Type to search

SEO

6 Hal yang Harus Dihindari Profesional SEO di 2020

Strategi SEO 2020

Pada umumnya kita mengetahui bahwa strategi black hat dalam SEO harus dihindari apapun alasannya. Para webmaster sebaiknya memfokuskan diri mereka dengan strategi SEO white hat atau setidaknya teknik gray hat.

Namun, disadari atau tidak, sebenarnya ada beberapa strategi white hat SEO yang bisa merusak kinerja SEO jangka panjang. Alasannya sederhana, white hat dalam versi sederhana dianggap terlalu mudah diterapkan.

Saat strategi ini dianggap menunjukkan hasil yang baik, banyak dari webmaster yang sudah puas dan akhirnya mulai slow down dalam melakukan optimasi. Akhirnya, kinerja pencarian organik pun mengalami penurunan.

Hindari 6 Stretegi SEO ini di 2020

Idealnya, SEO white hat adalah optimasi yang harus dilakukan secara konsisten dan tidak berhenti karena kita sudah mencapai hasil yang kita harapkan. Karena di lapangan, kompetitor kita pun terus berupaya untuk mendapatkan hasil terbaik di SERP.

1. Strategi SEO by Template

Yang dimaksud strategi SEO by template adalah saat seseorang atau agensi menggunakan taktik yang persis sama untuk setiap klien. Bagi mereka yang mengelola beberapa bisnis secara bersama atau beberapa klien, ini dianggap sebagai cara yang efisien.

Setelah satu situs melakukan optimasi dasar untuk halaman mereka, maka mereka akan berlanjut ke strategi SEO lainnya, termasuk blogging dan link building. Strategi ini relatif mudah, namun bukan yang terbaik untuk dilakukan.

Jenis strategi ini mungkin bermanfaat untuk waktu yang singkat. Jika kompetisi minim, cara ini mungkin cukup ideal untuk mengalami peningkatan.

Apa yang sebaiknya untuk dilakukan?
Alih- alih terjebak dalam strategi berbasis rutinitas, cobalah untuk menemukan cara unik untuk memberikan nilai kepada audiens situs web Anda.

Lakukan riset kecil- kecilan untuk mengetahui konten peringkat teratas pesaing Anda, dan bagaimana Anda bisa mendekati strategi konten mereka. Buat daftar semua strategi pesaing Anda dan cari peluang untuk mengurangi kesenjangan konten.

Konten adalah bagian penting dalam sebuah situs web. Anda perlu mengambil peluang ini dan memastikan konten Anda dibuat untuk membuat pembaca Anda happy.

Jika situs web Anda adalah e-commerce atau toko online, maka konten Anda harus membantu audience untuk lebih dekat funnel pembelian.

Penelitian berkelanjutan dan produksi konten memang mungkin lebih memakan waktu, namun ini tentu lebih bermanfaat. Baik untuk audiens Anda maupun bisnis Anda. 

2. Menyalahkan Pembaruan Algoritma

Algoritma memang sering menjadi kambing hitam saat trafik mendadak terjun bebas. Menyalahkah pembaruan algoritma Google karena penurunan kinerja mendadak seringkali masuk akal, namun Anda harus mempunyai bukti.

Biar bagaimanapun, dipengaruhi atau tidak oleh algoritma,  penurunan kinerja website bisa terjadi karena berbagai alasan. Beberapa alasan umum yang sering terjadi dalam pencarian organik antara lain :

  • Masalah teknis yang baru ditemukan di situs web
  • Perubahan konten yang signifikan
  • Trend pencarian musiman
  • Perubahan kompetisi
  • Tindakan atau optimasi lain yang baru- baru ini dilakukan dan mempengaruhi kinerja situs

Intinya, ada banyak kemungkinan yang bisa terjadi. Penting untuk tidak mengambil jalan keluar yang mudah dan semata- mata menyalahkan pembaruan algoritma google.

Catatan Penting :

Artikel Menarik Lainnya :   Apa itu Keyword Stuffing? Mengapa Sangat Buruk untuk Website Anda?

Jika situs Anda tiba- tiba mengalami perubahan yang tiba- tiba dalam trafik, jangan panik. Hal seperti ini kerap terjadi dan peningkatan trafik dapat kembali dengan sendirinya.

Yang perlu Anda lakukan adalah melakukan analisa, evaluasi, dan membuat perubahan untuk memperbaiki kinerja situs web Anda.

Apa yang lebih baik untuk dilakukan?

Ada banyak beberapa panduan pemulihan SEO di luar sana yang bisa Anda jadikan rujukan untuk bangkit kembali dari penurunan kinerja organik yang terjadi tiba- tiba.

Pertama- pertama, Anda perlu menyelidiki lebih dulu apakah situs Anda benar- benar terkena dampak perubahan algoritma :

  • Apakah Google Menemukan Masalah Teknis Baru?
  • Masalah teknis adalah salah satu alasan umum mengapa kinerja situs mengalami penurunan. Biasanya webmaster baru menyadari adanya masalah teknis setelah masalah menjadi signifikan.

Untuk mencari tahu apakah masalah teknis benar- benar terjadi,cobalah beberapa hal berikut ini :

  • Periksa laporan jangkauan di Google Search Console
  • Jalankan Screaming Frog atau Sitebulb crawl untuk mengetahui perubahan struktural dan crawl traps
  • Jalankan audit otomatis dalam alat SEO pilihan Anda untuk mencari kesalahan tersembunyi
  • Periksa robots.txt untuk arahan larangan baru
  • Jalankan pengambilan dan render untuk melihat bagaimana Google merender situs Anda
  • Perubahan konten yang signifikan


Selain itu, jika situs Anda jarang memperbarui konten dan mengalami penurunan trafik secara organik, cobalah untuk menyelidiki apakah klien Anda atau admin situs lain melakukan perubahan yang tidak terduga.

Cek Perubahan yang Terjadi

Untuk menyelidiki perubahan situs, berikut ini adalah beberapa hal yang dapat Anda coba :

  • Periksa dengan alat pengecek perubahan seperti Wayback Machine.
  • Pasang plugin log aktivitas untuk melacak perubahan situs.
  • Selidiki halaman mana di Google Analytics yang paling sukses dan analisa halaman tersebut.

Cek trend pencarian.

Jarang sekali sebuah situs tidak terpengaruh oleh trend pencarian. Itulah mengapa biasanya jumlah trafik kerap mengalami fluktuasi dari waktu ke waktu.

Sebagai tolak ukur, Anda dapat membandingkan kinerja situs Anda dalam satu periode tertentu dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya. Jika Anda menemukan keanehan, cobalah mencari tahu sumber permasalahannya ada dimana.

Selanjutnya, Anda dapat memperkirakan strategi yang dapat Anda siapkan untuk mengantisipasi penurunan yang mungkin terjadi di masa mendatang berdasarkan hasil tren pencarian tersebut.

Perubahan Kompetisi

Beberapa perubahan lalu lintas bisa terjadi karena kompetitor Anda mungkin meningkatkan strategi organik mereka. Tolak ukurnya adalah penurunan yang stabil dalam kinerja organik.

Jika Anda berpikir bahwa kompetitor Anda mulai mencuri peringkat Anda dari Anda, sebaiknya Anda jangan panik. Saatnya berbenah dan fokus memperbaiki konten- konten yang hasil pencariannya menurun tajam.

3. Menyalin Salinan Halaman Kategori

Saat mengembangkan halaman kategori untuk sebuah situs web besar dengan banyak kategori, membuat salinan unik untuk setiap lokasi bisa membosankan dan menghabiskan waktu.

Anda mungkin berpikir untuk membuat salinan yang sama untuk setiap halaman tersebut, namun tentu saja ini tidak direkomendasikan.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, Anda harus berfokus untuk membuat setiap salinan menjadi unik untuk setiap halaman lokasi.

Hal yang sama berlaku untuk membuat halaman lokasi jika sebuah bisnis mempunyai banyak lokasi. Tujuannya adalah agar kinerja peringkat lokasi (SEO Lokal) menjadi lebih optimal.

4. Menggunakan Tool Audit Otomatis 

Mengandalkan alat otomatis mungkin bukan cara terbaik untuk mengarahkan strategi organik. Namun, untuk profesional SEO, tool audit otomatis tentu akan sangat membantu mereka dalam memberikan panduan strategi SEO global mereka.

Namun, kita tentu perlu menyadari kelemahan dari penggunaan tool otomatis ini. Salah satunya adalah alat pengukur SEO ini tidak “mengajukan pertanyaan.” Sedangkan kunci dari strategi SEO yang baik adalah dengan mengajukan beberapa pertanyaan seperti :

  • Siapa target audiens Saya dan informasi apa yang mereka butuhkan untuk mengambil tindakan?
  • Apa hambatan bagi Google untuk merayapi dan menafsirkan situs Saya?
  • Apakah struktur internal Saya memfasilitasi optimalisasi entitas?

 

Artikel Menarik Lainnya :   Mana yang Lebih Efektif untuk Mengembangkan Bisnis, Iklan atau SEO?

Apa hal yang Harus Dilakukan?

Salah satu opsi menarik yang layak dicoba adalah berinvestasi dengan alat seperti Screaming Frog atau Sitebulb, dan pelajari cara melihat secara holistik di sebuah situs. Alat visualisasi ini sangat penting untuk menganalisa struktur sebuah situs.

Selanjutnya, cobalah mencari peluang celah konten dan pastikan struktur teknis Anda baik. Saat dasar teknis Anda bersih, mesin pencari mungkin akan lebih mudah alam menemukan, dan me-render halaman situs web Anda.

5. Membeli Link

Artikel ini pada dasarnya berfokus pada taktik SEO white hat. Namun, kita juga mengenal teknik Grey Hat dimana Anda mungkin membayar sebuah perusahaan untuk tautan yang dijamin.

Teknik ini disebut sebagai cara terbaik untuk menjamin bahwa Anda akan mendapatkan jumlah backlink tertentu untuk klien Anda setiap bulan. Hanya saja, seringkali kualitas dan relevansi masih belum seperti yang diharapkan.

 

Artikel Menarik Lainnya :   5 Tips SEO Sederhana untuk Seorang Editor Konten

Apa yang Harus Dilakukan?

Link building bisa mempunyai efek seperti bola salju. Saat Anda mendapatkan tautan dari blog yang sudah populer, ada kemungkinan blog atau penulis lain akan menulis ulang konten tersebut dan menautkan kembali link Anda mereka secara sukarela.

Maka dari itu, webmaster disarankan untuk berinvestasi di beberapa mitra PR untuk mendapatkan benefit publikasi. Dampaknya adalah tingkat pertumbuhan backlink yang lebih signifikan secara organik dengan efek bola salju tadi.

6. Terlalu Takut Bertanya

Seringkali webmaster yang ragu- ragu tidak mengeksplor lebih jauh hal- hal yang menjadi pertanyaan mereka.

Anda bisa membuat list pertanyaan seputar optimasi atau improvement situs web Anda, kemudian menanyakan ke teman yang ahli atau di forum- forum. Tidak perlu khawatir jika mendapatkan respon kurang menyenangkan. Hal seperti ini memang kadang terjadi.

Dengan membuat daftar improvement yang perlu Anda lakukan dan berusaha mendapatkan jawabannya, maka Anda dan situs web Anda akan semakin berkembang dengan lebih baik.


Referensi : Search Engine Journal
Featured Image : Reach Above Media

Tags:
Tirta Prana

Gamers for lyfe dan mantan karyawan yang sedang mencoba peruntungan di dunia bisnis dengan usaha distro baju. Wish me luck, gaiss! My life is my battle😎

  • 1

You Might also Like

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x