Type to search

Techno

Tips Pemakaian AC Agar Menghemat Biaya Listrik

Tips Pemakaian AC agar Hemat Listrik

Pemakaian mesin pendingin ruangan atau AC tentunya membutuhkan listrik yang lumayan mahal. Namun, tentu saja hal tersebut bisa kita siasati agar tidak mahal dengan pemakaian yang maksimal.

Yang menarik, ternyata banyak yang belum mengetahui trik ini. Sehingga masih banyak pemakai AC yang harus membayar listrik sangat mahal. Bagi para pengguna AC di rumah, Anda perlu mengetahui trik ini agar Anda bisa memaksimalkan performa AC namun tidak perlu membayar listrik dengan mahal.

Dengan begitu, Anda akan menyimpan banyak uang dan Anda bisa mengalokasikan sisa uang untuk keperluan lainnya.

Tips Pemakaian AC Agar Menghemat Biaya Listrik

Ada beberapa tips pemakaian AC agar menghemat listrik yang dapat Anda lakukan untuk menghemat biaya listrik akibat penggunaan AC. Anda bisa terapkan ini di rumah agar tagihan listrik tidak membengkak.

Tips ini sangat mudah dilakukan, karena ini hanya seperti pemakaian dasar saja. Simak tips pemakaian AC agar menghemat listrik berikut ini agar Anda mengetahui caranya.

1. Suhu Remote AC Diatur Agar 24 Derajat Celcius

Di musim panas Indonesia, pastinya banyak masyarakat yang menggunakan AC dengan suhu terkecil, yaitu 16 derajat celcius. Padahal, suhu minimal tersebut sangat membutuhkan listrik lebih besar. Sehingga biaya listrik jatuh lebih mahal.

Anda bisa mengaturnya 24 derajat celcius dengan mode fan saja sudah cukup untuk mendinginkan sebuah ruangan.

2. Jangan Pasang AC Saat Pintu Ruangan Terbuka

Jika Anda membuka pintu ruangan, pastinya AC terasa lebih panas, dan ini memungkinkan Anda untuk mengatur suhu menjadi 16 derajat. Maka dari itu, pastikan bahwa pintu ruangan tetap tertutup saat menyalakan AC.

Selain itu, pendingin juga akan lebih optimal dan efisien saat di ruangan tertutup rapat. Jika Anda melakukan hal ini, percaya lah tagihan listrik akan berkurang.

3. Gunakanlah AC Inverter

Anda bisa menggunakan AC inverter jika ingin mengurangi biaya listrik bulanan. Walaupun AC jenis ini biasanya lebih mahal harganya dibandingkan dengan AC jenis biasa.

Namun, AC inverter akan bekerja lebih efisien, karena kerja kompresor sangat sedikit saat malam hari. Sehingga AC inverter terbukti menurunkan biaya listrik bahkan hingga 30%.

4. Tidak Menyala dan Mematikan AC Dalam Waktu Berdekatan

Nyatanya, menyala dan mematikan AC dalam waktu berdekatan akan membuat biaya listrik membengkak. Karena biaya saat menyalakan kompresor terbilang yang mahal.

Jadi, ada baiknya jika kita tidak bolak balik menyala dan mematikan AC sesering mungkin. Maka, tagihan listrik akan jauh lebih menyusut.

5. Meminimalisir Penggunaan Mode Powerful

Banyak para pengguna AC yang menggunakan mode powerful ini demi mendapatkan udara dingin dengan sangat cepat. Namun kenyataannya, mode ini cukup membuat listrik mahal. Karena mode ini sangat membutuhkan listrik yang lebih besar.

Maka dari itu, Anda bisa sesekali menggunakan mode ini saat benar- benar butuh saja, bukan setiap hari, agar menyusutkan biaya listrik nantinya.

6. Menyesuaikan Ukuran PK AC dengan Ukuran Ruangan

Langkah ini ternyata sudah banyak diketahui oleh banyak orang. Banyak yang memilih ukuran PK AC yang sesuai dengan ukuran ruangan.

Anda bisa menggunakan merk AC terbaik dengan PK yang lebih besar untuk ruangan yang cukup luas, dan sebaliknya. Tentu saja ukuran PK akan mempengaruhi harga listrik.

Akhir Kata

Inilah beberapa tips pemakaian AC agar menghemat listrik yang bisa Anda terapkan. Walaupun ada beberapa tips yang terlihat sederhana, namun jika Anda mempraktekkannya semua, tagihan listrik akan lebih kecil.

Anda bisa membuktikannya sendiri. Dan jangan kaget jika listrik bulanan Anda menurun setelah menerapkan tips ini.

Tags:
Tirta Prana

Gamers for lyfe dan mantan karyawan yang sedang mencoba peruntungan di dunia bisnis dengan usaha distro baju. Wish me luck, gaiss! My life is my battlešŸ˜Ž

  • 1

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.