Type to search

Ecommerce

Cara Mudah Cetak Label Alamat Pengiriman di Shopee

Cetak label pengiriman di Shopee dengan J&T dan JNE

Memproses cetak label pengiriman di Shopee bisa kita lakukan dengan mudah di Seller Center. Dengan trik ini, proses transaksi akan menjadi lebih cepat dan efisien.

Untuk melakukan ini, Anda bisa memanfaatkan fitur cetak invoice atau print label pengiriman pesanan. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot- repot lagi meng-copy paste data alamat customer ke file tertentu dan mengatur ulang layout sebelum mencetak.

Dengan fitur bawaan dari marketplace itu, Anda hanya tinggal melakukan beberapa klik, dan label pengiriman Anda siap untuk ditempelkan ke paket pesanan customer.

Cara Print Label Pengiriman/ Resi di Shopee

Ada beberapa jasa ekspedisi dukungan yang tersedia di Shopee. J&T dan JNE adalah dua yang paling populer karena pengguna sering mendapatkan promo gratis ongkos kirim. Nah, di tutorial kali ini, Panda akan mengulas cara print alamat pengiriman di Shopee melalui dua ekspedisi ini.

Meski begitu, untuk ekspedisi lainnya, caranya kurang lebih hampir sama. Anda hanya perlu menyesuaikan langkah- langkahnya.

Artikel Menarik Lainnya :   5+ Cara Ampuh Jualan Laris Manis di Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak

1. Cetak Resi Pengiriman Shopee Menggunakan J&T

Jika pembeli Anda di Shopee sudah menentukan J&T sebagai ekspedisi yang dipilih untuk pesananan mereka, step by step yang harus Anda lakukan untuk print label pengiriman adalah sbb :

  1. Masuk ke akun Seller Anda di seller.shopee.co.id, kemudian masuk ke menu ‘Penjualan Saya’.
  2. Di pesanan yang siap proses kirim, pilih ‘Atur Pengiriman’. Selanjutnya, Anda akan masuk ke jendela baru untuk melihat detail pesanan dari pelanggan Anda. Klik ‘Atur Pengiriman’ sekali lagi.
  3. Shopee akan menampilkan pop-up konfirmasi cetak label pengiriman, pilih ‘Konfirmasi’ jika Anda sudah yakin akan mencetak alamat pengiriman.
  4. Setelah ‘Konfirmasi’, pesanan pelanggan Anda sudah mempunyai nomer resi. Resi ini bersifat siap cetak untuk ditempelkan di pesanan pelanggan.
  5. Pilih ‘Cetak Resi’, maka label pengiriman Anda akan siap untuk proses print.
Atur pengiriman Shopee dengan J&T

Contoh tampilan label pengiriman Shopee siap cetak adalah sebagai berikut :

Contoh label pengiriman Shopee siap cetak

2. Cetak Resi Pengiriman Shopee Menggunakan JNE

Selain dengan J&T, Anda juga bisa mencetak label pesanan JNE di Shopee. Dengan ekspedisi JNE, Anda bisa mencetak resi secara manual (resi diperoleh saat ke ekspedisi langsung) atau menggunakan JOB (JNE Online Booking).

JOB (JNE Online Booking) adalah layanan pemesanan tiket pengiriman JNE yang dilakukan secara online, dimana pelanggan dapat melakukan pembayaran ongkos kirim dan mengisi resi secara online di booking.jne.co.id. Dengan JOB, penjual akan lebih efisien karena tidak perlu input resi manual lagi.

Berikut ini adalah langkah- langkah yang harus Anda ikuti dalam mencetak label pengiriman Shopee dengan JOB :

  1. Masuk ke akun Seller Anda di seller.shopee.co.id, lalu masuk ke menu ‘Penjualan Saya’.
  2. Di pesanan yang ingin diproses kirim, pilih ‘Atur Pengiriman’.
  3. Pilih opsi “Saya menggunakan JOB (JNE Online Booking)“, maka Anda akan mendapatkan tampilan sebagai berikut :
    Cetak label pengiriman Shopee dengan JOB
  4. Lanjutkan dengan membuat kode JOB seperti berikut :
    Membuat kode JOB untuk cetak label pengiriman
  5. Setelah itu, Anda akan mendapatkan kode booking otomatis dari Shopee untuk cetak invoice JNE Reguler. Tampilannya kurang lebih seperti dibawah ini.
Cetak resi JOB JNE Online Booking

Cetak Invoice Resi Shopee untuk Pengiriman Massal

Selain melakukan cetak label pengiriman satu per satu, Anda juga bisa mencetak label alamat secara massal. Berikut ini adalah langkah- langkahnya :

  1. Masuk ke menu Seller Center, lalu masuk ke menu ‘Penjualan Saya’.
  2. Di bagian kanan atas, pencet tombol ‘Pengiriman Massal’.
  3. Selanjutnya, Anda akan masuk ke halaman baru dimana Anda bisa mencetak semua invoice pengiriman secara bersamaan.
  4. Centang mana saja yang akan dicetak secara massal atau centang semua pemesanan, lalu pilih opsi ‘Cetak Label Pengiriman’ di kotak sebelah kanan.
Cetak label pengiriman Shopee secara massal

Kesimpulan

Cukup mudah bukan mencetak label pengiriman Shopee?

Hanya dengan melakukan beberapa langkah, sesuai dengan ekspedisi pilihan, maka invoice pengiriman Shopee Anda akan siap cetak. Selain tentang label pengiriman, jangan lupa juga untuk selalu mengoptimalkan penjualan produk Anda di Shopee dengan berbagai cara.

Misalnya saja mengaktifkan menu COD Shopee atau melakukan berbagai optimasi lainnya untuk menjadi Star Seller Shopee. Semoga laris manis ya jualannya 🙂

Artikel Menarik Lainnya :   Tips Toko Online: Jenis Produk yang Dapat Dijual Secara Online
Tags:

You Might also Like

10 Comments

  1. Dika Okt 9, 2019

    Mas mau tanya apakah kalo jnt untuk cetak print resi nya kita harus menggunakan kertas sticker seperti yg dipakai jasa2 pengiriman atau kita tetap print pakai kertas biasa lalundi tempel manual seperti biasa ya mas? Terima kasih..

    Balas
    1. RK Okt 10, 2019

      Tempel manual aja boleh kok. Nanti akan ditempeli kertas stiker lagi dari J&T. Di Shopee juga sering begitu. Jadi kertas stiker nya memang dari J&T

      Balas
  2. Aidil Okt 23, 2019

    Cara download pdf label pengiriman shopee jnt di android bagaimana mas ?

    Balas
    1. RK Nov 4, 2019

      Hai, saat ini fitur cetak resi belum bisa lewat smartphone. Namun jika kamu nggak bisa cetak resi, bisa kasih catatan di label pengirimanmu kalau pesanan ini menggunakan resi otomatis dari Shopee. Pastikan saja kamu menuliskan nomer resi otomatis yang sesuai agar bisa dilacak oleh jasa kirim 🙂

      Balas
  3. Helya Des 27, 2019

    Permisi kak, kalo seri nomor di J&T ada masa berlakunya gak? Kebetulan saya mau kirim barang tapi ternyata saya baru sadar pas di jalan salah warna barang, akhirnya saya tunda pengiriman untuk besoknya

    Balas
    1. Redva Des 31, 2019

      Selama sistem Shopee belum tercancel masih aman kok nomer tracking J&T nya… Pastiin aja segera dikirim ya

      Balas
  4. eko suwanto Jan 7, 2020

    bagaimana cara cetaklabel pengiriman kurir jne dan jnt di satu kertas/ sekali print

    Balas
    1. Redva Jan 14, 2020

      Untuk saat ini label baru bisa dicetak untuk masing2 orderan, jadi jika ingin dicetak dalam satu kertas sekali print sepertinya belum bisa.

      Balas
      1. ekosuwanto Jan 14, 2020

        klo cara cetak resi di amplop atau kertas potongan juga tdk bisa/ susah. apakah ada saran. biar irit kertas 😀😀

        Balas
        1. Redva Jan 14, 2020

          Bisa, kok. Tinggal diatur saja agar hasil cetaknya bisa muat di kertas. Selain posisi kertas di printer yang disesuaikan, bisa juga hasil cetak diperkecil agar bisa muat di sisa kertas. Misalnya saat masuk ke menu printing (Ctrl+P), bisa klik ‘More Setting’ atau pengaturan lainnya untuk membuka tambahan pengaturan.

          Di bagian Scale, klik ‘custom’, kemudian atur ukuran hasil print agar sesuai dengan kertas. Misalnya scale ke 60 (Ini yang bisa Saya lakukan karena paket Saya kecil, jadi satu kertas bisa muat digunakan beberapa kali untuk hemat kertas).

          Balas

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.