Type to search

SEO

6 Taktik SEO Mudah tapi Salah yang Harus Anda Hindari

Taktik SEO Mudah tapi Salah yang Harus Dihindari

Tak ada habisnya memang jika kita bicara tentang taktik SEO. Selain secara garis besar kita mempraktekkan SEO On Page dan Off Page, ada banyak hal lain didalamnya yang menarik untuk dikupas.

Salah satunya adalah taktik SEO instan yang relatif sangat mudah untuk dipraktekkan. Sesuatu yang mudah memang menggiurkan, apalagi jika diiming- imingi hasil instan. Tapi, apakah benar hasilnya sesuai harapan?

Teknik yang Mudah, Tidak Selalu Memberi Hasil Baik

Para profesional SEO biasanya mengidentifikasi mereka sebagai praktisi SEO white hat, atau setidaknya grey hat. Praktek SEO ini tentu tidak sesuai dengan kaidah yang dianjurkan dan bisa merusak SEO dalam jangka panjang.

Sebagian besar white hat yang merusak ini adalah praktik SEO yang sering dianggap ‘terlalu mudah untuk memberi hasil yang baik’.

Apa saja yang menjadi bagian dari taktik SEO mudah tapi bisa menjadi sebuah kesalahan ini? Simak ulasan Panda berikut ini :

Strategi SEO Assembly Line 

Praktisi luar sering menyebut ini sebagai SEO Assembly Line (SEO Jalur Perakitan/ SEO by Template). Maksudnya adalah saat seseorang menggunakan jasa SEO perorangan atau agensi yang ternyata menggunakan taktik sama persis untuk setiap klien.

Agensi tersebut tidak mengidentifikasi masalah masing- masing klien secara khusus, tapi langsung menerapkan strategi yang sama. Praktek ini banyak digunakan karena dianggap efisien dalam mengelola banyak klien.

Taktiknya adalah melakukan setting halaman On Page, kemudian melakukan blogging dan berburu backlink. Semua dilakukan dengan pola yang nyaris sama.

Hanya karena mudah dan mungkin ‘murah’, bukan berarti taktik ini selalu baik untuk dilakukan. Strategi ini mungkin bermanfaat untuk periode singkat. Website juga bisa melesat cepat jika tidak ada kompetisi yang berarti.

Apa yang Sebaiknya Dilakukan?

Alih- alih terjebak dalam strategi “berbasis tugas” rutin, cobalah fokus untuk memberi nilai kepada audiens situs Anda. Lakukan riset untuk mengetahui konten teratas pesaing Anda, dan bagaimana cara mereka dalam menyajikan konten tersebut.

Buat daftar semua strategi pesaing Anda dan cari peluang untuk mengurangi kesenjangan konten. Konten adalah esensi penting disini.

Riset berkelanjutan seperti ini dan produksi konten mungkin memakan banyak waktu, tapi akan memberi dampak yang signifikan.

Menyalahkan Algoritma untuk Penurunan Kinerja Website (Tanpa Bukti)

Penurunan performa website bisa terjadi secara tiba- tiba dan sering kali terpengaruh algoritma. Meski begitu, semua akan tergantung pada kualitas website itu sendiri.

Pembaruan algoritma ini sendiri adalah hal yang rutin dilakukan Google untuk meningkatkan kualitas hasil pencarian. Namun penurunan kinerja website itu sendiri bisa terjadi karena berbagai alasan.

Beberapa alasan umum untuk penurunan kinerja organik antara lain :

  • Adanya masalah teknis yang baru ditemukan di website
  • Pembaruan konten yang signifikan
  • Musiman
  • Perubahan kompetitor
  • Tindakan manual

Dengan adanya berbagai kemungkinan itu, penting untuk mengambil jalan keluar yang mudah dan tidak menyalahkan pembaruan algoritma Google.

Dengan adanya kemungkinan- kemungkinan ini, penting agar tidak mengambil kesimpulan untuk menyalahkan pembaruan algoritma tanpa bukti.

Disclaimer :

Artikel Menarik Lainnya :   Mengapa SEO Penting untuk Sebuah Bisnis?

Jika website Anda mengalami penurunan trafik secara tiba- tiba, jangan panik! Kadang sesuatu bisa terjadi begitu saja, dan trafik bisa normal dengan sendirinya.

Hindari membuat perubahan signifikan pada website tanpa arah yang jelas. Ini bisa menyebabkan lebih banyak masalah dan membuat kinerja organik website Anda terdampak.

Apa yang Sebaiknya Dilakukan?

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan saat trafik website menurun secara tiba- tiba. Beberapa diantaranya bisa Anda intip dari tips yang kami tulis sebelumnya : Trafik Website Menurun Tiba-Tiba? Kenali Penyebab & Cara Mengatasinya.

Ada juga beberapa tips cepat yang bisa Anda lakukan untuk menyelidiki apakah situs Anda benar- benar terdampak algoritma :

Pengaruh algoritma terhadap trafik website

Apakah Google Menemukan Masalah Teknis Baru?

Masalah teknis sering menjadi alasan paling umum mengapa kinerja situs menurun. Ini bisa terjadi saat admin situs tanpa sadar memperbarui berbagai bagian situs dan menciptakan masalah teknis yang signifikan.

Cobalah untuk menyelidiki masalah dengan melakukan daftar berikut ini :

  • Memeriksa laporan cakupan di Google Search Console.
  • Jalankan Screaming Frog atau Site Bulb Crawl untuk memeriksa perubahan struktural dan crawl traps.
  • Jalankan audit website otomatis dalam alat SEO yang Anda gunakan untuk mencari kesalahan tersembunyi.
  • Periksa robots.txt untuk melihat arahan larangan baru.
  • Jalankan pengambilan dan render untuk melihat bagaimana Google merender situs Anda.

Perubahan Konten Signifikan

Penyebab umum lainnya adalah fluktuasi peringkat yang signifikan. Untuk mengenali perubahan ini, Anda bisa melakukan pengecekan :

  • Periksa perubahan di Wayback Machine.
  • Pasang plugin log aktivitas untuk melacak perubahan situs Anda.
  • Lakukan pengecekan halaman mana di Google Analytics yang paling sukses dan analisis halaman tersebut.
  • Konten musiman.
  • Meski tidak semua jenis konten bersifat musiman, namun ada banyak situs yang terpengaruh dengan trend konten tertentu. Maka dari itu, Anda perlu melakukan pengecekan secara berkala.

Perubahan Kompetisi

Perubahan trafik juga bisa terjadi karena kompetitor meningkatkan strategi organik mereka. Biasanya ini akan ditunjukkan oleh penurunan stabil dalam kinerja organik.

Jika kemungkinan ini yang terjadi, maka langkah yang bisa Anda lakukan adalah monitoring pesaing organik Anda dan meningkatkan kualitas konten, terutama yang terdampak.

Tindakan Manual

Tindakan manual biasanya adalah tindakan yang tidak disengaja. Jarang terjadi, tapi masih ada kemungkinan.

Untuk mengetahui jika penurunan terjadi karena hal ini, Anda bisa melakukan pengecekan di Google Search Console.

Menyalin Salinan Halaman Lokasi

Saat Anda mempunyai website dengan banyak target lokasi, membuat konten unik untuk setiap lokasi mungkin bisa membosankan dan menghabiskan waktu.

Namun, cara termudah dengan menduplikasi halaman sudah pasti bukan cara yang disarankan. Jadi, meskipun sedikit merepotkan, Anda harus membuat salinan unik untuk masing- masing halaman lokasi.

Menggunakan Alat Audit Otomatis untuk Mendorong Strategi

Menggunakan alat otomatis bukan cara terbaik untuk mengarahkan strategi organik. Banyak profesional SEO yang bergantung pada satu alat audit SEO otomatis dan membiarkan itu memandu strategi SEO secara keseluruhan.

Menggunakan tool SEO memang sangat membantu proses kerja kita. Tapi jika mengandalkan keseluruhan pada tool otomatis saja dengan hasil yang predictable, ini akan membuat kita tidak proaktif dalam mengambil tindakan.

Poin ini sebenarnya yang dikhawatirkan.

Apa yang Sebaiknya Dilakukan?

Untuk tool, pilihlah menggunakan tool yang menampilkan data komprehensif dan bisa diandalkan. Tool premium mungkin memberikan hasil yang berbeda meski harus merogoh kocek lebih dalam.

Dengan bantuan tool, cobalah untuk melihat kendala situs secara holistik. Gunakan juga alat visualisasi untuk menganalisa struktur situs.

Selain itu, cari peluang dalam gap konten dan pastikan struktur teknis website Anda baik. Jika secara dasar situs website Anda sudah baik, mesin pencari akan membutuhkan waktu lebih singkat dalam menemukan dan merayapi situs web Anda.

Membeli Link

Membeli link bukan termasuk taktik SEO white hat, tapi lebih ke grey hat dimana Anda bisa membayar untuk mendapatkan sebuah backlink. Cara ini mungkin menjamin Anda untuk mendapatkan sejumlah backlink setiap bulannya. Namun, kualitas dan relevansinya hampir tidak pernah normal.

Apa yang Sebaiknya Dilakukan?

Link building yang dilakukan dengan benar bisa mempunyai efek bola salju. Saat Anda mendapatkan tautan dalam publikasi terkenal, ada kemungkinan penulis lain akan ikut menautkan konten Anda ke artikel mereka dengan sendirinya.

Ini memang bukan hal yang mudah dilakukan. Dan sebagai pendukung, Anda bisa berinvestasi di beberapa mitra Public Relation untuk membantu Anda mendapat highlight dalam publikasi.

Publikasi yang besar seperti teknik PR ini cenderung mempunyai tingkat pertumbuhan backlink yang lebih besar secara organik karena efek bola salju ini.

Tidak Bertanya pada Ahlinya

Anda mungkin mempunyai keraguan untuk bertanya kepada pakarnya atau teman sekedar untuk mendapat bantuan. Padahal jika menyangkut strategi atau masalah tertentu, Google mungkin tidak selalu memberikan jawaban yang tepat.

Meminta bantuan pada orang yang lebih ahli sangat dianjurkan. Karena dalam dunia digital dan blogging, proses belajar tidak pernah berhenti.

Semakin sering Anda memperbarui pengetahuan Anda, maka semakin banyak hal yang bisa Anda peroleh.

Kesimpulan

Banyak yang menyebut bahwa SEO adalah strategi yang rumit. Selain tidak instan, ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Seringkali kita dengan sadar menghindari teknik SEO black hat, tapi ternyata melakukan teknik white dengan tidak tepat, atau menyasar ke white hat.

Untuk bermain cantik dan aman, pastikan Anda menggunakan strategi SEO On Page dan SEO Off page yang dianjurkan. Hasilnya tidak akan instan, tapi akan menjadi investasi jangka panjang yang menguntungkan.

Selamat mencoba!

Tags:
Mas Panda

Berkecimpung di niche Blogging & Digital Marketing lebih dari 5 tahun. Pernah menjadi salah satu bagian dari Digital Marketing Agency terbesar di Jawa Tengah. Sedang dan terus belajar dalam Digital Marketing.

  • 1
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x