Type to search

Marketing

5 Strategi Digital Marketing yang Efektif Diterapkan di Indonesia

Share
Menerapkan strategi digital marketing untuk bisnis

Bisnis online bukan sekedar proses singkat memajang katalog produk di media sosial atau beberapa akun marketplace. Terlebih dengan persaingan sengit dari waktu ke waktu, penting sekali untuk para marketer menerapkan strategi digital marketing yang efektif untuk diterapkan di Indonesia.

Seberapa rumit? Kali ini kita akan menyortir strategi digital marketing yang relatif mudah dan bisa diterapkan oleh siapa saja.

Strategi Digital Marketing untuk Bisnis Online Indonesia

Digital marketing ini sendiri adalah sebuah strategi pemasaran yang dilakukan secara digital atau online. Digital marketing digunakan oleh banyak pelaku bisnis di seluruh dunia, mulai dari yang skalanya kecil, UKM, hingga besar.

Dengan tren teknologi terkini, rasanya mustahil untuk tidak menerapkan strategi digital marketing untuk sebuah bisnis. Bahkan saat Anda baru memulainya, bisa jadi kompetitor Anda sudah melakukan testing dengan beberapa strategi digital marketing yang dirancangnya. Siap untuk memulai?

Tidak perlu berlama- lama, berikut ini adalah beberapa strategi digital marketing yang efektif untuk diterapkan di pasar Indonesia :

Artikel Menarik Lainnya :   Trik Psikologi Marketing untuk Mengoptimalkan CTA & Penjualan Anda

1. Media Sosial dengan menerapkan SEO

Digital marketing tidak bisa dipisahkan dari SEO dan media sosial. Saat belum mempunyai situs web sendiri, pelaku bisnis online cenderung fokus di media sosial dan marketplace. Yang perlu diperhatikan, Anda juga perlu menerapkan SEO untuk konten media sosial Anda.

Membuat konten social media yang baik dan menarik
Lakukan posting konten secara konsisten, tingkatkan engagement, mainkan kata kunci dan hashtag yang sesuai untuk mendorong trafik dari mesin pencari.

Selain SEO untuk media sosial ini, Anda juga bisa menerapkan SEO secara terpisah untuk bisnis Anda. Anda mungkin bisa membuat landing page secara khusus atau membuat blog gratisan di Blogspot atau WordPress.

2. Optimasi Mobile

Perangkat mobile sangat vital di era digital seperti sekarang ini. Entah itu untuk sekedar browsing, berselancar di media sosial, atau bahkan Youtube-an, semua terasa menyenangkan dilakukan lewat perangkat mobile.

Artinya, Anda harus melihat ini sebagai peluang yang tidak boleh dilewatkan. Pastikan Anga melakukan pendekatan yang baik untuk para pengguna perangkat mobile ini. Saat Anda mempunyai website, situs web yang mobile friendly adalah harga mati. Tidak boleh tidak!

3. Content is King

Anda boleh saja bosan dengan istilah ini. Terutama jika Anda sudah mengikuti SEO dari waktu ke waktu. Namun kenyataannya, konten justru semakin penting di mata Google. Mengapa? Karena konten adalah intisari dari strategi digital marketing itu sendiri!

Berbeda dengan dulu, konten di era kini bukan sekedar tentang tulisan panjang dan pembahasan detail saja. Konten adalah informasi bermanfaat yang menambah wawasan dengan visualisasi menarik dan mudah dicerna oleh pembaca. Pastikan, Anda melengkapi konten Anda dengan story telling yang menggugah, gambar visual yang menarik, infografis (jika diperlukan), video, atau tambahan lain yang membuatnya semakin sempurna.

Jika Anda sudah mempunyai konten berkualitas tinggi, maka bisnis online adalah hal yang tidak begitu sulit ditaklukkan untuk Anda.

4. Channel Digital yang Tepat

Ada banyak channel digital yang bisa Anda gunakan untuk strategi digital marketing Anda. Mulai dari media sosial, YouTube, Linkedin, forum jual beli, atau marketplace. Terhubung dengan channel digital yang tepat akan membuat langkah awal bisnis Anda terasa semakin ringan dan mudah untuk berkembang.

Tool untuk Membuat Gambar Media Sosial
Anda bisa memilih satu atau lebih channel digital. Sebelum menjatuhkan pilihan, cobalah melakukan riset kecil- kecilan dengan membuat persona buyer Anda. Setelah membuat persona buyer, pikirkan dimana saja mereka akan berada dan di channel mana kira- kira mereka akan tertarik dengan produk yang Anda tawarkan.

Setelah menemukannya, mulai lah mempersiapkan konten. Kemas foto produk Anda dengan tampilan yang menarik dan eye catching. Buat caption sederhana dengan sisipan story telling yang menggugah.

Pada umumnya setiap channel digital mempunyai style caption copywriting yang berbeda. Ada yang panjang karena perlu meng-edukasi customer, ada yang pendek sesuai kebutuhan. Intinya, copywriting untuk caption itu tidak kaku. Testing beberapa jenis caption untuk memastikan Anda mendapatkan komposisi yang ideal.

Jika gambar saja tidak cukup, cobalah untuk membangun channel YouTube Anda. Anda bisa memulainya dengan peralatan sederhana yang biasa digunakan seorang Youtuber.

5. Real Time Marketing

Real Time Marketing adalah pemasaran digital dengan menggunakan pendekatan terhadap event yang terjadi saat itu. Tujuan dari strategi adalah memastikan Anda memanfaatkan momen yang terjadi dengan sangat baik dan merespon apa yang dibutuhkan oleh pelanggan seketika itu juga.

Di Indonesia misalnya, saat ada informasi terkini, berita, kejadian unik dan viral, maka akan ada beberapa brand yang merasa kejadian tersebut menarik untuk dijadikan bagian dari campaign digital mereka. Karena momen ini sedang berjalan, maka euforia pelanggan dalam merespon relatif sangat cepat dan baik.

 

Artikel Menarik Lainnya :   Pengertian Edgerank Facebook dan Tips Ampuh untuk Meningkatkannya

Itulah ulasan kami mengenai 5 strategi digital marketing yang efektif untuk diterapkan di Indonesia. Mudah- mudahan ulasan tersebut bermanfaat untuk Anda yang tengah membangun kerajaan bisnis digital.

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.