Sosok Alexandra Askandar tidak asing untuk sebagian publik. Wanita cantik dan pintar ini dikenal sebagai petinggi dari salah satu bank BUMN, Mandiri.

Melansir dari situs srikandibumn.org, Alexandra saat ini tengah menjabat sebagai Wakil Direktur Utama Bank Mandiri. Wanita cantik ini sudah menduduki jabatan ini sejak akhir Oktober 2020. Sebagai salah satu srikandi berprestasi, Alexandra juga pernah masuk ke dalam jajaran Top 100 Most Outstanding Women in Financial Sector dan SOE 2022.

Tertarik untuk mengenal sosoknya lebih dekat? Di artikel kali ini Panda akan mengulas tentang Alexandra Askandar berikut perjalanan karirnya hingga menjadi petinggi Mandiri.

Profil Alexandra Askandar

Profil Alexandra Askandar
  • Save

Alexandra Askandar adalah seorang wanita inspiratif yang telah membangun nama yang kuat di dunia perbankan. Alexandra Askandar lahir pada 9 Januari 1972 di Medan.

Saat ini, beliau menjabat sebagai Wakil Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, sebuah posisi yang menggambarkan kekuatan dan pengaruhnya dalam mengelola bank terbesar di Indonesia.

Pendidikan Alexandra menjadi batu loncatan awal dalam membangun karirnya. Alexandra memperoleh gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Indonesia dan MBA dari Boston University.

Dengan perjalanan karirnya, Alexandra telah menjadi srikandi kebanggaan Indonesia yang berhasil mempresentasikan perempuan di jajaran Direksi Bank Mandiri sejak 2018. Profesi bankir sendiri mungkin memang sudah mengalir dalam darah wanita cantik ini. Pasalnya, Alexandra merupakan putri dari Askandar, yang juga salah seorang bankir senior di Indonesia.

Baca Juga :  Biografi Elon Musk : Sang Penemu, dan Pebisnis Jenius

Perjalanan Karir dan Prestasi Alexandra Askandar

Setelah menyelesaikan pendidikannyau, Alexandra Askandar bergabung dengan Bank Mandiri pada tahun 1999. Ia memulai karirnya sebagai analis hubungan investor dan kemudian menduduki berbagai posisi strategis di berbagai divisi bank ini.

Beberapa jabatan strategis yang pernah Alexandra jabat antara lain : 

  • 2000: Assistant Vice President
  • s.d 2008 : Vice President Corporate Banking
  • 2009 – 2016 : Senior Executive Vice President Corporate Banking
  • 2016 – 2018 : SEVP Corporate Banking
  • 2018 – 2019 : Direktur Hubungan Kelembagaan
  • 2019 – 2020 : Direktur Corporate Banking
  • 2020 – sekarang* : Wakil Direktur Utama Mandiri PT Bank Mandiri, Tbk

Di periode yang sama pada 2016-2018, Alexandra juga sempat menjabat sebagai Komisaris PT Mandiri Sekuritas.

Selama kepemimpinannya, Alexandra berhasil mengawal transformasi Bank Mandiri dalam menghadapi berbagai tantangan perbankan modern. Wanita cantik ini berhasil memimpin bank ini menuju pertumbuhan yang berkelanjutan melalui strategi inovatif dalam pengembangan produk dan layanan banking, serta fokus pada digitalisasi untuk meningkatkan efisiensi operasional.

Baca Juga :  Berharta Lebih dari 100 Miliar Dollar, 3 Sosok Ini Bergelar Centibillionaire

Menjadi 20 Most Powerful Women 2022 dari Fortune Indonesia

Alexandra Askandar di luar ruangan
  • Save
Alexandra Askandar di luar ruangan/ Masih bisa tampil layaknya ABG/ via Instagram

Erick Thohir, Menteri BUMN RI ke-9, menyebut Alexandra sebagai salah satu talenta srikandi terbaik yang BUMN miliki. Selain punya karir yang moncer di Mandiri, Alexandra juga mencetak banyak prestasi gemilang lainnya. Wanita Mandiri ini pernah masuk ke daftar 100 wanita paling berpengaruh di sektor jasa keuangan dan BUMN dalam penghargaan Top 100 Most Outstanding Women in Financial Sector dan SOE 2022 di Kota Solo.

Wanita tangguh ini juga mencatatkan namanya ke dalam daftar 20 Most Powerful Women 2022 di Fortune Indonesia. Selain Alexandra, tokoh lain yang masuk ke dalam daftar ini antara lain Megawati Soekarnoputri, Tri Rismaharini, Sri Mulyani, hingga Nicke Widyawati.

Baca Juga :  Kisah Sukses Pendiri Website JalanTikus.com, Weihan Liew

Profil Alexandra Askandar ini sejatinya adalah cerminan kecerdasan dan dedikasi yang luar biasa dalam memajukan industri perbankan di Indonesia. Sebagai seorang pemimpin, Alexandra terus menjalankan peran pentingnya dalam mendorong pertumbuhan dan keberlanjutan Bank Mandiri.

Melalui pengalaman dan prestasinya yang luar biasa, Alexandra Askandar memberikan inspirasi kepada banyak wanita dan generasi muda di Indonesia untuk meraih kesuksesan di dunia perbankan.

Semoga kisah perjalanan karir Alexandra Askandar ini menginspirasimu ya!

0 Shares
Share via
Copy link
Powered by Social Snap