Home 9 Techno 9 Apa itu IMEI, Cara Daftar dan Cek IMEI di Ponsel

Apa itu IMEI, Cara Daftar dan Cek IMEI di Ponsel

oleh | Techno

Setiap ponsel yang kita gunakan mempunyai identitas unik yang terdiri dari nomor seri, nomer model dan IMEI. Namun tidak cukup hanya mempunyai identitas unik ini, penting juga untuk memastikan identitas tersebut terdaftar secara legal. Dengan begitu, pengguna dapat menggunakan perangkat mereka dengan aman dan nyaman.

Masalah IMEI sendiri sempat memicu kehebohan di 2023 silam. Pasalnya, saat itu ramai isu tentang ratusan ribu ponsel yang terdaftar secara ilegal. Dengan status ilegal, ponsel ini akan berstatus nonaktif dan berdampak pada hilangnya sinyal seluler.

Apa itu IMEI?

IMEI (International Mobile Equipment Identity) adalah nomor seri unik yang diberikan kepada setiap perangkat seluler seperti ponsel, tablet, atau perangkat seluler lainnya. Kode ini merupakan 15 digit angka unik yang berfungsi sebagai identifikasi resmi untuk setiap perangkat seluler di seluruh dunia.

Fungsi utama IMEI adalah memberikan identitas unik untuk setiap perangkat seluler. Kode ini diprogram secara permanen ke dalam perangkat saat produksi dan tidak dapat diubah atau dimodifikasi.

Selain itu, IMEI juga berguna dalam proses aktivasi perangkat baru, penggantian perangkat, dan berbagai layanan lainnya yang terkait dengan perangkat seluler.

Mengapa IMEI Harus Terdaftar?

Untuk pengguna ponsel di Indonesia, pendaftaran IMEI adalah hal yang wajib. Berikut adalah beberapa alasan mengapa IMEI harus terdaftar :

1. Identifikasi Perangkat

 IMEI memungkinkan operator jaringan, produsen, dan otoritas terkait untuk mengidentifikasi setiap perangkat seluler secara unik. Hal ini bisa membantu dalam mengelola jaringan, melacak perangkat yang hilang atau dicuri, dan mencegah penggunaan perangkat ilegal.

Melalui IMEI ini juga, pengguna bisa mengidentifikasi apakah perangkat yang mereka gunakan merupakan HP ori atau HP HDC (tiruan) yang juga tersedia di pasaran.

2. Alasan Keamanan  

IMEI berfungsi sebagai identitas unik setiap perangkat seluler. Melalui kode unik yang terdaftar ini, operator seluler dapat melacak perangkat yang dicuri atau hilang, serta memblokir perangkat tersebut agar tidak dapat digunakan kembali.

Dengan begitu, hal ini membantu mengurangi tingkat kejahatan seperti pencurian ponsel.

Baca Juga :  Daftar Lengkap SWIFT Code Bank di Indonesia dan Mengetahui Fungsinya

3. Keamanan Jaringan

Operator seluler menggunakan IMEI untuk memverifikasi apakah perangkat yang terhubung ke jaringan mereka adalah perangkat yang sah dan diizinkan. Dengan begitu, operator dapat menjaga keamanan jaringan dan mencegah penyalahgunaan atau aktivitas ilegal.

4. Regulasi Pemerintah

Pendaftaran IMEI sendiri merupakan kewajiban perangkat yang beredar di sebuah negara. Di Indonesia, regulasi ini tertuang dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 7 Tahun 2021. Permen ini mewajibkan setiap pengguna ponsel untuk mendaftarkan IMEI untuk mencegah peredaran perangkat ilegal dan penyalahgunaan perangkat seluler.

5. Manfaat Ekonomi

Melalui pendaftaran IMEI, pemerintah dapat mengawasi peredaran perangkat seluler di Indonesia. Hal ini membantu melindungi industri telekomunikasi dalam negeri dan mencegah masuknya perangkat ilegal yang dapat merugikan ekonomi nasional.

Risiko Tidak Mendaftarkan IMEI

Jika IMEI tidak terdaftar, pengguna perangkat akan menghadapi resiko pemblokiran perangkat dan jaringan seluler. Alhasil, pengguna tidak akan bisa melakukan panggilan seluler, mengirim pesan, atau mengakses internet. Selain itu, pengguna juga bisa terkena sanksi administratif sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Sebaliknya, perangkat yang terdaftar secara bukan hanya membantu menciptakan lingkungan telekomunikasi yang aman dan tertib, tetapi juga melindungi diri sendiri dari risiko penyalahgunaan perangkat seluler. Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan bahwa IMEI ponsel mu telah terdaftar dengan benar.

Cara Mendaftar IMEI di Indonesia

Cara mendaftar dan cek IMEI di Indonesia
  • Save

Setidaknya ada tiga cara yang bisa kita lakukan untuk mendaftar IMEI di Indonesia :

1. Melalui Operator Seluler

Pendaftaran IMEI bisa kamu lakukan dengan mudah lewat bantuan operator seluler. Pendaftaran melalui operator seluler ini biasanya ditujukan untuk Warga Negara Asing (WNA) yang berkunjung ke Indonesia selama kurang dari 90 hari.

Dalam prosesnya, pendaftaran ini biasanya tanpa pungutan biaya apapun.

Baca Juga :  Apa itu Cache? Kenali Cara Kerja, Manfaat & Cara Menghapus Cache

2. Bea Cukai

Pendaftaran IMEI melalui bea cukai berlaku untuk ponsel atau perangkat seluler yang penumpang bawa dari luar negeri (hand carry). Penumpang dapat melakukan pendaftaran dengan mengunjungi situs Bea Cukai dan melakukan pendaftaran Electronic Customs Declaration (e-CD) untuk barang impor.

Jangan lupa untuk siapkan paspor, boarding pass dan invoice untuk memudahkan proses pemeriksaan dan pendaftaran, ya!

3. Kemenperin

Jika kamu membeli ponsel yang dijual secara resmi di Indonesia, kamu bisa mendaftarkan IMEI melalui Kemenperin. Ponsel- ponsel yang berada di toko resmi umumnya sudah terdaftar secara legal di Kemenperin.

Dengan mendaftarkan IMEI, kamu bisa menggunakan ponsel secara legal di Indonesia dan terhindar dari risiko penyalahgunaan atau perangkat ilegal. Setelah pendaftaran berhasil, pastikan untuk menyimpan bukti pendaftaran IMEI dengan baik.

Cara Cek IMEI Terdaftar atau Tidak

Penasaran apakah IMEI ponselmu sudah terdaftar secara resmi atau tidak? Untuk memastikannya, kamu bisa mencoba beberapa metode berikut ini : 

1. Cek Melalui Situs Web Kemenperin

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyediakan layanan untuk mengecek status pendaftaran IMEI secara online. Kamu bisa mengikuti langkah- langkah berikut ini : 

  • Buka situs web Kemenperin.
  • Masukkan nomor IMEI ponsel Anda pada kolom yang tersedia
  • Klik “Cek IMEI”

Tunggu sampai sistem menampilkan status IMEI ponsel mu, apakah sudah terdaftar secara legal atau belum.

2. Cek Melalui Aplikasi Kemenperin

Selain melalui situs web, kamu juga bisa mengecek status IMEI menggunakan aplikasi resmi Kemenperin yang tersedia di Google Play Store dan App Store.

Berikut langkah- langkahnya :

  • Unduh dan instal aplikasi “Cek IMEI” dari Play Store/ App Store.
  • Buka aplikasi dan izinkan akses sesuai kebutuhan.
  • Aplikasi akan secara otomatis mendeteksi nomor IMEI ponsel milikmu.
  • Tunggu sampai hasil pengecekan akan tampil untuk melihat apakah IMEI sudah terdaftar atau belum.
Baca Juga :  Cara Mudah Daftar IMEI untuk Ponsel yang Dibeli dari Luar Negeri

3. Cek Melalui Kode USSD

Selain dua cara di atas, kamu juga bisa cek IMEI melalui kode USSD operator seluler. Cara ini relatif sangat mudah dan instan untuk mengecek keabsahan IMEI.

Berikut langkah- langkahnya : 

  • Buka menu panggilan (Dial) di perangkat mu.
  • Ketik *#06# dan tekan opsi ‘panggil’.
  • Dalam beberapa saat nomor IMEI pada ponsel akan tampil di layar ponsel.

Selanjutnya, kamu bisa mencocokkan nomor IMEI tersebut dengan kardus kemasan di ponsel untuk memastikan keabsahannya.

Dengan melakukan pengecekan ini, kamu bisa memastikan bahwa IMEI ponsel mu sudah terdaftar dan dapat digunakan dengan aman di Indonesia. Jika IMEI belum terdaftar, kamu perlu segera mendaftarkannya agar bisa menggunakannya secara legal dan terhindar dari resiko pemblokiran.

Kesimpulan

IMEI (International Mobile Equipment Identity) adalah nomor identifikasi unik yang dimiliki setiap perangkat seluler. Nomor ini penting untuk memastikan keamanan dan legalitas penggunaan ponsel. Mendaftarkan IMEI perangkat menjadi langkah penting agar kamu terhindar dari masalah penyalahgunaan dan tindak kejahatan seperti pencurian ponsel.

Di Indonesia sendiri, proses pendaftaran IMEI diatur oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Dengan mendaftarkan IMEI, kamu  membantu menjaga ekosistem telekomunikasi yang sehat dan aman. Selain itu, pendaftaran IMEI juga memastikan bahwa perangkat mu bisa menggunakan jaringan seluler Indonesia secara legal. Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait :

Favorit Pembaca :

Mengenal Modus Penipuan Segitiga, Ciri-Ciri dan Cara Terhindar

Modus penipuan segitiga menjadi salah satu jenis penipuan yang sedang marak belakangan ini. Dalam prosesnya, penipuan ini melibatkan  tiga pihak yang sering kali tidak saling mengenal dan menyebabkan kerugian yang signifikan bagi korban.Pernahkah kamu mendengar...

7 Cara Ampuh Membuka Situs yang Diblokir, Berhasil Terbukti!

Membuka situs yang diblokir memang cukup tricky karena kamu perlu menerapkan beberapa tips yang work sesuai kebutuhan. Sebuah situs web sendiri diblokir oleh pihak tertentu karena berbagai alasan. Sebagai contoh, pemerintah, institusi pendidikan, kantor, dan bahkan...

Status Star Seller Hilang/ Dicabut? Ketahui Penyebabnya Disini

Secara tiba- tiba logo status Star Seller hilang alias dicabut? Panik nggak? Panik nggak? Wajar sih kalau Anda tiba- tiba panik. Pasalnya, Star Seller adalah salah satu properti yang berkontribusi penting terhadap reputasi seller di Shopee.Dengan mempunyai label...

Cara Mudah Import Ribuan Kontak dari File Excel ke Android

Punya ratusan atau bahkan ribuan kontak customer yang tersimpan rapi dan ingin di-import ke ponsel Android untuk kebutuhan campaign marketing? Duhhh…. Pasti kebayang dong betapa ribetnya kalau harus input kontak satu per satu ke smartphone Anda?Sebenarnya ada beberapa...

Cara Mengaktifkan Kartu SIM Terblokir agar Bisa Dipakai Lagi

Mendadak bingung saat menyadari kartu SIM terblokir? Well, reaksi yang wajar terjadi sebenarnya. Namun di sisi lain, kamu bisa mencoba berbagai cara untuk mengaktifkan kembali kartu yang terblokir.Ada beberapa alasan mengapa sebuah kartu SIM sampai terblokir. Yang...

Cara Melihat Kata Sandi atau Password yang Tersimpan di Browser

Mengetahui cara melihat password miliki sendiri sangat penting dan kita butuhkan. Biasanya kita sering memanfaatkan fitur 'remember my password' untuk mempermudah proses login di situs yang sering kita kunjungi. Namun, penggunaan fitur ini mempunyai kelemahan.Salah...

Artikel Terbaru :

Tips Menghasilkan Uang dari TikTok Live Streaming dan Gift

Ada peluang besar untuk menghasilkan uang dari TikTok lewat live streaming dan hadiah virtual. Dua cara ini sayangnya dulu sempat menjadi kontroversi karena memancing netizen untuk melakukan hal di luar nalar demi uang dari TikTok.Namun tentu saja, hal ini sebenarnya...

Kelebihan dan Kekurangan Sistem COD Saat Belanja Online

Meski menjadi sangat populer, tak bisa dipungkiri bahwa ada kelebihan dan kekurangan COD dalam proses belanja online. Sampai saat ini, COD Cash on Delivery masih menjadi pro dan kontra. Di satu sisi sistem ini sangat memudahkan pembeli. Di sisi lain, bisa menjadi...

Perbedaan Fixed Mindset dan Growth Mindset, Mana yang Lebih Baik?

Dalam dunia psikologi, terdapat dua konsep penting yang mempengaruhi cara berpikir dan perilaku seseorang, yaitu fixed mindset dan growth mindset. Carol S. Dweck, seorang profesor psikologi dari Universitas Stanford, adalah sosok yang pertama kali memperkenalkan kedua...

Apa itu Tone of Voice, Contoh, Manfaat dan Cara Menentukannya

Di tengah kompetisi bisnis yang semakin ketat, kehadiran tone of voice (ToV) adalah pembeda untuk sebuah brand. Brand bukan lagi hanya tentang logo atau produk yang dijual, tapi juga tentang bagaimana berkomunikasi dengan audiens.Saat ini tone of voice merupakan...

Cara Menghilangkan Iklan di HP Samsung Tanpa Aplikasi Tambahan

Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan iklan di HP Samsung. Kehadiran iklan pada dasarnya memang sulit dihindari. Namun jika iklan terlalu banyak, tentu terasa menyebalkan dan menyebabkan distraksi dalam menggunakan ponsel.Kabar baiknya, ada...

0 Shares
Share via
Copy link
Powered by Social Snap