Type to search

Social Media

10 Tips Mengoptimalkan Media Sosial untuk Bisnis

Pemasaran media sosial untuk bisnis

Dalam situasi apapun, termasuk saat pandemi sedang menjadi isu seperti sekarang, media sosial selalu menjadi senjata ampuh untuk memaksimalkan bisnis. Dengan racikan strategi yang optimal, konversi penjualan selalu punya celah untuk dioptimalkan.

Bicara optimasi sosial media, kita bukan hanya bicara tentang strategi beriklan saja. Sebenarnya ada banyak faktor dari sosial media itu sendiri yang bisa kita optimalkan untuk kebutuhan bisnis.

Mengapa Media Sosial Penting untuk Bisnis?

Media sosial saat ini adalah pusat informasi yang kita terima setiap hari. Untuk membuat sebuah informasi efektif didistribusikan, media sosial adalah elemen penting yang wajib disertakan dalam campaign apapun.

Dengan alasan ini, tidak heran mengapa pemasaran media sosial atau social media marketing dianggap menjadi bagian paling penting dan efektif dari pemasaran digital secara keseluruhan.

Dan sangat tidak berlebihan rasanya untuk menyebut bahwa media sosial kini mencakup sebagian besar kampanye pemasaran digital saat ini.

Pertanyaannya, sudah seberapa jauh Anda memanfaatkan media sosial untuk bisnis Anda? Apakah Anda sudah memahami cara kerjanya, mengamati tren, dan mengoptimalkan bisnis Anda di platform ini?

Memaksimalkan Pemasaran Online dengan Social Media

Hal pertama yang tidak boleh terlewat dari penggunaan media sosial untuk bisnis adalah terus memperbarui diri Anda dengan apa yang sedang tren, tool media sosial, dan metrik penargetan baru.

Media sosial bukan lah platform yang statis. Platform ini dinamis, terus berkembang. Kampanye Anda mungkin berhasil dengan baik di bulan lalu, dan kemudian tidak efektif sama sekali hari ini.

Jika Anda kerap berjibaku dengan
Facebook Ads atau strategi social media lain dengan intens, Anda pasti familiar dengan situasi ini, bukan?

Itulah mengapa Anda harus terupdate dengan strategi terbaru untuk kampanye medsos Anda.

Selain dengan dasar tersebut, Anda juga bisa memaksimalkan strategi pemasaran media sosial Anda dengan 10 tips berikut ini :

1. Tetapkan Tujuan dan Sasaran yang Akan Dicapai

Menetapkan tujuan sama pentingnya dengan merancang strategi itu sendiri. Jika Anda tidak mengetahui apa tujuan spesifiknya, besar kemungkinan Anda tidak melakukan perencanaan dengan tepat.

Tujuan yang jelas juga membantu dalam mengidentifikasi milestone pencapaian. Yang pada akhirnya membantu mengukur efektivitas kampanye itu sendiri.

Menurut Forbes, tujuan yang spesifik juga memperbesar peluang Anda untuk 30 kali lebih sukses dalam mengeksekusinya.

Sebagai catatan, perlu dipastikan bahwa tujuan social media marketing ini sejalan dengan tujuan pemasaran digital yang sudah dirancang secara keseluruhan. Dengan begitu, goal besar Anda akan lebih mudah tercapai.

2. Identifikasi Target Audiens

75,3 persen orang membeli lewat media sosial
Statistik pembelian lewat media sosial menurut Sprout Social

Menurut Sprout Social, sebanyak 75,3 persen orang membeli layanan atau produk melalui media sosial. Artinya, dengan audiens yang tepat, potensi penjualan lewat media sosial sangat lah besar!

Mengidentifikasi dan memahami audiens target sangat penting jika Anda ingin berhasil dengan strategi social media Anda. Setelah mengenali mereka, lakukan pendekatan yang membuat audiens merasa dekat dengan brand Anda (
engaged).

3. Pelajari Kompetitor

Untuk mempelajari kompetitor, Anda perlu meneliti apa yang mereka lakukan dalam pemasaran media sosial mereka. Cari tahu bagaimana efektifitas kampanye mereka dan analisa mengapa kampanye tertentu berhasil atau gagal.

Dengan pengamatan ini, Anda akan mendapat insight baru untuk mengembangkan strategi media sosial yang tepat. Anda juga akan terupdate dengan tren pasar dan memahami apa yang disukai atau tidak disukai oleh audiens Anda.

4. Pilih Platform yang Tepat

Media Sosial untuk Bisnis
Platform mana yang akan Anda gunakan?

Social media terdiri dari multi platform. Mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, Snapchat, Linkedin, Pinterest, dan masih banyak yang lainnya.

Anda tidak wajib menggunakan semuanya, namun harus memilih platform yang tepat. Faktanya, tidak semua platform cocok untuk semua jenis bisnis.

Misalnya saja, anak- anak muda cenderung menyukai platform Instagram. Namun range usia dewasa lebih suka dengan fleksibilitas Facebook.

Dengan catatan, tren pengguna ini bisa berubah sewaktu- waktu. Jadi, pastikan Anda terupdate dengan trend dan statistik terkini dari beberapa platform yang Anda bidik.

5. Gunakan Lebih Banyak Konten Visual

Sebuah penelitian yang disebut dengan “Wyzowl Study” mengungkap bahwa otak kita hanya mengingat 20 persen dari apa yang kita baca dan 80 persen dari apa yang kita lihat.

Artinya, Anda harus mengolah konten sosmed Anda menjadi sesuatu yang hidup secara visual. Menarik untuk dilihat dan membuat pesan tersampaikan.

6. Tingkatkan Keterlibatan

Kuis Social Media Tebak Kata
Kontes dan kuis menjadi salah satu trik untuk meningkatkan keterlibatan

Keterlibatan atau engagement yang baik sangatlah penting. Jika keterlibatan dengan audiens baik, kepercayaan mereka terhadap brand akan meningkat. Hal ini akan mendorong mereka untuk melakukan action pembelian.

Salah satu cara organik yang bisa dilakukan untuk meningkatkan keterlibatan adalah melakukan kuis, kontes atau giveaway. Dengan iming- iming hadiah gratis, audiens akan dengan senang hati berinteraksi dengan brand Anda.

Saat
membuat kontes atau giveaway, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diingat :

  • Tentukan tujuan yang ingin dicapai dari kontes
  • Tentukan platform media sosial yang akan digunakan
  • Jika akun Anda masih sangat baru, maksimalkan distribusi kontes dengan paid promote atau iklan

7. Gunakan Konten Video secara Berkala

Video adalah jenis konten yang lebih menarik dari sekedar gambar statis. Dengan video, Anda bisa membuat pesan Anda tersampaikan dengan cara yang menyenangkan.

Anda bisa memanfaatkan jenis media ini untuk memperkenalkan mereka dan membantu audiens Anda mengenal brand Anda dengan lebih baik.

8. Strategi Promosi

Anda perlu memaksimalkan social media marketing Anda dengan beragam ide kreatif dan menakjubkan. Tapi selain itu, Anda harus memastikan pemasaran ini dijangkau oleh audiens yang tepat.

Nah disinilah mengapa promosi itu penting. Dan tentu saja, melakukan promosi untuk akun media sosial atau konten Anda tidak sepenuhnya gratis.

Anda bisa melakukan beberapa jenis promosi dan melakukan evaluasi terhadap kinerja promosi tersebut. Beberapa jenis promosi yang bisa dilakukan antara lain :

  • Paid promote atau endorser
  • Social media ads

Promosi akan membuat akun dan brand sosmed Anda mendapatkan lebih banyak eksposur dalam waktu relatif singkat. Anda perlu melakukan ini setidaknya sampai audiens tertarget berhasil Anda kumpulkan.

9. Buat Perencanaan Terjadwal

Anda mungkin sudah mempersiapkan strategi media sosial yang efektif. Namun semua ini berpotensi gagal jika Anda tidak membuat perencanaan terjadwal.

Ini lah mengapa penting untuk membuat jadwal perencanaan. Dengan rencana yang jelas dan waktu untuk mengeksekusinya akan membuat pemasaran medsos Anda menjadi lebih tertata.

Ada banyak tools online yang bisa membantu Anda untuk mengelola strategi pemasaran social media. Misalnya untuk membuat konten terjadwal, Anda bisa memanfaatkan Social Plot, atau Hootsuite.

Untuk membuat to do list dan rencana paid promote, kontes, dan sebagainya, Anda bisa memanfaatkan Google Calendar dan tool to do list di aplikasi mobile.

Keteraturan dalam pemasaran digital akan sangat penting untuk membantu Anda melakukan analisa strategi yang efektif dan tidak efektif.

10. Analisa Feedback

Setelah menjalankan beberapa jenis strategi pemasaran, Anda akan mulai mengumpulkan beragam feedback. Pelajari kekurangan kampanye yang Anda lakukan dan analisa lah.

Selain feedback strategi, Anda mungkin juga menerima feedback langsung dari audiens. Dari feedback ini, Anda bisa mengidentifikasi kebutuhan mereka dan merencanakan kampanye yang lebih baik dan menghasilkan.

Kesimpulan

Ada banyak strategi yang bisa dilakukan untuk membuat pemasaran media sosial Anda lebih optimal. Selain strategi diatas, tips tambahan yang bisa digunakan adalah menggabungkan semua saluran pemasaran potensial.

Dengan catatan, semua saluran pemasaran tersebut dieksekusi untuk tujuan yang sama. Dan tentu saja tetap melakukan evaluasi berkala untuk strategi digital yang sudah dilakukan.

Selamat mencoba!

Artikel Menarik Lainnya :   7+ Tips Berjualan di Media Sosial dengan Cara Sederhana tapi Efektif
Tags:
Redva

I'm a Digital Marketing enthusiast. Bekerja di salah satu digital marketing terbesar di Jawa Tengah sebagai Digital Strategist dan telah menulis untuk blog dengan niche teknologi & digital marketing lebih dari 4 tahun.

  • 1

You Might also Like

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x