Untuk pelaku bisnis di internet, foto atau gambar adalah salah satu materi penting yang digunakan untuk menciptakan konten menarik di internet. Dibandingkan harus memotret semua foto sendiri yang pastinya merepotkan, mendapatkan gambar gratis dari internet adalah solusi paling mudah dan cepat untuk memenuhi kebutuhan pekerjaan kita.

Sayangnya, tidak semua gambar yang ada di internet bisa kita gunakan sesuka hati. Ada banyak gambar di internet yang tidak bisa sembarangan kita gunakan, lantaran dilindungi dengan faktor lisensi hak cipta. Ada juga gambar berlisensi yang bisa kita gunakan, tapi syaratnya harus membayar lisensi terlebih dulu, alias tidak gratis.

Sayangnya, gambar berbayar ini tentu akan memberatkan keuangan kita. Terutama, jika kebutuhan foto ini memang kita perlukan secara kontinuitas, alias terus menerus. Misalnya saja untuk blogger yang membutuhkan foto untuk update konten blognya. Repot kan kalau sedikit- sedikit harus keluar uang?

Mungkinkah ada solusi masuk akal untuk memenuhi kebutuhan gambar ini? Ya, tentu saja!

Daftar Lengkap Situs Download Gambar Gratis di Internet

Kabar baiknya, masalah penggunaan foto ini bisa teratasi dengan cara mendownload gambar secara gratis dari berbagai situs penyedia foto gratis berkualitas tinggi. Di deretan situs tersebut, kita dapat mengunduh gambar kapan saja dan menggunakannya untuk konten website/blog, atau media sosial kita.

Berikut ini adalah rekomendasi situs web terbaik penyedia gambar bebas royalty (gratis), berkualitas tinggi :

Baca Juga :  PA DA dalam SEO & Cara Ampuh Meningkatkannya

1.Pixabay

Pixabay
  • Save

Pixabay menyediakan lebih dari sejuta stok foto, gambar vector, gambar ilustrasi, dan video yang bisa digunakan secara gratis. Dengan mengunduh foto dari website mereka, Anda tidak perlu memberikan atribusi atau kredit kepada pemilik foto.

Ngomong- ngomong, ini adalah situs penyedia gambar gratis yang menjadi langganan Panda.

2. Pexels.com

Pexels.com
  • Save

Semua gambar di Pexels mempunyai lisensi Creative Commons Zero (CC0). Yang berarti, Anda boleh menggunakan setiap gambar tersebut secara gratis, baik itu untuk kebutuhan personal, atau bahkan komersil yang legal.

3. Unsplash.com

Unsplash.com
  • Save

Unsplash menyediakan ratusan ribu gambar gratis dan berkualitas, siap unduh. Dengan begitu, Anda tidak perlu mencantumkan kredit atau meminta ijin saat men-downloadnya. Wahhh, mantap sekali, bukan?

4. Stocksnap.io

Stocksnap.io
  • Save

StockSnap menyediakan ratusan ribu foto gratis beresolusi tinggi, dan bebas dari pembatasan hak cipta. Anda dapat menggunakannya secara gratis untuk kebutuhan komersil bisnis online Anda.

5. Freepik

Freepik.com
  • Save

Sampai saat ini, gambar- gambar gratis di Freepik telah diunduh lebih dari 1 miliar gambar. Jumlah fantastis ini tentu saja akan semakin bertambah dari waktu ke waktu.

Freepik juga menyediakan banyak gambar vector, PSD dan icons yang banyak digunakan oleh desainer grafis. Dengan banyak resource grafis gratisan ini, tidak heran jika Freepik adalah situs idola para freelancer.

6. PicJumbo

  • Save

Ingin berburu gambar- gambar minimalis yang keren dan manis? PicJumbo adalah salah satu referensi tempat download gambar gratis yang sangat Panda rekomendasikan.

Selain berburu gambar gratis, Anda juga bisa mengakses gambar- gambar premium dengan cara upgrade membership ke premium.

Baca Juga :  Baru Dirilis, Google Allo Dikecam Karena Dianggap Tidak Cukup Aman

7. Picography.co

Picography.co
  • Save

Jika Anda ingin mendapatkan gambar gratis hasil karya fotografer professional, maka Picography.co adalah situs yang Anda butuhkan. Meskipun gratis, gambar yang Anda peroleh berkualitas tinggi dan terlihat tajam.

Panda sangat merekomendasikan Anda untuk mengeksplor situs ini lebih jauh lagi.

8. Gratisography

Gratisography
  • Save

Gratisography menyediakan gambar gratis beresolusi tinggi bebas hak cipta, untuk proyek komersial Anda. Kualitas gambar yang dihasilkan dari situs ini pun terlihat cukup bagus. Tertarik untuk membuktikannya?

9. FreeImages.com

FreeImages.com
  • Save

Dengan tampilan homepage yang eyecatching, FreeImages menyediakan ratusan ribu gambar gratis siap unduh bebas hak cipta. Beberapa kategori populer di FreeImages antara lain arsitektur, seni, makanan, minuman, dan bisnis.

Selain dari kategori tersebut, gambar dari banyak kategori lain pun tak kalah menggodanya.

10. Magdeleine.co

Magdeleine.co
  • Save

Dengan tampilan website yang sederhana, Magdeleine menghadirkan ragam foto pilihan berkualitas yang bisa diunduh secara gratis. Situs ini sangat mudah digunakan, sehingga Anda bisa mengunduh gambar yang Anda butuhkan dengan cepat.

11. FreeDigitalPhotos.net

FreeDigitalPhotos.net
  • Save

Persis seperti judulnya, situs ini menawarkan penggunanya untuk bisa mengunduh foto bebas royalty secara gratis. Meski secara interface terlihat sederhana, namun resource gambar nya tetap bisa Anda andalkan.

12. Stokpic.com

Stokpic adalah situs yang menyediakan banyak gambar gratis yang menarik dan tajam, terutama yang berhubungan dengan lifestyle, alias gaya hidup. Situs ini menyediakan gambar gratis dan boleh digunakan sesuai kebutuhan, namun tidak boleh didistribusikan kembali.

Baca Juga :  Cara Mudah Membuat Video Youtube & Sosmed dengan Video Editor Gratisan

Selain 12 situs di atas, daftar situs lain yang menyediakan download gambar gratis untuk konten website/ blog antara lain :

13. Lifeofpix.com
14. Mmtstock.com
15. Foodiesfeed.com
16. Splitshire.com
17. Foodiefactor.com
18. Isorepublic.com
19. Startupstockphotos.com
20. Freerangestock.com
21. LittleVisuals.co
22. Jaymantri.com
23. Resplashed.com
24. Wefunction.com
25. Bucketlistly.com
26. Cupcake.nilssonlee.se
27. Wefunction.com
28. Dreamstine.com
29. Getrefe.com
30. Splitshire.com
31. Stock.tookapic.com
32. Bigfoto.com
33. RGBStock.com
34. AncestryImages.com
35. Im Free/ imcreator.com/free

Kesimpulan

Ternyata ada banyak sekali situs yang menyediakan download gambar gratis untuk blog, ya?

Dengan deretan situs penyedia gambar gratis ini, Anda bisa memperoleh referensi gambar yang bisa Anda gunakan secara bebas untuk kebutuhan non komersial.

Atau Anda membutuhkan lebih dari sekedar gambar gratis?

Jangan khawatir, sebagian dari situs di atas juga menawarkan gambar premium, alias berbayar, yang bisa Anda manfaatkan. Gambar premium biasanya mempunyai kualitas gambar yang lebih unik dan berkonsep. Dengan begitu, bisa membantu Anda untuk kebutuhan gambar yang lebih besar.

Selamat berburu gambar gratis untuk situs web Anda. Jika Anda mempunyai referensi lain, boleh informasikan ke Panda juga ya 🙂

Semoga bermanfaat!

1 Share
Share via
Copy link
Powered by Social Snap