Type to search

SEO

5 Cara Efektif Menggunakan Social Profile untuk Mendapatkan Backlink Berkualitas

Share
Mendapatkan backlink berkualitas dari social profile link

Menggunakan profil perusahaan atau branding online untuk menghasilkan backlink berkualitas ternyata tidak semudah yang kita bayangkan.

Beberapa orang bahkan beranggapan bahwa link yang sering ditampilkan di media sosial adalah spam atau menyesatkan. Terutama jika tujuan membuat profil hanya untuk mendapatkan tautan semata, tidak diikuti dengan aktifitas yang sepadan.

Namun, sebenarnya ada beberapa trik yang dapat Anda coba untuk membuat social profile Anda menjadi lebih bermakna dan menghasilkan backlink berkualitas.

Anda bisa mengawalinya dengan membuat profil yang terlihat nyata dalam membagikan informasi, bercerita tentang latar belakang Anda, dan pencapaian Anda, sambil menggunakannya sebagai media branding terpercaya dimana orang- orang akan menemukan Anda secara online.

Menciptakan Backlink Berkualitas dari Social Profil

Mindset– nya adalah mempunyai profil online  dilakukan untuk kepentingan visibilitas online semata, namun sekaligus mengembangkan jaringan Anda. Secara organik, ini bisa menyebabkan lebih banyak tautan masuk untuk konten Anda.

Bagaimana caranya? Berikut ini adalah beberapa trik yang dapat Anda coba :

1. Terhubung dengan Orang yang Nyata 

Jika di media sosial Anda terhubung dengan orang- orang yang nyata, maka keterlibatan sudah pasti akan lebih tinggi dengan tingkat kepercayaan yang lebih baik daripada kegiatan yang sama yang dilakukan dengan profil perusahaan.

Banyak user media sosial yang cenderung mengabaikan pesan dan permintaan dari profil yang terlalu kaku dan formal di situs jejaring sosial. Mereka menyadari bahwa pesan atau permintaan pertemanan ini bertujuan untuk promosi produk atau konten.

Berbeda saat Anda membuat profil yang lebih hangat secara personal. Langkah Anda dalam membangun jaringan, meskipun ujung- ujungnya juga suka membagikan konten akan terasa lebih mudah.

Tapi ingat, Anda perlu bekerja keras menumbuhkan hubungan terlebih dulu. Jangan memperlihatkan tujuan besar Anda.


Beberapa tim pemasaran digital biasanya akan membuat profil perusahaan dalam menambah teman atau koneksi, atau untuk menindaklanjuti kontak yang ada untuk membantu membangun hubungan.

Tujuannya adalah untuk menemukan orang dengan background yang sama di industri mereka, sekaligus mengharapkan hubungan timbal balik dalam berbagi dan mempromosikan konten satu sama lain.

Cara ini dirasa kuno karena kita tidak selalu kebetulan bertemu dengan orang yang hangat menyambut orang yang tak begitu dikenal, sekalipun mereka mempunyai background profesional yang sama.

Akan lebih efektif jika Anda memulainya dengan slow dan mencoba mendekati mereka secara personal. Saat Anda berkenalan, cobalah untuk memberikan basa basi singkat yang menyatakan bahwa Anda senang menjadi teman media sosial mereka.

Lanjutkan dengan berinteraksi di thread mereka secara normal, tidak berlebihan. Jika dirasa sudah cukup, Anda bisa mulai membagikan cerita tentang Anda dengan konsep story telling yang tidak membosankan. Ajak mereka untuk terlibat.

2. Bergabung dengan Orang Sejenis di Forum Medsos

Banyak orang terlibat dalam media sosial dasar seperti Facebook dan Linkedin.

Di luar itu, ada lebih banyak forum dengan niche tertentu di media sosial yang intens mereka gunakan setiap hari. Sebut saja, di Facebook kita mengenal grup komunitas WordPress, komunitas kota tertentu, komunitas pedagang A, B, dan C.

Cobalah untuk menemukan komunitas online yang sesuai dengan Anda dan lebih terlibat di dalamnya.

Saat bergabung, Anda akan menemukan bahwa ada kedalaman yang bisa Anda manfaatkan dalam setiap pertanyaan dan diskusi. Ada banyak hal yang mengarah ke banyak peluang bagus untuk membuat orang lain tertarik pada konten Anda. Syarat utamanya, konten Anda harus relevan dan bermutu.

Selain Facebook dan Linkedin, situs lain yang bisa Anda pertimbangkan untuk menggunakan forum antara lain :

  • Reddit, yang mempunyai ribuan “sub-reddits” atau papan diskusi beralur dengan pembahasan topik tertentu
  • Github, yang merupakan hosting portofolio sekaligus komunitas online untuk para programmer dan developer

Media Sosial untuk Bisnis
Kedua forum tersebut sangat teknis sehingga tidak masuk akal untuk Anda masuk dan memulainya dengan diskusi spam dengan link mengarah ke situs Anda. Berhati- hatilah.


Sebaliknya, Anda bisa memulainya dengan berintegrasi dengan komunitas dengan menjawab pertanyaan, terlibat dalam beberapa diskusi, melengkapi profil Anda, dan tetap aktif, sebelum akhirnya mencoba membagikan konten Anda sendiri.

Saat Anda mulai membagikan konten Anda, pastikan konten tersebut benar- benar bermanfaat untuk pengguna lain. Jika tidak, Anda harus bersiap- siap dikucilkan karena mencoba mengkomersialkan diskusi tersebut.

3. Gunakan LinkedIn untuk Orang yang Tepat

Jika memungkinkan, mintalah tim Anda untuk terlibat dengan aktifitas online Anda atau mengatur jadwal secara teratur untuk berinteraksi dan berbagi konten di profil media sosial pribadi mereka.

LinkedIn dikenal sebagai platform yang sempurna untuk kebutuhan ini karena tim Anda dapat mempunyai profil profesional sendiri dan berbagi konten sesuai kebutuhan.

Karena profil profesional mempunyai kredibilitas pribadi yang lebih, saran tautan mereka lebih sering dianggap serius oleh pengguna daripada profil perusahaan/ bisnis yang hanya membagikan tautan ke blog mereka. Mereka dianggap lebih terpercaya.

Jika memungkinkan, Anda bisa menanyakan ke profil tersebut untuk wawasan atau komentar mereka terhadap sebuah artikel yang kemudian dapat dibagikan dengan tautan.

Alasannya sederhana, pengguna suka mendengar pendapat dari orang lain, terutama dari mereka dengan profil yang lebih tinggi. Ini seperti memberikan sentuhan tersendiri untuk tautan yang telah dibagikan tersebut.

4. Jangkau Profil Sosial yang Sudah Punya Authority

LinkedIn sangat baik digunakan untuk membangun kredibilitas pribadi dan berbagi konten. Namun, Anda juga bisa menggunakan Twitter, forum, Instagram, dan Facebook untuk menjangkau mereka dan membuat orang lain tertarik pada konten Anda.

Di Twitter dan Instagram, sudah menjadi rahasia umum untuk mengikuti orang- orang dengan harapan mereka mengikuti kita kembali.

Cobalah untuk mengikuti para influencer dan mereka yang mempunyai authority tinggi di media sosial. Anda dapat berusaha mendekati mereka melalui kolom komentar dengan komentar yang tulus, unik, dan menarik perhatian.

Pancing mereka untuk membaca atau membalas komentar dan melihat Anda. Langkah awal seperti ini dapat menjadi jurus ampuh membangun hubungan yang membantu Anda diperhatikan secara organik dan melangkah ke level selanjutnya.

Setelah itu, mereka bisa saja menjelajahi isi konten Anda. Jika konten Anda berkualitas, ketertarikan akan mulai muncul. Jika mereka mulai mempercayai Anda, cobalah bertanya kepada mereka tentang konten Anda atau kemungkinan berkolaborasi. Menarik untuk dicoba, bukan?

5. Promosikan Konten dengan Facebook Ads

Facebook sangat powerful untuk menghasilkan banyak lalu lintas ke konten saat berhadapan dengan audiens yang tepat.

Ehh… dengan Facebook Ads berarti mengeluarkan uang buat iklan dong?

Betul, namun dengan penargetan yang jelas dan ringkas, Anda hanya akan mengeluarkan biaya iklan yang rendah untuk minat pengguna yang sangat tinggi. Kuncinya adalah penargetan yang tepat dan iklan yang menarik.

Jenis Targeting Facebook Ads
Saat iklan mendapatkan visibilitas yang tinggi, Anda juga akan melihat tren tautan alami meningkat karena pengguna membagikan konten Anda ke jaringan mereka sendiri. Hal ini akan membantunya tumbuh secara organik, dan anggaran iklan terasa sangat ringan.

Kesimpulan

Mendapatkan shares dan backlink berkualitas untuk konten Anda menggunakan profil online dan jangkauan pribadi tentu bukan cara tercepat dalam link building. Namun, ini adalah salah satu cara trik berdampak jangka panjang jika dilakukan dengan tepat.

Saat Anda mengembangkan jaringan, Anda akan menyadari bahwa ada banyak orang yang lebih mungkin membagikan konten dari orang yang mereka kenal, sukai, atau percayai.

Fokuslah dalam membangun profil online Anda agar tetap aktif dan berbagi informasi menarik dan relevan, serta promosikan karya orang lain untuk kemungkinan mendapatkan feedback yang lebih besar.

Waktu yang dibutuhkan untuk hasil optimal : 10-20 forum per bulan, dengan target minimum 10-15 tautan per bulan.

Dibutuhkan waktu lebih dari 30 hari untuk melihat fase pertama tautan masuk. Rata- rata webmaster membutuhkan waktu 3-6 bulan untuk melihat hasil dari link building tersebut, tergantung dari beberapa faktor.

Intinya, untuk mendapatkan backlink berkualitas, termasuk social profile, bukanlah hal yang instan. Namun, tentu akan lebih baik Anda bekerja keras dengan cara yang tepat menurut para ahli, dibandingkan dengan cara yang salah secara terus menerus.

Selamat mencoba!

 

Artikel Menarik Lainnya :   Berburu Backlink Berkualitas dengan Blog Commenting

Referensi : Search Engine Journal

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.