Type to search

Techno

6 Cara Mudah Mengetahui Apakah WhatsApp Diblokir Seseorang

Share
Cara mengetahui WhatsApp diblokir

Meski tidak bermaksud untuk berburuk sangka, ada beberapa alasan mengapa teman, kerabat, atau bahkan mantan untuk memblokir WhatsApp. Entah karena memang tidak ingin terhubung lagi atau merasa terganggu dengan pesan yang Anda kirimkan.

Tanpa menaruh curiga apa- apa, kamu merasa aneh saat tiba- tiba tidak bisa menghubunginya lewat WhatsApp. Apa yang terjadi? Mengapa kita diblokir? Kira- kira apa salah kita?

Curiga boleh saja, namun pastikan kamu sudah mengetahui lebih dulu apa saja tanda- tanda seseorang telah mem-blokir WhatsApp.

Mengapa WhatsApp Kita Diblokir

Seseorang tentu punya alasan tertentu saat mem-blokir seseorang di WhatsApp atau sosial media lainnya. Diantara yang lain, tentu WhatsApp sangat krusial karena bisa merupakan media komunikasi yang paling sering digunakan dibandingkan dengan instant messaging lainnya.

Di WhatsApp ini sendiri, fitur blocking kontak memang sengaja disediakan untuk pengguna agar mereka dapat mem-filter pesan atau pengguna yang mengganggu agar tidak bisa menghubungi lagi.

Kembali ke pertanyaan awal, mengapa WhatsApp kita diblokir? Well, sebenarnya ada beberapa alasan masuk akal yang mungkin bisa kita ingat.

Pertama, mungkin kita melakukan suatu hal yang mengganggu seseorang dan membuatnya marah sehingga menghindari kontak dengan kita lagi. Jika kemungkinan ini yang terjadi, cobalah untuk menyelesaikan permasalahan tersebut secara kekeluargaan saat bertemu secara langsung.

Jika belum punya kesempatan untuk bertemu langsung, cobalah untuk menghubunginya lewat platform media sosial atau instant messaging lainnya.

Alasan kedua, jika blokir – memblokir terjadi karena dia adalah mantanmu, mungkin saja dia sengaja mem-blokir karena ingin segera move on darimu. Bukan alasan yang dewasa memang, tapi cobalah untuk maklum jika ini mungkin yang terbaik dari kacamata si mantan.

Ketiga adalah faktor ketidaksengajaan. Bisa saja terjadi saat dia sedang overload dengan pekerjaannya dan kurang konsentrasi sehingga tanpa sadar memencet tombol block di kontakmu.

Alasan terakhir adalah faktor ketidaknyamanan dengan pesan yang kita kirimkan. Coba evaluasi diri lebih dulu, apakah kita sering membagikan berita hoax, ujaran kebencian, atau broadcast spam yang mengganggu? Jika iya, tentu alasannya sudah jelas.

Artikel Menarik Lainnya :   10 Aplikasi Android dan iOS Terbaik untuk Membuat Stories yang Menarik

Ciri- ciri Kontak WhatsApp Diblokir Orang Lain

Setelah mengetahui alasan mengapa seseorang memblokirmu, selanjutnya adalah kita perlu mengetahui apa saja tandanya saat kontak kita di-blok orang lain.

1. Setiap Chatting Selalu Centang Satu

Sudah rahasia umum, tanda dua centang di WhatsApp mengindikasikan status sebuah pesan apakah sudah terbaca atau belum. Namun jika pesan hanya centang satu saja, pesan ini berarti tidak sampai.

Nah, tidak sampai ini bisa terjadi karena dua kemungkinan. Yang pertama, pesan memang belum sampai karena sinyal tidak memungkinkan atau HP sedang non aktif. Yang kedua, bisa jadi kontakmu sudah ter-blokir oleh dia.

Untuk memastikan alasan yang pertama atau yang kedua, kamu bisa minta tolong teman lain untuk chat ke kontaknya juga. Jika sama- sama centang satu, bisa jadi memang kontaknya sedang tidak aktif.

Salah satu tanda WhatsApp diblokir2. Tidak Bisa Melihat Profil Kontak

Saat chatting dengan seseorang, foto milik teman chat biasanya akan muncul. Namun jika tiba- tiba fotonya hilang tak berbekas, besar kemungkinan kontakmu sudah terblokir olehnya.

Yang menjadi catatan, ada juga beberapa orang yang mengatur WhatsApp nya agar foto profil tidak muncul jika kontak tidak disimpan. 

3. Tidak Bisa Melihat Statusnya

Saat kontakmu diblokir, kamu tidak akan bisa mengetahui status “Last Seen” atau “Online” orang tersebut. Namun perlu diingat juga, “Last Seen” ini juga bisa tidak muncul saat pengguna menonaktifkan fitur itu di WhatsApp nya. Pengaturan ini bisa dilihat di menu Settings > Account > Privacy > Last Seen.

4. Tidak Bisa Ditelepon

Tanda selanjutnya adalah penolakan panggilan dari kontak yang memblokirmu. Cobalah untuk menelponnya dengan WhatsApp, dan bila panggilannya masuk, berarti kamu tidak diblokir. Sebaliknya, jika saat ditelepon panggilanmu ternyata tidak sampai, besar kemungkinan kamu sudah diblokir olehnya.

5. Undang ke Group Call

Cara lain yang bisa kamu gunakan adalah menggunakan fitur Group Call pada WhatsApp. Setelah mengundang beberapa teman, cobalah untuk menambahkan kontak yang kamu curigai telah memblokirmu. Jika memang dia memblokirmu, ia tidak akan bisa bergabung.

6. Tidak Pernah Melihat Story- nya

Yang terakhir, cara mengetahui apakah kamu diblokir seseorang adalah melalui story WhatsApp nya. Saat kontakmu diblokir, maka secara otomatis kamu tidak akan bisa melihat update status terbarunya karena namamu tidak akan muncul sebagai daftar kontak yang bisa melihat statusnya.

Jika dulu kamu terbiasa melihat story- nya dan belakangan menghilang tanpa sebab, kamu bisa curiga bahwa dia telah memblokir WhatsApp mu.

Kesimpulan

Kurang lebih itulah cara mengetahui nomor WhatsApp diblokir orang lain. Yang perlu dicatat, indikator ini tidak mutlak ya. Karena ada beberapa hal lain juga yang bisa mempengaruhi adanya salah satu atau beberapa hal yang mempengaruhi kemunculan tanda tersebut.

Artikel Menarik Lainnya :   Update Google Chrome Juli 2018 : Banyak Situs Web Akan Ditandai Tidak Aman
Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.