Home 9 Copywriting 9 Jenis- jenis Copywriting Efektif dan Populer yang Marketer Perlu Ketahui

Jenis- jenis Copywriting Efektif dan Populer yang Marketer Perlu Ketahui

oleh | Copywriting

Hari gini jualan online nggak pakai copywriting? Rasanya tentu seperti ada yang kurang. Apalagi kalau toko sebelah ternyata doyan bakar- bakar duit lewat iklan dengan copy ads yang dahsyat.

Sebelumnya tentu kita tahu kalau Copywriting adalah teknik ilmu menjual lewat kata- kata yang ampuh untuk menarik calon pembeli. Copywriting bisa diterapkan mulai dari headline, isi konten, hingga call to action.

Saat kita mampir di landing page sebuah produk dan terhipnotis dengan kata demi kata, saat itu lah kita membaca copywriting yang ciamik. Tanpa sadar, meski awalnya kita merasa nggak butuh, ehhh kok tertarik pengen beli ya?
Pernah ngalamin hal ini?

Itulah gambaran fungsi copywriting dalam bisnis. Mendorong kita tergerak untuk tergiur dan segera membeli sebuah produk. Dan ini terasa cukup smooth, seperti tidak ada paksaan atau hambatan yang berarti.

Jenis- jenis Copywriting

Setelah mengetahui gambaran tentang copywriting, tentu kita ingin menerapkan copywriting ini dalam bisnis kita. Tujuannya bisa ditebak : untuk mengoptimalkan bisnis kita.

Untuk menerapkan copywriting ke dalam bisnis, tentu kita perlu menyesuaikan dengan jenis bisnis kita. Maka dari itu, penting sekali untuk mengenal berbagai jenis copywriting efektif yang bisa kita terapkan :

Sales Copywriting (Copywriting Penjualan)

Sales copywriting berarti copywriting yang ditujukan untuk penjualan. Sales copywriting ini menyajikan informasi produk kepada calon konsumen dan mengarahkan mereka untuk segera melakukan pembelian.

Yang termasuk sales copywriting antara lain :

  • Teks dalam iklan
  • Headline produk dalam landing page
  • Deskripsi produk dan deskripsi kategori
  • Call to Action

Teknik yang digunakan dalam membuat sales copywriting antara lain :

  • Story Telling
  • Covert Selling
  • Hynotic Copywriting
  • Hardselling
  • NLP

Deretan teknis itu membutuhkan latihan terus menerus agar penulis bisa menghasilkan konten yang mengena di hati calon pembeli.

Copywriting penjualan harus dibuat se-persuasif mungkin agar pembaca bisa menelaah informasi dengan baik dan menginginkan produk tersebut. Buat pembaca memahami produk dan merasa membelinya akan menjawab kebutuhannya.

Sales copywriting ini membutuhkan keterampilan yang perlu diasah. Salah satu kemampuan yang harus dimiliki jenis copywriting ini adalah memasuki alam bawah sadar audiens, memahami apa yang menarik untuk mereka, dan menulis secara kreatif dan persuasif.

Untuk melakukan, penulis perlu melakukan riset terlebih dulu untuk setiap bagian, baik itu manfaat dan fitur produk, mengapa orang membutuhkan produk itu, hingga menciptakan headline yang menjual.

Baca Juga :  Cara Membuat Konten yang Mendorong Pembaca Segera Melakukan “Action”

Technical Copywriting (Copywriting Teknis)

Copywriting teknis kurang berorientasi pada penjualan. Namun lebih deep karena mengharuskan si penulis untuk mendalami suatu bidang industri tertentu, yang biasanya tidak familiar untuk semua orang.

Misalnya saja, penulis membuat konten untuk niche tambang yang mana penulis dituntut untuk mendalami tentang dunia pertambangan lebih dulu. Tanpa mendalaminya, tentu akan sulit karena jenis konten ini cukup spesifik dan tidak semua orang familiar.

Tidak heran, penulis copywriter teknis biasanya bukan seorang penulis profesional ahli. Biasanya mereka adalah kelompok yang dilatih untuk menulis karena mempunyai pengetahuan yang lebih dalam tentang topik tertentu.

Contoh penulisan Technical Copywriting :

  • Makalah atau buku yang bersifat teknis
  • Tulisan panduan untuk konten teknis
  • Konten teknis deskriptif lainnya

Sedangkan topik yang berkaitan dengan copywriting teknis ini mencakup berbagai bidang topik spesialis seperti sains dan lingkungan, kesehatan, pemasaran, keuangan, politik dan pemerintahan.

6 Keuntungan Menarik Menjadi Blogger di Era Digital
  • Save

Copywriting SEO

Sesuai namanya, orientasi dari copywriting yang satu ini adalah untuk memaksimalkan kata kunci dan istilah pencarian yang strategis agar konten website unggul di halaman pencarian Google atau mesin pencari lainnya.

Dalam lingkup SEO, copywriting bisa ditemukan dalam konten seperti :

  • Konten website
  • Deskripsi produk
Baca Juga :  8 Jurus Jitu Membuat Deskripsi Produk yang Efektif dan Menjual

Dalam copywriting SEO diperlukan pemikiran yang strategis. Artinya, Anda perlu memposisikan diri dengan pola pikir pelanggan. Jika Anda menjadi mereka, istilah pencarian apa yang Anda gunakan untuk menemukan produk yang mereka cari?

Dalam menulis konten SEO juga diperlukan kreativitas dan wawasan. Anda perlu rajin melakukan riset konten dan up to date dengan tren SEO.

Dan yang perlu dipastikan, menulis SEO bukan berarti Anda memasukan banyak kata kunci berulang- ulang dan tidak relevan. Percayalah, tidak ada yang mau membaca sepotong konten yang secara terang- terangan hanya diisi dengan kata kunci. Bahkan Google pun tidak 🙂

Content Copywriting

Copywriting konten adalah bagian yang sangat penting dari dunia internet hari ini. Konten ini tidak sebatas memberikan informasi, tapi juga menginspirasi dan melibatkan emosi pembaca.
Copywriting konten ini dapat Anda temukan di :

  • Artikel/ Posting blog
  • Media sosial

Jenis copy ini bisa merupakan gabungan dari beberapa jenis copywriting di atas karena Anda mempunyai tujuan yang beragam. Anda mungkin ingin menginformasikan produk, berjualan, mengoptimalkan SEO, dan yang lainnya.

Copywriting konten dapat berupa artikel “How to do” untuk panduan langkah demi langkah, tutorial, tips menarik, artikel, konten penelitian/ berita, infografis dan video. Kuncinya, konten dibuat semenarik mungkin dan mudah dicerna pembaca.

Copywriting Kreatif

Copywriting kreatif adalah upaya untuk menciptakan konten kreatif yang bisa memicu tindakan share atau viral. Untuk penulisannya, diperlukan penulis berbakat untuk mengolah kata- kata menjadi gagasan meyakinkan.

Jenis copy ini paling mudah ditemukan di iklan, baik itu iklan TV, media sosial, atau offline banner. Dalam menulis copy kreatif, Anda dituntut untuk memahami psikologi pembeli dan berpikir cepat untuk menghasilkan slogan- slogan dan pergantian frase yang kuat dan menarik.

Baca Juga :  Cara Menciptakan Konten Copywriting Storytelling yang Nendang dan Menjual

PR Copywriting

PR atau Public Relation mencakup segala sesuatu yang mewakili bisnis atau organisasi ke publik. PR ini bisa jadi berada di bawah departemen pemasaran atau komunikasi.

Konten yang dihasilkan copywriting PR ini meliputi :

  • Siaran pers
  • Pernyataan publik

Yang perlu ditekankan dalam PR adalah memberikan gambaran sebaik mungkin tentang perusahaan. Selain menyampaikan informasi, PR juga ditujukan untuk meningkatkan kesadaran produk atau layanan yang diharapkan menarik perhatian pers.

Ketahui Mana yang Terpenting

Copywriting ini banyak jenisnya, dan bisa Anda gunakan untuk berbagai tujuan. Anda mungkin bisa menggunakannya untuk :

  • Deskripsi produk
  • Iklan
  • Promosi di media sosial
  • Script video
  • Chat dengan calon pembeli
  • Dan masih banyak lagi

Bagaimana cara mengetahui copywriting mana yang paling kita butuhkan? Goal yang Anda miliki dan media distribusi yang Anda gunakan!

Untuk membuat copywriting yang baik, pertama- tama Anda perlu mengetahui lebih dulu goal yang Anda setting dan media yang Anda gunakan.

Misalnya saja, tujuan Anda adalah jualan dan menggunakan media blog. Anda mungkin membutuhkan sales copywriting yang memikat untuk memastikan konten Anda menarik perhatian calon pembeli. Dan jangan lupa, SEO perlu Anda sisipkan agar konten juga optimal di mesin pencari.

Jika tujuan Anda adalah jualan dan menggunakan media sosial, cobalah buat headline yang mengena dan visualisasi yang menarik untuk calon pembeli Anda. Terapkan juga copywriting yang ciamik di bagian caption.

Hal terpenting lainnya adalah melatih keterampilan menulis Anda. Copywriting adalah jenis ilmu yang membutuhkan banyak latihan dan trial-error untuk mengujinya. Cobalah untuk sering menulis deskripsi produk, variasi headline, atau bahkan story telling di media sosial Anda.

Artikel Terkait :

Favorit Pembaca :

Mengenal Modus Penipuan Segitiga, Ciri-Ciri dan Cara Terhindar

Modus penipuan segitiga menjadi salah satu jenis penipuan yang sedang marak belakangan ini. Dalam prosesnya, penipuan ini melibatkan  tiga pihak yang sering kali tidak saling mengenal dan menyebabkan kerugian yang signifikan bagi korban.Pernahkah kamu mendengar...

7 Cara Ampuh Membuka Situs yang Diblokir, Berhasil Terbukti!

Membuka situs yang diblokir memang cukup tricky karena kamu perlu menerapkan beberapa tips yang work sesuai kebutuhan. Sebuah situs web sendiri diblokir oleh pihak tertentu karena berbagai alasan. Sebagai contoh, pemerintah, institusi pendidikan, kantor, dan bahkan...

Status Star Seller Hilang/ Dicabut? Ketahui Penyebabnya Disini

Secara tiba- tiba logo status Star Seller hilang alias dicabut? Panik nggak? Panik nggak? Wajar sih kalau Anda tiba- tiba panik. Pasalnya, Star Seller adalah salah satu properti yang berkontribusi penting terhadap reputasi seller di Shopee.Dengan mempunyai label...

Cara Mudah Import Ribuan Kontak dari File Excel ke Android

Punya ratusan atau bahkan ribuan kontak customer yang tersimpan rapi dan ingin di-import ke ponsel Android untuk kebutuhan campaign marketing? Duhhh…. Pasti kebayang dong betapa ribetnya kalau harus input kontak satu per satu ke smartphone Anda?Sebenarnya ada beberapa...

Cara Mengaktifkan Kartu SIM Terblokir agar Bisa Dipakai Lagi

Mendadak bingung saat menyadari kartu SIM terblokir? Well, reaksi yang wajar terjadi sebenarnya. Namun di sisi lain, kamu bisa mencoba berbagai cara untuk mengaktifkan kembali kartu yang terblokir.Ada beberapa alasan mengapa sebuah kartu SIM sampai terblokir. Yang...

Cara Melihat Kata Sandi atau Password yang Tersimpan di Browser

Mengetahui cara melihat password miliki sendiri sangat penting dan kita butuhkan. Biasanya kita sering memanfaatkan fitur 'remember my password' untuk mempermudah proses login di situs yang sering kita kunjungi. Namun, penggunaan fitur ini mempunyai kelemahan.Salah...

Artikel Terbaru :

Tips Menghasilkan Uang dari TikTok Live Streaming dan Gift

Ada peluang besar untuk menghasilkan uang dari TikTok lewat live streaming dan hadiah virtual. Dua cara ini sayangnya dulu sempat menjadi kontroversi karena memancing netizen untuk melakukan hal di luar nalar demi uang dari TikTok.Namun tentu saja, hal ini sebenarnya...

Kelebihan dan Kekurangan Sistem COD Saat Belanja Online

Meski menjadi sangat populer, tak bisa dipungkiri bahwa ada kelebihan dan kekurangan COD dalam proses belanja online. Sampai saat ini, COD Cash on Delivery masih menjadi pro dan kontra. Di satu sisi sistem ini sangat memudahkan pembeli. Di sisi lain, bisa menjadi...

Perbedaan Fixed Mindset dan Growth Mindset, Mana yang Lebih Baik?

Dalam dunia psikologi, terdapat dua konsep penting yang mempengaruhi cara berpikir dan perilaku seseorang, yaitu fixed mindset dan growth mindset. Carol S. Dweck, seorang profesor psikologi dari Universitas Stanford, adalah sosok yang pertama kali memperkenalkan kedua...

Apa itu Tone of Voice, Contoh, Manfaat dan Cara Menentukannya

Di tengah kompetisi bisnis yang semakin ketat, kehadiran tone of voice (ToV) adalah pembeda untuk sebuah brand. Brand bukan lagi hanya tentang logo atau produk yang dijual, tapi juga tentang bagaimana berkomunikasi dengan audiens.Saat ini tone of voice merupakan...

Cara Menghilangkan Iklan di HP Samsung Tanpa Aplikasi Tambahan

Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan iklan di HP Samsung. Kehadiran iklan pada dasarnya memang sulit dihindari. Namun jika iklan terlalu banyak, tentu terasa menyebalkan dan menyebabkan distraksi dalam menggunakan ponsel.Kabar baiknya, ada...

0 Shares
Share via
Copy link
Powered by Social Snap