Home 9 Featured 9 Mengenal Modus Penipuan Segitiga, Ciri-Ciri dan Cara Terhindar

Mengenal Modus Penipuan Segitiga, Ciri-Ciri dan Cara Terhindar

oleh | Featured, Trending

Modus penipuan segitiga menjadi salah satu jenis penipuan yang sedang marak belakangan ini. Dalam prosesnya, penipuan ini melibatkan  tiga pihak yang sering kali tidak saling mengenal dan menyebabkan kerugian yang signifikan bagi korban.

Pernahkah kamu mendengar tentang modus penipuan ini? Atau mungkin orang terdekatmu pernah menjadi korban? Agar lebih waspada, Panda akan mengulas secara lengkap tentang apa itu modus penipuan segitiga, ciri- ciri dan tips agar terhindar dari modus penipuan ini.

Apa itu Modus Penipuan Segitiga dalam Transaksi Jual Beli?

Modus penipuan segitiga adalah skema penipuan dimana pelaku menempatkan dirinya sebagai perantara antara penjual dan pembeli tanpa sepengetahuan keduanya.

Skenario umum dari modus penipuan segitiga ini adalah sebagai berikut :

  • Penipu menghubungi penjual asli dan berpura-pura menjadi pembeli yang serius.
  • Penipu juga memposting produk yang penjual jual di sebuah platform dengan harga lebih rendah.
  • Korban akan tergiur dengan harga yang jauh lebih murah dari pasaran dan menghubungi penipu.
  • Penipu mengatur siasat untuk mempertemukan penjual dan pembeli.
  • Dalam proses ini, penipu akan mengatakan pada penjual bahwa uang nya nanti akan ia transfer langsung karena yang datang adalah kerabat yang hanya bertujuan cek barang.
  • Di sisi lain, penipu juga mengatakan pada korban agar ia melakukan pembayaran via transfer karena si pengantar barang adalah kerabatnya dan ia sebagai penjual langsung.
  • Jika tidak teliti, pembeli tidak akan sadar bahwa ia mentransfer ke penipu, bukan penjual yang sah. Alhasil, pembeli tidak akan mendapatkan barang idamannya karena penjual tidak merasa menerima pembayaran.
Baca Juga :  Pengguna Mobile di Indonesia Kini Lebih Suka Pakai Aplikasi Dibandingkan Browser


Ciri-ciri Modus Penipuan Segitiga

Untuk mengenali modus penipuan segitiga, berikut adalah ciri- ciri yang perlu kamu waspadai : 

1. Penipu Berperan sebagai Perantara Komunikasi

Dalam modus penipuan ini, penipu akan berperan sebagai perantara komunikasi antara penjual dan pembeli, dengan mengaku sebagai pembeli dan penjual sebenarnya. Tujuannya adalah mengatur alur komunikasi dan agar tidak ada kontak langsung antara kedua belah pihak.

2. Harga yang Terlalu Murah untuk Pembeli

Penipu akan mengiklankan produk penjual di platform jual beli dengan harga yang lebih murah dari pasaran. Pembeli yang tergiur dengan harga ini kemudian akan menghubungi penipu dan masuk perangkap.

3. Proses Transaksi yang Super Cepat

Dalam jual beli umumnya penjual dan pembeli akan mengkomunikasikan beberapa hal dengan lebih detail. Misalnya menanyakan spesifikasi yang lengkap, kekurangan barang dan kemungkinan negosiasi harga.

Sebaliknya, di modus penipuan segitiga, calon pembeli umumnya dengan cepat menyetujui barang yang ingin ia beli.

4. Mengatur Siasat Mempertemukan Penjual dan Pembeli

Untuk melancarkan aksi tipu- tipunya, penjual akan membuat siasat pertemuan antara penjual dan pembeli. Penipu akan menghubungi keduanya untuk bertemu di sebuah tempat.

Penipu akan berkata kepada keduanya bahwa akan ada kerabatnya yang datang ke lokasi untuk proses selanjutnya. Setelah keduanya setuju, penipu akan berkata ke pembeli dan penjual bahwa pihak yang datang merupakan kerabatnya.

5. Proses Pembayaran yang Mencurigakan

Setelah berhasil mendapat kepercayaan pembeli dan penjual, penipu akan minta agar pembayaran dilakukan melalui transfer.

Ia akan meminta pembeli untuk transfer pembayaran langsung ke rekeningnya demi keamanan. Sedangkan pada penjual, penipu juga menyebut bahwa ia akan melakukan pembayaran via transfer.

Nah disinilah puncak dari modus penipuan ini. Setelah mendapatkan uang dari korban, ia akan langsung menghilang. Pembeli merasa seharusnya menerima barang dari penjual, tapi penjual tidak merasa menerima pembayaran.

Baca Juga :  Google Station Berencana Sebar Internet WiFi Gratis di Indonesia

Contoh Penipuan Segitiga

Untuk memberikan gambaran lebih jelas, berikut adalah contoh kasus penipuan segitiga yang pernah terjadi :

Seorang penipu melihat iklan jual beli HP di FJB. Ia kemudian menghubungi penjual dan menyatakan ingin membeli barang tersebut.

Setelah itu, penipu membuat iklan palsu di situs yang platform lain dengan harga yang lebih rendah untuk menarik pembeli. Ketika ada pembeli yang tertarik dan menghubungi penipu, penipu akan mendapat calon korban.

Penipu mengatur pertemuan antara penjual dan pembeli dan mengaku bahwa pihak yang datang masing- masing merupakan kerabatnya. Penipu akan mengarahkan pembeli untuk melakukan pembayaran langsung ke rekeningnya. Setelah menerima pembayaran, penipu akan menghilang dan memblokir kontak penjual dan pembeli.

Tips Agar Terhindar dari Kasus Penipuan Segitiga

Meski modus penipuan ini cukup marak, nyatanya masih sering memangsa korban. Berikut adalah beberapa tips yang dapat kamu terapkan untuk menghindari modus penipuan :

1. Cek Harga Pasaran Produk

Harga yang murah memang seringkali menggiurkan. Inilah yang kerap penipu lakukan untuk menjerat mangsanya. Sebelum membeli sesuatu, cobalah untuk mencari tahu harga pasaran sebuah produk. Jika harganya terlalu jauh dari pasaran dengan spesifikasi yang masih sangat layak, kamu patut curiga.

2. Cek Identitas Pembeli

Jika mencurigakan, periksa dan verifikasi identitas pembeli. Di kontak awal, kamu bisa melakukan pengecekan cepat kontak penjual lewat aplikasi GetContact. Jika ada tag mencurigakan atau bahkan kontak tidak bisa ditelusuri, kemungkinan ada sesuatu yang tidak beres.

Saat bertemu dengan penjual secara langsung, cobalah mengkomunikasikan kembali tentang proses jual beli. Pastikan bahwa memang penjual adalah penjual yang sah dan menjual dengan harga sesuai kesepakatan.

Baca Juga :  Google Hentikan Layanan URL Shortener goo.gl

3. Jangan Tergesa-gesa

Hindari tekanan dari pembeli atau penjual yang mendesak untuk segera menyelesaikan transaksi. Luangkan waktu untuk memastikan bahwa semua informasi dan pembayaran adalah sah.

4. Waspadai Transaksi yang Tidak Biasa

Waspadai transaksi yang terlihat tidak biasa atau mencurigakan. Jika ada sesuatu yang tidak sesuai atau terlihat aneh, lebih baik menunda transaksi dan melakukan verifikasi lebih lanjut.

5. Gunakan Sistem Pembayaran Aman

Gunakan platform pembayaran yang aman dan terpercaya yang menawarkan perlindungan bagi penjual dan pembeli. Hal ini dapat membantu mencegah penipuan dan memudahkan proses verifikasi agar tidak menjadi korban penipuan.

Kesimpulan

Modus penipuan segitiga merupakan salah satu modus penipuan yang semakin marak di era digital ini. Penipu memanfaatkan ketidaktahuan dan kelengahan korban untuk mendapatkan keuntungan.

Dengan memahami ciri-ciri modus penipuan segitiga dan menjalankan tips pencegahan, kita dapat mengurangi risiko menjadi korban penipuan. Tetaplah waspada dan jika terlanjur menjadi korban penipuan, jangan sungkan untuk melaporkan kasus penipuan ke pihak yang berwajib. Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait :

Favorit Pembaca :

7 Cara Ampuh Membuka Situs yang Diblokir, Berhasil Terbukti!

Membuka situs yang diblokir memang cukup tricky karena kamu perlu menerapkan beberapa tips yang work sesuai kebutuhan. Sebuah situs web sendiri diblokir oleh pihak tertentu karena berbagai alasan. Sebagai contoh, pemerintah, institusi pendidikan, kantor, dan bahkan...

Status Star Seller Hilang/ Dicabut? Ketahui Penyebabnya Disini

Secara tiba- tiba logo status Star Seller hilang alias dicabut? Panik nggak? Panik nggak? Wajar sih kalau Anda tiba- tiba panik. Pasalnya, Star Seller adalah salah satu properti yang berkontribusi penting terhadap reputasi seller di Shopee.Dengan mempunyai label...

Cara Mudah Import Ribuan Kontak dari File Excel ke Android

Punya ratusan atau bahkan ribuan kontak customer yang tersimpan rapi dan ingin di-import ke ponsel Android untuk kebutuhan campaign marketing? Duhhh…. Pasti kebayang dong betapa ribetnya kalau harus input kontak satu per satu ke smartphone Anda?Sebenarnya ada beberapa...

Cara Mengaktifkan Kartu SIM Terblokir agar Bisa Dipakai Lagi

Mendadak bingung saat menyadari kartu SIM terblokir? Well, reaksi yang wajar terjadi sebenarnya. Namun di sisi lain, kamu bisa mencoba berbagai cara untuk mengaktifkan kembali kartu yang terblokir.Ada beberapa alasan mengapa sebuah kartu SIM sampai terblokir. Yang...

Cara Melihat Kata Sandi atau Password yang Tersimpan di Browser

Mengetahui cara melihat password miliki sendiri sangat penting dan kita butuhkan. Biasanya kita sering memanfaatkan fitur 'remember my password' untuk mempermudah proses login di situs yang sering kita kunjungi. Namun, penggunaan fitur ini mempunyai kelemahan.Salah...

15+ Ide Giveaway & Kuis yang Mudah Dilakukan di Media Sosial

Konten yang menarik sangat penting untuk meningkatkan keterlibatan di media sosial. Misalnya dengan mengolah ide giveaway atau kontes dan kuis social media, keterlibatan dalam halaman bisa meningkat secara drastis. Dalam media sosial, keterlibatan ini meliputi...

Artikel Terbaru :

Tips Menghasilkan Uang dari TikTok Live Streaming dan Gift

Ada peluang besar untuk menghasilkan uang dari TikTok lewat live streaming dan hadiah virtual. Dua cara ini sayangnya dulu sempat menjadi kontroversi karena memancing netizen untuk melakukan hal di luar nalar demi uang dari TikTok.Namun tentu saja, hal ini sebenarnya...

Kelebihan dan Kekurangan Sistem COD Saat Belanja Online

Meski menjadi sangat populer, tak bisa dipungkiri bahwa ada kelebihan dan kekurangan COD dalam proses belanja online. Sampai saat ini, COD Cash on Delivery masih menjadi pro dan kontra. Di satu sisi sistem ini sangat memudahkan pembeli. Di sisi lain, bisa menjadi...

Perbedaan Fixed Mindset dan Growth Mindset, Mana yang Lebih Baik?

Dalam dunia psikologi, terdapat dua konsep penting yang mempengaruhi cara berpikir dan perilaku seseorang, yaitu fixed mindset dan growth mindset. Carol S. Dweck, seorang profesor psikologi dari Universitas Stanford, adalah sosok yang pertama kali memperkenalkan kedua...

Apa itu Tone of Voice, Contoh, Manfaat dan Cara Menentukannya

Di tengah kompetisi bisnis yang semakin ketat, kehadiran tone of voice (ToV) adalah pembeda untuk sebuah brand. Brand bukan lagi hanya tentang logo atau produk yang dijual, tapi juga tentang bagaimana berkomunikasi dengan audiens.Saat ini tone of voice merupakan...

Cara Menghilangkan Iklan di HP Samsung Tanpa Aplikasi Tambahan

Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan iklan di HP Samsung. Kehadiran iklan pada dasarnya memang sulit dihindari. Namun jika iklan terlalu banyak, tentu terasa menyebalkan dan menyebabkan distraksi dalam menggunakan ponsel.Kabar baiknya, ada...

0 Shares
Share via
Copy link
Powered by Social Snap