangkan juga untuk berinvestasi secara bijaksana. Investasi bisa membantu menghasilkan keuntungan yang bisa keuntungan untuk menambah biaya uang muka rumah.

Yang perlu diingat, investasi juga pasti berkaitan dengan resiko. Maka dari itu, pilihlah instrumen investasi yang sesuai dengan profil resiko Anda.

8. Ciptakan Support System

Mempersiapkan DP rumah idaman membutuhkan effort yang tidak sedikit. Bahkan, membutuhkan waktu bertahun- tahun lamanya untuk mengumpulkan semua tabungan uang muka rumah.

Dengan itu semua, penting sekali untuk menciptakan support system yang mendukung usaha Anda. Support system biasanya berasal dari orang- orang terdekat seperti keluarga.

Mereka lah yang nantinya memberi semangat agar Anda bisa konsisten berinvestasi. Dengan support system yang baik, tantangan akan terasa lebih ringan dan motivasi terus terjaga.

Baca Juga :  18 Strategi Ampuh Untuk Meningkatkan Omset Toko Online Anda

9. Pantau dan Evaluasi

Selama menabung, Anda perlu memantau secara teratur dan mengevaluasi progres kemajuan. Tinjau kembali anggaran, tingkatkan tabungan dan cek berkala apakah Anda sudah berada di jalur yang tepat untuk mencapai target.

Jika ternyata banyak penyimpangan, artinya ada banyak hal yang perlu Anda perbaiki. Setelah itu, sesuaikan kembali rencana yang berjalan untuk mencapai tujuan Anda.

10. Pantau Program Bantuan & Promo Bank

Tidak jarang pemerintah dan bank melakukan promo dan program bantuan untuk mempunyai rumah pertama. Program ini biasanya berupa keringanan DP rumah, biaya provisi, hingga suku bunga berjenjang yang menguntungkan nasabah.

Cobalah terupdate dengan program- program ini. Karena setiap program bisa meringankan langkah Anda untuk mempunyai rumah idaman.

Kesimpulan

Menabung DP rumah membutuhkan komitmen dan kedisiplinan tingkat tinggi. Jika menyiapkannya tanpa strategi yang terarah, Anda akan mudah patah arang. Sama halnya dengan cara menabung biasa.

Untuk mempersiapkan tabungan DP rumah, Anda perlu bijak dalam membuat anggaran, mengurangi pengeluaran tidak penting, hingga mencari pendapatan tambahan. Meski butuh proses, setiap langkah kecil yang Anda lakukan akan membawa Anda semakin dekat dengan tujuan besar Anda.

Semoga bermanfaat!

0 Shares
Share via
Copy link
Powered by Social Snap