Type to search

SEO

Cara Membuat Meta Description yang Efektif dan Optimal untuk SEO

Membuat meta description yang optimal untuk SEO

Meta Description atau deskripsi meta adalah poin wajib yang perlu kita optimalkan dalam menerbitkan sebuah artikel. Dalam SEO On Page sendiri, deskripsi meta punya tempat yang istimewa.

Karena manfaatnya yang besar, akan menjadi kerugian untuk melewatkan optimasi meta description ini. Salah satunya adalah trafik organik yang melimpah karena menjadi sasaran pembaca untuk diklik, saat tampil di hasil pencarian.

Panda percaya sudah banyak dari pembaca blog ini yang sangat familiar dengan meta description. Meski demikian, tidak semua dari kita memperhatikan praktek terbaik dalam mengemas deskripsi meta itu. Di artikel ini, kita akan mengulasnya sampai tuntas 🙂

Apa itu Meta Description?

Meta Description adalah cuplikan informasi yang memuat hingga 155 karakter sebagai rangkuman konten halaman. Cuplikan ini adalah informasi yang akan tampil dalam hasil pencarian saat frasa yang pengguna cari ada dalam deskripsi.

Karena cuplikan ini akan tampil di hasil pencarian, tentu sangat penting untuk mengoptimalkannya sebagai bagian dari SEO On Page. Dengan deskripsi meta yang optimal, website akan menghasilkan klik tayang yang baik dari mesin pencari.

Meta description ini sendiri merupakan sebuah tag html, yang dalam struktur website tampil sebagai berikut :

 <meta name = “description” content = “Deskripsi halaman, biasanya satu atau dua kalimat.” /> 

Mesin pencari menyebut tidak ada manfaat SEO langsung dari deskripsi meta. Maksudnya, mesin pencari tidak menggunakannya secara langsung dalam algoritma peringkat.

Namun, Google menggunakan rasio klik-tayang (RKT) sebagai salah satu cara untuk menentukan apakah sebuah halaman dinilai berkualitas dan relevan. Jika banyak orang mengklik hasil pencarian Anda, Google akan menilainya sebagai hasil yang baik dan berpotensi meningkatkan peringkat halaman.

Itulah mengapa penting untuk mengoptimalkan deskripsi meta sama halnya mengoptimalkan
judul artikel.

Membuat Meta Description yang Optimal dan Efektif

Ada beberapa trik yang bisa kita optimalkan untuk membuat deskripsi meta yang efektif. Berikut ini adalah tips yang dapat Anda terapkan, yang Panda himpun dari beberapa pakar SEO terpercaya :

1. Jaga Jumlah Teks Maksimal 155 Karakter

Para pakar SEO menyebut tidak ada panjang yang tepat untuk muatan deskripsi meta. Semua ini bergantung pada pesan yang ingin Anda sampaikan.

Meski begitu, jika Anda melakukan pengecekan hasil penelusuran di Google, Anda akan melihat cuplikan meta ini tampil sebanyak 120 hingga 156 karakter. Sembari menyampaikan pesan yang ingin Anda highlight dari artikel, cobalah untuk memanfaatkan ruang seefektif mungkin.

Meski plugin SEO membantu mengoptimalkan deskripsi meta, sebenarnya mereka tidak bisa sepenuhnya mengontrol apa yang Google tampilkan di hasil pencarian. Kadang Google memutuskan untuk menampilkan deskripsi meta secara full, tapi ada kalanya menampilkan sebagian saja.

Simak contoh hasil cuplikan dari penelusuran berikut ini :

Meta description di hasil penelusuran mesin pencari

Yang Panda rekomendasikan adalah mengemas deskripsi meta untuk tetap ringkas. Dengan begitu, Google akan menampilkan deskripsi meta yang Anda tulis, tanpa dipersingkat.

2. Manfaatkan Focus Keyword

Jika Anda menggunakan plugin Yoast SEO, ada yang namanya focus keyword, yang mereferensikan kata kunci utama dari artikel. Nah, penting sekali untuk menggunakan focus keyword ini.

Saat kata kunci di deskripsi meta ini cocok dengan kueri pencarian, Google cenderung untuk menggunakannya dan meng- highlight dalam hasil pencarian. Google juga terkadang meng-highlight sinonim dari kueri pencarian pengguna dengan focus keyword di meta.

Misalnya saja dalam cuplikan pencarian untuk kueri tips interview. Dari hasil penelusuran, interview dan wawancara mendapatkan sorotan. Anda bisa menggunakan salah satunya atau memasukkan keduanya untuk membuat hasil pencarian lebih menonjol.

Meta description mengandung focus keyword atau sinonimnya

3. Gunakan kalimat aktif dan memancing rasa penasaran pengguna

Meta description bisa kita sebut sebagai undangan untuk membaca halaman kita. Maka dari itu, Anda perlu memikirkan dari sisi pengguna dan mendorong mereka untuk berkunjung.

Salah satunya adalah dengan menggunakan deskripsi yang tidak membosankan atau terlalu samar. Berikan
highlight tentang apa yang orang bisa temukan di halaman Anda.

Misalnya contoh deskripsi meta di bawah ini :

Deskripsi meta aktif dan membangkitkan rasa ingin tahu

Kalimat ini terdengar aktif, menyapa pengguna secara langsung, dan membangkitkan rasa penasaran pembaca. Dengan begitu, pengguna akan lebih terpancing untuk masuk ke halaman tersebut.

4. Tampilkan Spesifikasi, Jika Memungkinkan

Apakah Anda mengulas atau menjual produk yang berkaitan dengan teknis dan teknologi? Jika iya, spesifikasi teknik perlu tercantum dalam deskripsi meta.

Misalnya saja, Anda bisa menyertakan tipe, pabrikan, harga, dan sekilas fitur unggulan.

Contohnya di bawah ini :

Mencantumkan spesifikasi dalam meta deskripsi untuk produk teknis

Dengan menonjolkan fiturnya, ada pesan lain yang bisa menggambarkan halaman Anda. Yaitu penguasaan product knowledge yang baik dan kredibel dalam menjual produk tersebut.

5. Menyisipkan Call to Action

Jika halaman bertujuan untuk berjualan, Anda bisa coba menyisipkan call to action di meta description. Sederhananya, deskripsi meta ini adalah teks penjualan Anda.

Kueri pencarian adalah gerbang pembeli untuk mencari produk yang sesuai dan memilih penjual yang tepat. Dengan deskripsi yang aktif dan menarik serta tambahan call to action, pembeli akan tergerak untuk bertindak. 

Call to action dapat menguatkan meta description

6. Relevan dengan Konten Halaman

Ini penting dan wajib hukumnya. Google akan mengetahui dengan cepat apakah Anda menggunakan deskripsi meta untuk mengelabui pengunjung agar mengklik hasil pencarian Anda. Dan bahkan, Google akan memberi Anda penalti jika melakukannya.

Selain itu, deskripsi yang menyesatkan juga akan meningkatkan bounce rate situs. Dalam jangka panjang, ini hanya akan memperburuk kredibilitas website dan kepercayaan orang terhadap brand/ perusahaan.

7. Menciptakan Deskripsi Unik

Jika meta description Anda sama dengan halaman lain, ini bisa menciptakan masalah di hasil pencarian Anda. Bahkan sekalipun judul halaman berbeda, semua akan tampak sama karena deskripsinya sama.

Artinya, Anda harus menghindari asal copas atau duplikat deskripsi meta. Daripada copas, lebih baik membiarkannya kosong saja.

Dengan membiarkannya kosong, Google akan menampilkan cuplikan meta dari halaman yang berisi kata kunci yang digunakan dalam kueri. Atau praktik terbaiknya, biasakan menulis deskripsi meta unik untuk setiap halaman Anda.

Plugin SEO untuk Mengoptimalkan Deskripsi Meta

Setelah mengetahui cara membuat meta deskripsi yang efektif, langkah selanjutnya adalah memastikan Anda memanfaatkan plugin SEO untuk semakin mengoptimalkannya.

Ada beberapa plugin SEO yang cukup populer, misalnya Yoast SEO atau All in One SEO Pack. Keduanya mempunyai cara kerja yang mirip untuk mengoptimalkan SEO On Page website.

Screenshot gambar yang Panda hasilkan disini adalah screenshot dari Yoast SEO yaa.. Jika Anda pengguna All in One SEO Pack atau plugin SEO lain, tampilan bisa jadi berbeda.

A. Indikator Warna Hijau

Kotak deskripsi meta adalah kota dimana kita menulis cuplikan artikel yang akan tampil di hasil penelusuran. Kemudian garis hijau adalah indikator bahwa panjang artikel sudah ideal. Jika warnanya masih orange, panjang cuplikan dianggap belum maksimal.

Selain mengukur panjang teks cuplikan di meta, plugin SEO juga dapat mengukur kualitas deskripsi meta dari pengoptimalan frasa kata kunci. Seperti yang Panda bahas dalam point 2 di atas, penting untuk memasukkan focus keyword.

Membuat cuplikan deskripsi meta di Yoast

Dengan memasukkan kata kunci utama, Google akan memberikan sorotan di meta description Anda. Ini akan menarik perhatian pengguna untuk menyadarkan mereka bahwa mereka sudah menemukan apa yang mereka cari.

Dengan indikator berwarna hijau di ‘Frasa kata kunci dalam meta’, artinya Anda sudah mengoptimalkan deskripsi Anda dengan kata kunci dengan porsi yang tepat. Bukan tanpa kata kunci, atau tidak menggunakannya secara berlebihan.

Analisa focus keyword di deskripsi meta

B. Menulis Deskripsi Meta yang Ringkas

Meta Description adalah gerbang untuk meyakinkan pengguna bahwa halaman Anda menawarkan hasil terbaik untuk kueri pencarian mereka. Untuk bisa meyakinkan mereka, Anda harus tahu apa yang orang cari.

Misalnya saja dari dua poin berikut :

  • Apa maksud pencarian pengguna?
  • Apakah pengguna mencari jawaban untuk sebuah pertanyaan? Jika iya, cobalah memberikan jawaban yang paling lengkap.
  • Apakah mereka mencari sebuah produk? Jika iya, buat produk Anda menonjol dan kemas deskripsi Anda menjadi meyakinkan.

Setelah memahami hal- hal tersebut, cobalah untuk mulai masuk ke kotak deskripsi meta dan mengetik cuplikan Anda. Pastikan indikator sampai menjadi hijau, yang artinya informasi Anda sudah cukup. Jika Anda menambahkan terlalu banyak teks lagi, indikator akan berubah oranye lagi.

C. Meta Description untuk Banyak Halaman

Apakah Anda berpikir untuk memperbaiki semua halaman deskripsi meta setelah membaca artikel ini? Namun, kemudian Anda merasa ini PR yang berat karena situs Anda adalah toko online dengan banyak halaman single product?

Untuk website dengan banyak sekali halaman, terutama ecommerce, sehingga Anda tidak yakin untuk memperbaikinya satu per satu, Anda bisa coba tips ini. Yaitu, membuat deskripsi untuk URL penting. Misalnya saja beranda, halaman populer, atau halaman kategori.

Atau bisa juga, memeriksa mana halaman dengan peringkat tertinggi di Google Search Console. Kemudian mulai memperbaiki deskripsi meta untuk halaman prioritas Anda. Pastikan tidak membuat deskripsi duplikat untuk setiap halaman, ya!

D. Deskripsi Meta untuk Media Sosial

Selain deskripsi untuk kebutuhan SEO, deskripsi meta juga bisa dikemas untuk tujuan berbagi ke media sosial Facebook dan Twitter. Di plugin SEO, Anda bisa melihat bilah media sosial.

Deskripsi untuk media sosial ini bisa Anda samakan dengan meta description untuk mesin pencari, atau membuatnya berbeda. Biasanya, untuk deskripsi media sosial, publisher lebih menonjolkan penggunaan kalimat untuk memancing rasa ingin tahu pembaca.

Membuat meta deskripsi untuk media sosial

Kesimpulan

Setiap pemilik website ingin agar situsnya menghasilkan traffic yang melimpah. Untuk mencapai tujuan ini, ada banyak strategi yang dilakukan. Salah satunya adalah optimasi SEO On Page.

Penulisan meta description yang tepat dan efektif adalah salah satu faktor penting dalam SEO On Page. Pasalnya, deskripsi meta adalah gerbang utama bersamaan dengan judul, yang menarik pengguna untuk berkunjung ke website.

Tanpa deskripsi yang optimal, pengguna hanya akan melewatkan hasil pencarian. Itulah mengapa deskripsi meta sangat penting.

Sebagai penutup, berikut ini adalah beberapa resume dari Panda untuk artikel ini :

Apa itu meta description?
Artikel Menarik Lainnya :   5 Cara Efektif Mengoptimasi SEO pada Artikel di Blog

Meta description atau deskripsi meta adalah cuplikan informasi yang memuat hingga 155 karakter sebagai rangkuman konten halaman.

Bagaimana cara membuat meta description yang tepat dan efektif?

Setidaknya ada 7 poin untuk menciptakan meta description yang efektif dalam menghasilkan banyak trafik organik. Pertama adalah memuat karakter yang cukup dan tidak berlebihan, menggunakan focus keyword, serta menggunakan kalimat aktif dan memancing rasa ingin tahu pembaca. Simak ulasan lebih lengkapnya di artikel Panda ini.

Mengapa penting mempunyai meta description yang baik?

Deskripsi meta yang baik adalah pintu gerbang datangnya pengguna ke situs web kita. Jika Anda ingin menghasilkan trafik yang banyak untuk website, penting untuk mengoptimalkan meta description.

Artikel Menarik Lainnya :   Ingin Membuat Website yang Memiliki Relevansi Tinggi dengan Topik? Begini Caranya..
Tags:
Redva

I'm a Digital Marketing enthusiast. Bekerja di salah satu digital marketing terbesar di Jawa Tengah sebagai Digital Strategist dan telah menulis untuk blog dengan niche teknologi & digital marketing lebih dari 4 tahun.

  • 1
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x