Type to search

Techno Trending

Video Call 8 Orang di WhatsApp Sudah Bisa Digunakan, Simak Caranya!

Video call WhatsApp bisa 8 orang

Fitur grup video call 8 orang yang dinanti- nanti di WhatsApp akhirnya bisa digunakan mulai hari ini (29/04/2020). Sebelum ini, panggilan video di WhatsApp hanya bisa dilakukan maksimal empat orang.

Fitur ini sendiri tersedia untuk pembaruan ke versi 2.20.50 via App Store untuk iOS. Sedangkan pembaruan di Google Play Store masih harus menunggu sedikit lagi.

Namun, pengguna Android juga sudah bisa menggunakan fitur baru ini dengan mengunduh WhatsApp versi 2.20.141 di laman resmi WhatsApp untuk Android di
tautan ini.

Panggilan video call delapan orang ini bisa dilakukan melalui tab “Call” dengan pilihan “New Group Call”. Dengan tombol ini, pengguna bisa melakukan panggilan video grup bersama dengan delapan orang.

WhatsApp sendiri merasa perlu menambah batasan jumlah partisipan dalam grup video chat lantaran banyak diminta oleh penggemarnya. Terlebih, WhatsApp adalah salah satu dari segelintir aplikasi dengan fitur keamanan enkripsi
end to end.

Selain itu, popularitas aplikasi teleconference seperti Zoom tengah meroket seiring dengan kebijakan work from home juga menjadi pemicu.

“Jadi, kemampuan untuk tidak terbatas menghubungi hanya empat orang, tapi delapan sekaligus, adalah sesuatu yang penting pada saat seperti ini,” ujar CEO Facebook, Mark Zuckerberg.

Zuckerberg juga mengungkap bahwa layanan WhatsApp dan Messenger mengalami lonjakan penggunaan video call selama masa pandemi ini. Kenaikannya berkali- kali lipat dibandingkan sebelumnya.

“Untuk kategori yang lebih spesifik seperti group video chat, jumlah panggilannya naik hingga 10 kali lipat atau lebih,” imbuh Zuckerberg.

Selain fitur baru video call WhatsApp, Zuckerberg juga tengah menyiapkan fitur percakpaan video mirip Zoom untuk Facebook. Fitur ini akan diberi nama Messenger Rooms dan bisa menampung hingga 50 orang dalam satu video konferensi.

Messenger Rooms ini sendiri bisa diakses melalui Facebook atau aplikasi Messenger di sebagian besar negara. Namun, ketersediaan di aplikasi Messenger baru akan bergulir untuk beberapa pekan kedepan.

Serupa dengan Zoom atau Skype, pengguna bisa langsung bergabung ke Messenger Rooms lewat tautan yang dikirim. Artinya, pengguna lain yang terlibat dalam konferensi tidak harus mempunyai akun Facebook lebih dulu.

Cara Menggunakan WhatsApp untuk Video Call 8 Orang

Untuk menggunakan fitur video call WhatsApp terbaru ini, pengguna harus melakukan pembaruan ke versi terbaru. Pengguna iOS dapat melakukan pembaruan langsung ke versi 2.20.50 lewat Apple Store. Sedangkan pengguna Android harus mengunduh WhatsApp versi 2.20.141 di lamat resmi WhatsApp Android.

Setelah pengguna Android mengunduh APK, dilanjutkan dengan pemasangan secara manual. Pasalnya, pembaruan WhatsApp ini belum tersedia di Play Store.

Untuk bisa menggunakan video call untuk 8 orang, sema peserta sudah harus menginstall versi terbaru WhatsApp. Jika tidak, panggilan video delapan orang tidak bisa dilakukan.

Jika semua peserta sudah mempunyai versi terbaru WhatsApp, cukup buka tab “Call” pada bagian atas. Lalu pilih ikon panggilan yang berada di pojok kanan bawah.

Lanjutkan dengan pilih “New Group Call” dan pilih teman yang ingin dihubungi sebanyak maksimal tujuh kontak. Kemudian tekan ikon untuk melakukan panggilan video.

Selain cara ini, pengguna juga bisa melakukan video call langsung dari grup. Caranya adalah dengan menekan ikon video call yang ada di bagian atas grup. Selanjutnya, pilih siapa saja anggota grup yang akan diajak berpartisipasi.

Selain kedua cara diatas, bisa juga dengan cara lain yang sedikit lebih rumit. Pertama, lakukan panggilan video pada seorang teman. Setelah panggilan terhubung, tekan tanda “+” untuk menambahkan peserta video call. Penambahan teman bisa dilakukan hingga tujuh orang.

Cara Install APK WhatsApp Baru di Android secara Manual

APK Whatsapp Android

Karena fitur baru ini belum tersedia untuk pembaruan via Google Play Store, maka pengguna harus melakukan pemasangan APK secara manual.

Caranya adalah dengan membuka menu “Settings”, lalu pilih “Apps & notifications”. Temukan pilihan “Advanced” dalam menu tersebut, lalu pilih “Special app access”, kemudian pilih “Install unknown apps”.

Di menu tersebut, pilih aplikasi mana yang akan diberi izin untuk menginstall dari sumber yang tidak dikenal. Lalu aktifkan tanda “Allow from this source” untuk mengaktifkan sumber yang tak dikenal untuk aplikasi ini.

Artikel Menarik Lainnya :   WhatsApp Siap Hadirkan Fitur Pinjaman Online
Tags:
Redva

I'm a Digital Marketing enthusiast. Bekerja di salah satu digital marketing terbesar di Jawa Tengah sebagai Digital Strategist dan telah menulis untuk blog dengan niche teknologi & digital marketing lebih dari 4 tahun.

  • 1

Tinggalkan balasan

avatar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
Notify of