Type to search

Blogging Marketing

10+ Sumber Trafik Berkualitas dan Tidak Berkualitas untuk Website

Mengenal sumber trafik berkualitas dan tidak berkualitas website

Mendapatkan sumber trafik yang berkualitas sangatlah penting dalam proses monetisasi website. Dengan trafik berkualitas, semua goal yang ingin Anda raih dalam bisnis akan lebih mudah tercapai.

Saat berpikir tentang mendatangkan trafik untuk website, tidak semua dari kita berpikir ada banyak cara yang ditempuh. Atau bisa juga, selama ini Anda hanya bergantung pada satu atau dua sumber lalu lintas saja.

Variasi sumber trafik sangat penting untuk mendatangkan banyak lalu lintas ke website. Dalam variasi ini, ada dua kategori jenis trafik, yaitu trafik berkualitas dan trafik tidak berkualitas.

Keduanya bisa saling melengkapi. Namun tentu saja, dampaknya akan sangat berbeda untuk stabilitas website dalam jangka panjang.

Apa itu Trafik Website?

Trafik website adalah jumlah data pengunjung yang dikirim dan diterima oleh sebuah situs. Dalam bahasa Indonesia, kita mengenal istilah ini dengan sebutan lalu lintas website.

Untuk mengukur performa sebuah website, trafik yang diukur adalah jumlah trafik real tanpa memasukkan lalu lintas palsu yang dihasilkan oleh bot.

Dalam dunia digital, trafik adalah hal yang sangat penting untuk kelangsungan sebuah website dan bisnis digital. Dengan trafik yang berkualitas menunjukkan bahwa website mempunyai kinerja yang positif dan bisa diandalkan.

Trafik Berkualitas

Di kategori pertama, kita akan mengintip deretan trafik berkualitas yang sangat baik untuk website. Trafik berkualitas berarti mendatangkan pengunjung yang benar- benar tertarik untuk membaca konten Anda sampai habis.

Mereka datang ke situs Anda karena merasa konten tersebut relevan dengan kebutuhan mereka atau menarik untuk dibaca. Trafik ini bisa dibangun secara organik (natural) atau bisa juga dengan metode berbayar.

Trafik berkualitas cenderung mempunyai tingkat keterlibatan yang baik dengan pengunjung. Mereka yang berkunjung ke website tidak akan segan untuk berkomentar atau berbagi konten secara sukarela.

1. Trafik  Mesin Pencari

Trafik yang berasal dari mesin pencari seperti Google adalah trafik yang sangat berkualitas untuk website. Jika Anda berhasil menguasai kata kunci tertentu dari hasil penelusuran, lalu lintas organik ini akan mudah didapatkan.

Untuk mendapatkan trafik dari mesin pencari secara konsisten, Anda perlu mengoptimalkan SEO situs web Anda.

Anda wajib menerapkan praktek terbaik SEO On Page dan Off Page. Fokuslah membangun konten yang berkualitas dan mulai pertimbangkan membangun backlink.

Yang perlu dicatat, SEO bukanlah strategi instan. SEO membutuhkan proses yang cukup panjang sampai akhirnya Anda mendapatkan performa yang Anda harapkan. Namun, ini akan sangat baik untuk pondasi website Anda jangka panjang.

Jika Anda tidak sabar, Anda bisa juga memanfaatkan trafik berbayar dalam program PPC yang berada di point #3 artikel ini.

2. Content Marketing

Content marketing bisa menjadi strategi selanjutnya dalam membangun trafik yang berkualitas. Dalam hal ini, pemilik blog harus membuat konten yang terkonsep dan relevan, lalu mendistribusikannya dengan tepat dan efektif.

Goal utamanya adalah mendatangkan pengunjung potensial ke website dan mendorong mereka untuk melakukan tindakan yang menguntungkan bisnis Anda.

Content marketing telah berevolusi dengan pesat dalam beberapa tahun terakhir ini. Hal ini nggak melulu tentang artikel blog, tapi bisa juga konten multimedia dan podcast.

Strategi content marketing untuk sumber trafik website berkualitas
Strategi content marketing diterapkan oleh 93% pebisnis

Namun bisa jadi diawali dengan konsep yang sama, yaitu riset kata kunci dan konten yang sesuai dengan audiens yang Anda bidik. Yang pasti, kualitas adalah kunci penting dalam content marketing ini.

Selanjutnya, konten akan didistribusikan secara efektif ke chanel- chanel potensial, seperti
email marketing, social media, social bookmarking, video platform, guest posting, dan direktori populer.

Jika Anda menggunakan metode guest post, pastikan Anda memilih website yang relevan dengan niche Anda dan bukan menjadi ladang peternakan backlink. Situs ini mungkin mengharuskan Anda membayar, namun hasilnya lebih optimal karena backlink yang Anda peroleh lebih berkualitas.

3. Pay per Click (PPC)

Dibandingkan dengan SEO, Pay per Click adalah cara efektif yang lebih murah untuk mendatangkan trafik dari mesin pencari. Lebih cepat dan instan, tapi tentu saja membutuhkan uang karena ini berbayar

Salah satu program PPC yang populer adalah Google AdWords. Anda bisa mendapatkan trafik sesuai dengan kampanye yang Anda canangkan. Dalam kampanye ini, Anda akan menentukan besaran dana dan kata kunci tertarget.

Selain Google Adwords, Anda juga bisa menggunakan program PPC lainnya seperti Bings Ads dan Yahoo.

4. Email Marketing

Email marketing adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga trafik yang matang untuk tetep datang ke website Anda berulang kali. Lagi- lagi, Anda perlu membuatnya berkonsep dan memancing audiens untuk kembali karena konten yang berkualitas.

Strategi email marketing ini sendiri dimulai dari mengumpulkan data email pelanggan (list building), dan dilanjutkan dengan pengiriman email series dengan variasi sesuai kebutuhan bisnis.

Email marketing bisa menjadi media untuk menyampaikan informasi praktis kepada audiens, mengirimkan penawaran, follow up audiens, hingga membangun kedekatan personal yang membawa banyak keuntungan untuk bisnis kedepannya.

5.Social Media Marketing (SMM)

Social media marketing adalah platform yang mendukung terjadinya viral marketing. Saat Anda berhasil mengumpulkan audiens potensial, strategi mengoptimalkan bisnis akan semakin mudah. Termasuk diantaranya meningkatkan awareness dan mendorong lalu lintas website.

Jika engagement konten Anda sangat baik, hal ini juga bisa mendongkrak SEO website Anda karena social signal yang kuat. Kuncinya adalah membangun konten yang sesuai dengan karakter audiens Anda di media sosial.

SMM ini sendiri bisa dilakukan secara organik dan berbayar. SMM berbayar misalnya saja menggunakan Facebook Ads. Facebook Ads sendiri disebut sebagai iklan dengan ROI terbaik dari semua platform sosial oleh 95,8% manajer media sosial.

Dengan Facebook Ads, Anda bisa menjangkau audiens tepat seperti yang Anda targetkan. Anda juga bisa membuat berbagai jenis kampanye dan variasi penargetan, termasuk melakukan targeting ulang pada list audiens sebelumnya.

6. YouTube

YouTube mempunyai sekitar 2 miliar pengguna di seluruh dunia pada akhir 2019. Range penggunanya YouTube juga sangat luas, mulai dari anak- anak, remaja, hingga dewasa.

Anda bisa memanfaatkan YouTube untuk mendistribusikan konten video Anda, sekaligus mendatangkan trafik berkualitas ke website Anda. Pendekatan yang dilakukan adalah dengan membagikan konten video berkualitas secara konsisten.

7. Forum, Komunitas, & Social Bookmarking

Forum dan komunitas yang relevan bisa menjadi sumber trafik alternatif berkualitas selain SEO dan trafik berbayar (PPC & Facebook Ads). Untuk memaksimalkan potensi trafik dari sumber ini, Anda harus memastikan audiens forum dan komunitas relevan dengan situs Anda.

Setelah itu, Anda bisa membuat konten yang sumbernya adalah website Anda sendiri. Lalu Anda merekomendasikan situs Anda sebagai sumber atau versi lengkapnya. Anda juga bisa memberikan komentar dari konten orang lain tentang situs Anda.

Dalam penggunaan forum dan komunitas, hindari untuk terlalu agresif atau terang- terangan mempromosikan situs. Tujuan utama dari forum dan komunitas adalah membangun network dan berdiskusi. Dan Anda perlu menginformasikan situs Anda secara alami dan tersirat melalui cara yang bisa diterima anggota forum.

Contoh dari forum dan komunitas ini antara lain Ads.id, Kaskus, dan situs Q&A seperti Quora.

Dari social bookmarking, Anda juga bisa mendapatkan trafik berkualitas dari pengunjung yang relevan. Selain itu, konsistensi penggunaan social bookmark bisa mendongkrak performa SEO website Anda.

Trafik Tidak Berkualitas

Sama- sama mendatangkan lalu lintas ke website, namun trafik tidak berkualitas akan mendatangkan pengunjung yang tidak benar- benar ingin membaca konten Anda. Mereka mungkin mendatangi website Anda karena dorongan insentif atau rewards.

Jenis trafik ini tentu tidak dianjurkan sama sekali karena tidak memberi manfaat apapun untuk website Anda.

1. Paid to Click (PTC)

PTC adalah sebuah layanan yang mempunyai jaringan berisi pengguna internet yang bertugas untuk meng-klik tautan untuk dikunjungi. Pengguna internet yang menjadi anggota program PTC ini akan memperoleh bayaran untuk setiap kunjungan menuju situs.

Karena kunjungan ini berasal dari orang yang dibayar, sudah pasti pengunjung bukan lah orang yang Anda harapkan datang ke situs Anda. Mereka tidak mempunyai ketertarikan terhadap konten Anda, apalagi sampai melakukan tindakan yang diharapkan.

Berbeda dengan PPC yang menghasilkan trafik berbayar untuk audiens potensial, PTC hanya mendatangkan pengguna yang mengincar komisi dari program.

2. Trafik Insentif

Mirip dengan PTC, pengunjung yang berasal dari trafik insentif tidak mempunyai ketertarikan terhadap website Anda. Bedanya, trafik insentif ini meminta anggotanya untuk sampai melakukan aksi tertentu pada website.

Misalnya saja mendaftarkan email, mengikuti survey, atau menerima penawaran tertentu. Jadi, pendaftaran ini tidak bertujuan untuk benar- benar membeli produk, tapi hanya mencoba layanan tertentu secara gratis.

3. Popup/ Popunder

Trafik dari popup atau popunder sebenarnya cenderung legal, namun termasuk sumber trafik tidak berkualitas. Pengguna dari trafik ini sebagian merasa puas, dan sebagian merasa tidak puas.

Sama seperti dua sumber trafik sebelumnya, sumber trafik ini berasal dari pengunjung yang tidak benar- benar tertarik dengan situs web Anda. Mereka mungkin meng-klik website Anda dengan tujuan tertentu, seperti mendapatkan komisi.

Kecil kemungkinan mereka benar- benar membaca konten Anda, atau bahkan sampai melakukan aksi lain di website. Artinya, pengunjung ini tidak termasuk pengunjung yang Anda targetkan.

Kesimpulan

Trafik website bisa dibilang merupakan nyawa sebuah website. Untuk membuat nyawa ini benar- benar hidup, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan :

  • Buat pondasi yang kuat untuk website melalui SEO
  • Optimalkan sumber trafik berkualitas dari SEO dan yang lainnya (SEO sangat penting, tapi sebaiknya Anda tidak hanya bergantung pada SEO saja)
  • Jika Anda mempertimbangkan menggunakan program berbayar untuk trafik tidak berkualitas, coba pikirkan kembali dampaknya jangka pendek dan jangka panjang
  • Jangan pernah lupa bahwa konten adalah bagian yang sangat penting

Setelah itu, Anda akan mulai mendapatkan beragam manfaat dari hadirnya lalu lintas yang melimpah untuk website Anda. Mulai dari monetize Google Adsense yang stabil, calon pelanggan potensial, hingga konversi penjualan yang baik.

Semoga bermanfaat!

Tags:
Mas Panda

Berkecimpung di niche Blogging & Digital Marketing lebih dari 5 tahun. Pernah menjadi salah satu bagian dari Digital Marketing Agency terbesar di Jawa Tengah. Sedang dan terus belajar dalam Digital Marketing.

  • 1
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
3
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x