Bos Google regional Asia Pasifik, Sapna Chadha, mengungkap tips rahasia wawancara agar diterima kerja. Melansir dari CNBC Make itu, Chada mengungkap bahwa perkembangan teknologi juga berdampak pada preferensi rekrutmen perusahaan.

Salah satunya, teknologi yang semakin cepat membuat sebagian besar perusahaan mencari tenaga kerja yang cekatan dan bisa bekerja dalam tim dengan baik.

Hal Utama yang Dicari adalah Growth Mindset

Chadha menegaskan, salah satu hal utama yang kini perusahaan cari adalah karyawan dengan growth mindset. Alasannya, perusahaan percaya bahwa seseorang dengan growth mindset selalu ingin terus berkembang dan percaya bahwa seseorang dapat menjadi lebih baik.

“Saya mencari orang-orang yang ingin bertukar ide, selalu ingin berinovasi, dan tidak cepat puas dengan keadaan saat ini,” ungkap Chadha.

Menurut Chada, growth mindset atau pola pikir berkembang, merupakan salah satu faktor terbesar dalam kinerja dan hasil yang baik.

Baca Juga :  8 Manfaat Tidur Cukup untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja

Rahasia Interview agar Diterima Kerja

Salah satu pertanyaan yang sering Chadha ajukan dalam wawancara kerja adalah “Apa hal terbaru yang telah Anda pelajari?”

Pertanyaan ini merupakan salah satu rahasia interview perusahaan dalam mengidentifikasi growth mindset. Lewat pertanyaan ini, perusahaan akan mengetahui apakah seseorang telah benar- benar mengembangkan diri.

Dari pertanyaan ini, respon kandidat bukan hanya menjadi indikasi pola pikir bertumbuh, tapi juga menunjukkan apakah seseorang bersedia untuk belajar bersama dan berkolaborasi.

“Menurut saya, saling belajar dapat mendorong lingkungan yang sehat untuk berkembang dan meningkatkan rasa ingin tahu, terutama di era teknologi yang terus berkembang,” ungkap Chadha.

Berani Mengakui Kesalahan dan Kegagalan

Yang tidak kalah penting, Chadha juga memperhatikan apakah seseorang mau mengakui kesalahan dan mengungkapkan apa yang telah mereka pelajari.

“Berani mengakui kesalahan setelah kegagalan pertama dan menyadari bahwa mereka dapat memperbaiki kesalahan tersebut adalah hal yang penting,” kata Chadha.

Selain itu, Chadha juga membeberkan beberapa tips membangun pola pikir bertumbuh. Salah satunya adalah melihat karir sebagai ‘jungle gym’, bukan tangga yang harus kita naiki.

“Membuka diri untuk bergerak ke berbagai arah adalah hal yang penting. Saya cenderung mencari orang-orang yang tidak hanya fokus pada kemajuan vertikal, tetapi memikirkan untuk memperluas keterampilan sehingga dapat beradaptasi lebih baik di masa depan,” papar Chadha.

Baca Juga :  5+ Website Terbaik dan Gratis untuk Membuat Portofolio Online

Meningkatkan Keterampilan di Era Digital Sangat Penting

Salah satu hal penting dalam mendapatkan peluang pekerjaan di masa depan menurut Chadha adalah meningkatkan keterampilan. Terlebih, tren teknologi yang semakin pesat membuat orang- orang harus beradaptasi dengan cepat. Jika tidak mau beradaptasi dengan teknologi, ini tanda bahwa seseorang akan tertinggal.

“Saya akan mendorong semua orang di berbagai industri dan jenis pekerjaan untuk mempelajari dasar-dasar AI agar tetap relevan. Jika Anda tidak menggunakan solusi AI (Artificial Intelligence), Anda sudah ketinggalan,” tegas Chadha.

Terakhir, penting sekali untuk meningkatkan inisiatif dalam belajar hal- hal yang di luar kemampuan kita. Misalnya saja dengan mengikuti kursus online, sesi jaringan, membaca berita terbaru, mempelajari tips interview online, hingga berbicara dengan rekan- rekan sesama karyawan.

Baca Juga :  Wawancara Kerja Online Lancar? Ikuti Tips Interview Online Ini!
1 Share
Share via
Copy link
Powered by Social Snap