[ADINSERTER AMP]

Type to search

Ecommerce

Cara Mudah Mengaktifkan Pembayaran COD di Shopee

Cara mengaktifkan fitur COD bayar di tempat Shopee

Fitur pembayaran COD di Shopee adalah salah satu trik untuk seller agar bisa mengoptimalkan penjualan tokonya. Dengan mengaktifkan fitur ini, penjual memberi solusi untuk calon pembeli yang tidak mempunyai rekening bank agar tetap bisa bertransaksi.

Meskipun COD sendiri mungkin terdengar sedikit konvensional untuk beberapa orang, kenyataannya sistem pembayaran ini masih
populer hingga saat ini. Itulah mengapa seller di Shopee perlu mempertimbankan untuk menawarkan layanan ini calon pelanggan.

Apa itu Fitur COD Shopee?

COD, Cash on Delivery

Toko yang mengaktifkan fitur COD akan mendapatkan label label ‘COD’ dengan tambahan teks ‘Bayar di Tempat’ di produk mereka. COD ini sendiri adalah kepanjangan dari Cash on Delivery. Yang berarti penjual memberi kesempatan untuk pembeli agar bisa membayar pesanan di tempat secara tunai.

Cara ini dirasa efektif untuk kelompok pembeli yang belum mempunyai rekening bank atau ini ingin bertransaksi secara cash karena khawatir barang tidak dikirimkan. Kelompok ini biasanya t
eridir dari pelajar dan mahasiswa.

Ada juga kelompok pembeli yang menggunakan metode pembayaran COD karena masih takut bertransaksi online atau khawatir barang tidak dikirim. Mungkin saja pembeli punya pengalaman kurang menyenangkan dalam berbelanja online, takut terjebak penipuan belanja online, atau melihat review negatif di lapak seller.

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan terkait dengan COD Shopee yang mungkin bisa menjawab rasa ingin tahu Anda.

Apa itu COD Shopee?

COD Shopee adalah metode pembayaran Cash on Delivery atau pembayaran di tempat setelah pesanan diterima oleh pembeli. Di Shopee, pembayaran COD bisa dilakukan dengan pilihan kurir J&T, Shopee Express dan JNE (Pengiriman dari luar negeri)

Berapa minimal belanja untuk bisa COD Shopee?

Untuk bisa menggunakan pembayaran COD, belanja minimal pembeli mulai dari Rp50.000 & sampai maksimal Rp3.000.000.

Berapa biaya penanganan untuk COD Shopee?

Untuk menggunakan metode pembayaran COD, pengguna dikenakan biaya penanganan sebesar 2% untuk Pembeli biasa dan 8% untuk Dropshipper per 20 Maret 2020.

Cara Menggunakan Pembayaran COD Shopee untuk Pembeli

Jika Anda adalah kelompok pembeli yang belum mempunyai rekening bank atau khawatir barang tidak dikirim, membeli dari toko dengan opsi pembayaran COD adalah pilihan terbaik. Anda bisa mulai berburu produk favorit Anda, lalu melakukan filtering untuk mendapatkan toko yang memungkinkan pembayaran secara COD bayar di tempat.

Berikut langkah- langkah melakukan pembelian COD bayar di tempat Shopee :

  1. Temukan produk yang Anda inginkan dengan mengetikkan nama produk di kolom pencarian aplikasi.
  2. Klik opsi COD untuk memfilter produk dengan metode pembayaran di tempat.
  3. Masukkan produk ke keranjang atau selesaikan belanjaan.
  4. Di bagian Opsi Pengiriman, pilih ekspedisi yang mendukung COD Bayar di Tempat (J&T Express).
  5. Di opsi Metode Pembayaran, pilih COD Bayar di Tempat.
  6. Selesai dan Anda tinggal menunggu barang belanjaan Anda sampai ke tempat tujuan dengan pembayaran secara cash di tempat.
Mencari produk dengan pembayaran COD
Cara belanja pembayaran COD di Shopee

Yang perlu pembeli perhatikan saat melakukan transaksi secara COD adalah sebagai berikut : 

  • Pembeli wajib melakukan pembayaran ke kurir sebelum menerima/ membuka paket.
  • Pembeli yang menolak membayar atau tidak berada di tempat saat kurir mengantar paket 2x dalam 60 hari akan mendapatkan penalti berupa pemblokiran dari sistem pembayaran COD Shopee.
  • Metode pembayaran COD ini dikenakan biaya penanganan sebesar 2% untuk pembeli reguler dan 8% untuk dropshipper (Peraturan berlaku mulai 20 Maret 2020).

Jadi, bisa dibilang Shopee juga memberikan proteksi terhadap penjual dalam sistem COD ini. Di satu sisi pembeli bisa bertransaksi dengan mudah sesuai metode pembayaran yang dipilih. Di sisi lain penjual juga akan terlindungi dari oknum pembeli yang berniat curang.

Cara Mengaktifkan Pembayaran di Tempat untuk Penjual

Seller bisa mengaktifkan sistem pembayaran Cash on Delivery ini melalui aplikasi mobile, maupun Seller Center di desktop.

Mengaktifkan Fitur COD lewat Aplikasi Shopee

Untuk mengaktifkan fitur Cash on Delivery atau bayar di tempat lewat aplikasi, berikut adalah langkah- langkahnya : 

  • Buka aplikasi Shopee Anda
  • Pilih tab Saya> Toko Saya
  • Di bagian Jasa Kirim Saya, centang ekspedisi J&T, lalu tap ikon (i) untuk membuka pilihan COD
  • Klik Aktifkan COD dengan merubah tombol ke warna hijau 
  • Simpan
Cara mengaktifkan pembayaran COD di Shopee

Mengaktifkan Fitur COD di Seller Center

Mengaktifkan fitur COD di Seller Center berarti langsung masuk ke website Shopee untuk Seller di https://seller.shopee.co.id/.

Berikut ini adalah langkah- langkahnya : 

  • Pilih Pengaturan Toko > Jasa Kirim Saya
  • Aktifkan J&T Ekspress, atau ekspedisi lain yang mendukung COD. Lanjutkan dengan mengaktifkan tab ‘Aktifkan COD
  • Simpan
Mengaktifkan COD bayar di tempat di Seller Center

Kunci dari aktivasi sistem pembayaran COD adalah di pengaturan ekspedisi saja sebenarnya. Dengan mengaktifkan menu COD di ekspedisi terpilih, maka sistem COD Anda telah aktif.

Cara Menonaktifkan Sistem COD Shopee

Kebalikannya dari tutorial di segmen sebelumnya, apakah ada cara untuk menonaktifkan sistem pembayaran COD Shopee? Tentu saja ada!

Untuk menonaktifkan sistem COD Shopee, Anda perlu melakukan hal yang sebaliknya. Yaitu melalui Seller Center dan melakukan langkah- langkah berikut ini :

  • Pilih Pengaturan Toko > Jasa Kirim Saya
  • Masuk ke pengaturan ekspedisi J&T Ekspress atau ekspedisi lain yang mendukung COD
  • Nonaktifkan tab COD
  • Simpan

Kelebihan dan Kekurangan Sistem COD Shopee

Sistem COD ini mempunyai dua sisi sebenarnya. Sisi positif yang menguntungkan pembeli karena memperlebar jangkauan konsumen. Namun sisi negatif yang merugikan pun tak bisa dihindari karena metode pembayaran ini sebenarnya cenderung konvensional dan beresiko.

Keuntungan Sistem COD Shopee

Fitur COD Bayar di Tempat Shopee ini memberikan keuntungan untuk dua pihak sekaligus, yaitu penjual dan pembeli. Dari sisi pembeli, ini akan membuat mereka merasa lebih aman saat bertransaksi sekaligus menjadi solusi untuk mereka yang tidak mempunyai rekening bank.

Dari sisi penjual, aktivasi fitur bayar di tempat akan meningkatkan kredibilitas dan penjualan. Pasalnya, toko lebih bisa mengcover semua jenis calon pelanggan. Mulai dari mereka yang sudah terbiasa untuk berbelanja online, sampai mereka yang masih ragu- ragu apakah barang benar- benar sampai atau apakah toko ini terpercaya.

Semakin banyak pembeli yang ditangani dan semakin banyak penjualan, ini akan meningkatkan peringkat Seller di pencarian produk di Shopee. Proses ini juga sekaligus mendukung penjual untuk berkesempatan menjadi Star Seller Shopee.

Ujung- ujungnya sudah pasti, omset toko akan semakin melesat dan berlipat ganda.

Kekurangan Sistem COD Shopee

Bohong jika sistem COD Shopee ini tidak mempunyai kekurangan. Salah satu kendala yang sering dihadapi seller saat mengaktifkan fitur COD adalah berhadapan dengan pembeli nakal.

Ya, pembeli nakal. Jenis pembeli ini dengan mudah telah melakukan checkout. Namun saat pesanan terkirim, ternyata yang bersangkutan tidak mempunyai uang untuk membayar pesanannya atau tiba- tiba ingin cancel karena faktor lain.

Apakah ini sering terjadi? Ya, cukup sering sebenarnya.

Karena ternyata masih banyak customer online yang tidak teredukasi dengan baik tentang tujuan fitur ini. Ujung- ujungnya, seller lah yang rugi karena barang tidak jadi laku, dan harus menanggung ongkir untuk retur pesanan.

Kesimpulan

COD Bayar di Tempat Shopee adalah fitur yang wajib dicoba oleh semua penjual di Shopee. Selain menguntungkan, nyaris tidak ada kerumitan dalam proses aktivasi nya.

Proses aktivasi COD s
angat mudah karena bisa setting langsung di aplikasi Shopee atau langsung di website Shopee (Seller Center). Jika ada beberapa fitur seperti di gambar di atas tidak muncul, Anda bisa menghubungi CS Shopee untuk meminta bantuan.

Anda bisa menghubungi CS Shopee, baik itu melalui email atau DM Twitter @ShopeeCare dengan pesan meminta pengajuan untuk metode pembayaran COD untuk Seller.

Anda perlu menginformasikan data sebagai berikut : 

  • Username akun Shopee :
  • Email aktif :
  • Alamat lengkap :

Selain itu, tambahkan juga screenshot yang menunjukkan kendala saat mengaktifkan fitur bayar di tempat ini ya.

Selamat mencoba!

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.