Home 9 Featured 9 Cara Mengaktifkan Kartu SIM Terblokir agar Bisa Dipakai Lagi

Cara Mengaktifkan Kartu SIM Terblokir agar Bisa Dipakai Lagi

oleh | Featured, Techno

Mendadak bingung saat menyadari kartu SIM terblokir? Well, reaksi yang wajar terjadi sebenarnya. Namun di sisi lain, kamu bisa mencoba berbagai cara untuk mengaktifkan kembali kartu yang terblokir.

Ada beberapa alasan mengapa sebuah kartu SIM sampai terblokir. Yang paling sering terjadi, kamu lupa melakukan registrasi kartu, lupa PIN, atau terlewat masa tenggang kartu.

Sayangnya, begitu kartu sudah terblokir, kamu tidak bisa lagi menggunakan SIM Card seperti sediakala. Kecuali, kamu berhasil mengaktifkan kartu SIM itu kembali.

Mengenal Ciri- ciri Kartu SIM Terblokir

Sebelum berjuang mencarinya, Panda akan mengajak kamu untuk mengenali lebih dulu ciri- ciri kartu SIM Terblokir.

Jika sebelumnya kamu hanya menduga- duga atau masih bingung, berikut ini adalah ciri- cirinya :

  • Tidak bisa menerima atau melakukan panggilan telepon.
  • SMS tidak bisa terkirim dan tidak bisa menerima.
  • Tidak ada sinyal, yang biasanya ditandai dengan munculnya gambar silang di ikon sinyal operator.
  • Kartu sim tidak terbaca di perangkat seluler. Meski kartu sudah lepas dan pasang ulang, tetap tidak muncul ikon sinyal operator.

Apakah sim card memiliki ciri- ciri seperti di atas? Jika iya, cobalah untuk mengatasinya dengan beberapa cara yang Panda ulas di artikel ini.

Cara Mengaktifkan SIM Card yang Terblokir

SIM Card terblokir terjadi karena alasan tertentu. Oleh karenanya, untuk mengaktifkannya, kamu harus menyesuaikan dengan penyebab terblokirnya.

A. Mengaktifkan Kartu Sim Terblokir karena Tidak Registrasi

Sebelum kita gunakan, Sim Card wajib untuk kita daftarkan lebih dulu. Jika tidak, Sim Card akan diblokir oleh pemerintah.

Jika penyebab terblokirnya kartu mu adalah karena faktor belum registrasi, berikut adalah solusinya :

1. Menghubungi Call Center Layanan Operator Seluler

Menghubungi call center layanan operator seluler adalah cara termudah untuk mengaktifkan kembali sim card terblokir. Sebelum melakukan ini, pastikan kamu cek pulsa lebih dulu dan pastikan mempunyai saldo cukup untuk melakukan panggilan.

Untuk terhubung dengan Call Center provider seluler, kamu bisa mengecek kontak mereka sesuai tabel berikut :

Baca Juga :  Cara Mudah Memperpanjang Masa Aktif Telkomsel Tanpa Isi Pulsa
Operator SelulerNomor Telepon Call Center
Telkomsel188
Indosat185
XL 817
Tri132
Axis838
Smartfren888

2. Mendatangi Pusat Layanan Operator Seluler

Jika malas untuk minta bantuan via call center, kamu juga bisa langsung mendatangi pusat layanan operator seluler dari cabang terdekat.

Untuk pengguna Telkomsel, kamu bisa datang ke GraPARI, pengguna XL bisa berkunjung ke XL Center, sedangkan pengguna Indosat bisa datang ke Galeri Indosat terdekat.

Di pusat layanan tersebut,
kamu akan dibantu oleh staff operator untuk mengaktifkan sim card Anda kembali. Jika memang sudah tidak bisa aktif kembali (biasanya karena nomer sudah proses daur ulang), operator akan mengarahkan kamu untuk beli nomor baru dan membantu proses registrasi.

B. Mengaktifkan Kartu SIM Terblokir karena Salah Memasukkan PIN

Beberapa orang sengaja menggunakan PIN untuk mengamankan kartu mereka. Sayangnya, ini bisa menjadi masalah untuk pemilik kartu jika lupa dengan PIN nya.

Pasalnya, salah memasukkan PIN kartu sebanyak tiga kali akan mengakibatkan kartu otomatis terblokir. Saat ini terjadi, kamu tidak lagi bisa menggunakan SIM card untuk SMS, telepon, atau mengaktifkan data internet.

Untuk mengatasi ini, kamu membutuhkan kode PUK untuk membuka kunci. Lantas bagaimana cara mendapatkan kode PUK? Berikut ini adalah caranya :

1. Mencocokan Nomor PUK di Kerangka Pembungkus Kartu SIM

Ini sebenarnya cara yang gampang banget! Syaratnya hanya satu, kamu masih menyimpan kerangka pembungkus saat pertama kali kamu membeli SIM Card mu. Lho, memang nya kenapa?

Karena untuk beberapa provider seluler, di kerangka pembungkus ini lah tercantum nomor PUK dari SIM kamu. Jadi jika masih ada, kamu bisa membuka blokir kartu SIM mu dengan mudah.


Kamu bisa melihat contohnya seperti di bawah ini :

Contoh kode PUK di kerangka SIM Card
  • Save

2. Cek PUK di Aplikasi Provider

Selain tercantum di kerangka pembungkus, PUK juga bisa tercantum di aplikasi provider seluler. Misalnya saat kamu menggunakan Telkomsel, kamu bisa cek kode PUK mu dari aplikasi MyTelkomsel.

Sayangnya, fitur ini belum tersedia untuk semua operator. Namun sejauh ini, Telkomsel dan XL sudah mempunyai fitur untuk melihat kode PUK mandiri via aplikasi mobile.

Untuk cek PUK di aplikasi MyTelkomsel, kamu bisa masuk ke bagian Profile > PUK > Detail Info. Sedangkan di aplikasi MyXL, kamu bisa masuk ke menu Lainnya > Lihat PUK > Masukkan 19 digit nomor yang terletak di bagian bawah kartu SIM, lalu tap tombol Lihat PUK.

PUK di aplikasi MyTelkomsel
  • Save
Contoh PUK di aplikasi MyTelkomsel

3. Mendatangi Pusat Layanan Operator Seluler

Sama seperti saat sim card terblokir karena tidak registrasi, mendatangi pusat layanan operator seluler perlu kamu lakukan untuk mendapatkan kode PUK. Disana, petugas operator akan membantu mengaktifkan kartu mu kembali.

Staff operator biasanya akan meminta kamu menginformasikan no HP terblokir dan memberitahu 16 angka nomor yang ada di bagian belakang Sim Card. Jangan lupa untuk bawa KTP sebagai jaga- jaga ya!

Baca Juga :  Daftar Lengkap SWIFT Code Bank di Indonesia dan Mengetahui Fungsinya

4. Menghubungi Call Center

Kalau malas untuk mendatangi gerai provider, kamu juga bisa menghubungi operator seluler melalui call center mereka. Sebelum menelepon, pastikan kamu menyiapkan informasi yang diperlukan lebih dulu ya.

Selain data eKTP, kamu perlu mengantongi informasi nomor selular mu dan juga 16 digit angka di belakang kartu SIM mu.

C. Mengaktifkan Sim Card Terblokir karena Lewat Masa Tenggang

Jika kamu termasuk pengguna yang jarang isi pulsa, SIM Card terblokir karena lewat masa tenggang ini mungkin alasan yang familiar buat kamu.

Berbeda dengan dua masalah di atas, untuk mengaktifkan SIM kembali kamu benar- benar harus mendatangi pusat layanan provider seluler. Saat mengaktifkan, biasanya ada biaya administrasi yang perlu kamu bayarkan.

Biaya ini bervariasi sesuai dengan kebijakan masing- masing provider. Ada yang mensyaratkan biaya isi pulsa + administrasi. Ada yang mensyaratkan biaya administrasi saja, dan ada juga yang mensyaratkan untuk upgrade ke pasca bayar.

Sebelum berhadapan dengan masa tenggang, sebaiknya kamu mengakalinya dengan cara memperpanjang masa aktif kartu Sim.

Baca Juga :  Cara Mudah Mengetahui Alamat IP Website : Gampang & Langsung Ketemu!

Registrasi Kartu agar Tidak Terblokir

Seperti yang Panda ulas diatas, salah satu penyebab kartu terblokir adalah belum registrasi. Jadi, penting untuk kamu selalu registrasi kartu baru agar tidak terjadi hal- hal yang diinginkan seperti ini.

Proses registrasi Sim Card bisa kita lakukan dengan dua cara. Yang pertama adalah melalui SMS, dan kedua secara online.

Registrasi Sim Card melalui SMS

Setiap provider mempunyai format yang berbeda- beda untuk proses registrasi pengguna. Kamu bisa mencontek formatnya sebagai berikut :

Operator SelulerFormat SMS
TelkomselREG#NIK#Nomor KK
IndosatNIK#Nomor KK
XL DAFTAR#NIK#Nomor KK
TriNIK#Nomor KK
AxisDAFTAR#NIK#Nomor KK
SmartfrenNIK#Nomor KK

Setelah mengirim ke format yang sesuai, kamu bisa langsung mengirimnya ke 4444. Tunggu sampai mendapatkan notifikasi yang menyatakan registrasi mu berhasil, dan voilaa…. kartumu bisa aktif kembali!

Registrasi Sim Card Online

Selain via SMS, beberapa operator seluler juga memungkinkan kamu untuk melakukan registrasi secara online.

Berikut ini adalah tabel link registrasi sesuai dengan operator seluler yang kamu miliki :

Operator SelulerTautan Regustrasu
Telkomsel
Indosathttps://myim3.indosatooredoo.com/registration
XL
Trihttps://registrasi.tri.co.id/
Smartfrenhttps://my.smartfren.com/prepaid_reg.php

Kesimpulan

Horor rasanya saat kartu Sim yang kita pakai sehari- hari terblokir. Sebisa mungkin, kita akan mencoba berbagai cara untuk menyelamatkan nomor Sim tersebut.

Jika Anda sedang mengalaminya, semoga beberapa cara mengaktifkan Sim Card Terblokir yang Panda ulas kali ini, bisa membantu kartu mu aktif kembali. Beberapa bisa Anda lakukan sendiri dengan mudah di rumah, dan sebagian membutuhkan Anda untuk datang ke kantor layanan provider.

Selamat mencoba!

Artikel Terkait :

Favorit Pembaca :

Mengenal Modus Penipuan Segitiga, Ciri-Ciri dan Cara Terhindar

Modus penipuan segitiga menjadi salah satu jenis penipuan yang sedang marak belakangan ini. Dalam prosesnya, penipuan ini melibatkan  tiga pihak yang sering kali tidak saling mengenal dan menyebabkan kerugian yang signifikan bagi korban.Pernahkah kamu mendengar...

7 Cara Ampuh Membuka Situs yang Diblokir, Berhasil Terbukti!

Membuka situs yang diblokir memang cukup tricky karena kamu perlu menerapkan beberapa tips yang work sesuai kebutuhan. Sebuah situs web sendiri diblokir oleh pihak tertentu karena berbagai alasan. Sebagai contoh, pemerintah, institusi pendidikan, kantor, dan bahkan...

Status Star Seller Hilang/ Dicabut? Ketahui Penyebabnya Disini

Secara tiba- tiba logo status Star Seller hilang alias dicabut? Panik nggak? Panik nggak? Wajar sih kalau Anda tiba- tiba panik. Pasalnya, Star Seller adalah salah satu properti yang berkontribusi penting terhadap reputasi seller di Shopee.Dengan mempunyai label...

Cara Mudah Import Ribuan Kontak dari File Excel ke Android

Punya ratusan atau bahkan ribuan kontak customer yang tersimpan rapi dan ingin di-import ke ponsel Android untuk kebutuhan campaign marketing? Duhhh…. Pasti kebayang dong betapa ribetnya kalau harus input kontak satu per satu ke smartphone Anda?Sebenarnya ada beberapa...

Cara Melihat Kata Sandi atau Password yang Tersimpan di Browser

Mengetahui cara melihat password miliki sendiri sangat penting dan kita butuhkan. Biasanya kita sering memanfaatkan fitur 'remember my password' untuk mempermudah proses login di situs yang sering kita kunjungi. Namun, penggunaan fitur ini mempunyai kelemahan.Salah...

15+ Ide Giveaway & Kuis yang Mudah Dilakukan di Media Sosial

Konten yang menarik sangat penting untuk meningkatkan keterlibatan di media sosial. Misalnya dengan mengolah ide giveaway atau kontes dan kuis social media, keterlibatan dalam halaman bisa meningkat secara drastis. Dalam media sosial, keterlibatan ini meliputi...

Artikel Terbaru :

Tips Menghasilkan Uang dari TikTok Live Streaming dan Gift

Ada peluang besar untuk menghasilkan uang dari TikTok lewat live streaming dan hadiah virtual. Dua cara ini sayangnya dulu sempat menjadi kontroversi karena memancing netizen untuk melakukan hal di luar nalar demi uang dari TikTok.Namun tentu saja, hal ini sebenarnya...

Kelebihan dan Kekurangan Sistem COD Saat Belanja Online

Meski menjadi sangat populer, tak bisa dipungkiri bahwa ada kelebihan dan kekurangan COD dalam proses belanja online. Sampai saat ini, COD Cash on Delivery masih menjadi pro dan kontra. Di satu sisi sistem ini sangat memudahkan pembeli. Di sisi lain, bisa menjadi...

Perbedaan Fixed Mindset dan Growth Mindset, Mana yang Lebih Baik?

Dalam dunia psikologi, terdapat dua konsep penting yang mempengaruhi cara berpikir dan perilaku seseorang, yaitu fixed mindset dan growth mindset. Carol S. Dweck, seorang profesor psikologi dari Universitas Stanford, adalah sosok yang pertama kali memperkenalkan kedua...

Apa itu Tone of Voice, Contoh, Manfaat dan Cara Menentukannya

Di tengah kompetisi bisnis yang semakin ketat, kehadiran tone of voice (ToV) adalah pembeda untuk sebuah brand. Brand bukan lagi hanya tentang logo atau produk yang dijual, tapi juga tentang bagaimana berkomunikasi dengan audiens.Saat ini tone of voice merupakan...

Cara Menghilangkan Iklan di HP Samsung Tanpa Aplikasi Tambahan

Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan iklan di HP Samsung. Kehadiran iklan pada dasarnya memang sulit dihindari. Namun jika iklan terlalu banyak, tentu terasa menyebalkan dan menyebabkan distraksi dalam menggunakan ponsel.Kabar baiknya, ada...

0 Shares
Share via
Copy link
Powered by Social Snap