Type to search

Marketing

10+ Tips Sukses Menjalankan Bisnis Affiliate Marketing

Tips sukses bisnis afiliasi/ affiliate marketing

Bisnis affiliate marketing memang bukan mainan baru. Tergolong sebagai salah satu senior dalam cara mendapatkan uang dari internet, bisnis ini tidak pernah kehabisan peminat- peminat baru.

Apakah Anda termasuk pemain bisnis afiliasi ini sendiri? Atau ingin mencoba peruntungan dalam dunia affiliate marketing?

Apapun itu, di artikel ini Panda akan mengulas tips sukses dalam menjalankan bisnis afiliasi. Mari kita simak bersama.

Apa itu Affiliate Marketing?

Affiliate marketing adalah strategi pemasaran produk dan memperoleh penghasilan dengan cara berbagi, merekomendasikan atau mempromosikan produk atau jasa orang lain dengan menggunakan kode referral.

Saat penjualan terjadi menggunakan kode referral Anda, maka disaat itulah komisi akan menjadi milik Anda. Komisi yang ditetapkan dalam bisnis ini berbeda- beda, tergantung dari persentase dan regulasi yang pemilik produk dan jasa itu terapkan.

Bisnis afiliasi menarik karena tidak membutuhkan modal besar untuk memulai, seperti halnya dalam bisnis dropship dan reseller. Dan bahkan, bisnis ini bisa kita mulai tanpa modal. 

Cara Kerja Bisnis Afiliasi

Sekilas dari penjelasan Panda di atas, dapat kita pahami kalau affiliate marketing ini adalah cara memperoleh uang dengan promosikan produk dan jasa milik orang lain.

Cara kerja Affiliate Marketing

Secara sederhana, berikut adalah langkah- langkah untuk menjalankan bisnis afiliasi :

1. Mendaftar Program Afiliasi

Ada banyak program afiliasi yang bisa Anda ikuti. Tentunya, Anda perlu melakukan riset terlebih dulu untuk memutuskan mana yang sesuai dengan minat, potensi keuntungan dan juga kredibilitas penyedia produk dan jasa.

2. Promosikan Produk dan Jasa

Setelah melakukan riset dan mendaftar program afiliasi, lanjutkan dengan strategi promosi produk. Anda bisa mempromosikan melalui blog, media sosial, atau funnel sales lainnya. Pastikan selalu menyertakan kode referal Anda.

3. Orang Melakukan Pembelian dengan Kode Referral Anda

Afiliasi mulai bekerja saat orang- orang melakukan pembelian dengan kode referal Anda. Biasanya mereka akan memperoleh diskon tambahan saat menggunakan kode referal.

4. Mendapatkan Komisi

Saat transaksi dengan kode referal Anda berhasil divalidasi, Anda dapat melihat saldo komisi masuk ke dalam akun Anda. Menyenangkan bukan? 🙂

10+ Kiat Sukses Menjalankan Bisnis Affiliate Marketing

Meski terdengar mudah, menjalankan bisnis affiliate marketing juga sedikit tricky. Anda perlu melakukan riset mendalam untuk menemukan produk dan vendor yang tepat, promosi yang berkualitas dan konsistensi menjalankan strategi pemasaran.

Berikut adalah beberapa tips sukses affiliate marketing yang dapat Anda terapkan saat ini juga :

1. Lakukan Riset Terlebih Dulu

Sama seperti strategi bisnis pada umumnya, melakukan riset adalah bagian penting dan tak terpisahkan. Ada beberapa riset yang bisa Anda lakukan :

  • Menggali minat/ ketertarikan
  • Riset market dan produk untuk mengetahui peluang pemasaran
  • Riset vendor calon penyedia produk dan jasa

Dengan melakukan riset di atas, Anda akan lebih siap untuk melangkah ke step selanjutnya dan memulai pemasaran produk.

2. Pahami dan Percaya Diri dengan Produk yang akan Dijual

Karena sudah melalui riset, Anda seharusnya cukup yakin dan percaya diri dengan produk yang akan Anda jual. Kenali produk yang akan Anda rekomendasikan, kenali kelebihan, kekurangan, manfaat, dan mengapa orang membutuhkan produk tersebut.

Hal ini penting karena membangun kepercayaan pelanggan akan lebih mudah saat kita sudah mengenal produk yang akan kita jual secara mendalam. Anda juga lebih siap dan tidak kaget jika ternyata ada beberapa keluhan seputar produk.

Jika Anda tidak mengenal produk yang Anda jual, Anda mungkin tidak bisa memberikan hasil yang pelanggan harapkan. Jika ternyata kualitas produk buruk, tentu mempengaruhi reputasi brand yang Anda bangun.

Foto produk menarik

3. Pasarkan Seperti Produk Milik Sendiri

Orang- orang ingin tahu apa yang akan mereka peroleh dari suatu produk sebelum mereka membelinya sendiri. Itulah mengapa video unboxing di YouTube selalu menarik untuk ditonton.

Seperti cara ini, Anda bisa melakukan trik video unboxing untuk meyakinkan calon pembeli. Buatlah video unboxing tentang cara penggunaan, cara instalasi atau tips penggunaan lainnya.

Saat melakukan video take, tampilkan diri Anda layaknya orang yang mempunyai produk tersebut. Jelaskan bagaimana produk Anda akan membantu dan bermanfaat untuk mereka yang membelinya. Jika ada calon pelanggan yang bertanya, berikan jawaban sebaik- baiknya.

4. Buat Review Personal 

Anda memang bisa membuat review produk tanpa benar- benar menggunakannya. Namun, ini artinya konten ANda kan sama seperti konten- konten review yang banyak bertebaran di internet.

Berbeda saat Anda memberi sentuhan pengalaman pribadi dalam mempromosikan produk Anda. Dengan nilai personal, review akan terlihat lebih nyata dan memberi kesan bahwa produk sudah benar- benar terbukti khasiatnya.

5. Jangan Hanya Fokus pada Komisi Saja

Tak bisa dipungkiri, tujuan bergabung dalam bisnis affiliate marketing memang untuk cuan. Namun bukan berarti mengabaikan kebutuhan pembaca Anda.

Cobalah membangun value untuk calon pembeli Anda. Mereka mencari produk bukan sebatas untuk tahu informasi harga dan spesifikasi saja. Mereka ingin mendengar pengalaman orang- orang yang sudah menggunakan produk yang ingin mereka beli.

3. Kemasan Review yang Menarik

Banyak orang yang menggunakan bisnis affiliate marketing ini sebagai bisnis sampingan. Meski begitu, bisnis sampingan ini justru bisa memberikan hasil yang bikin takjub.

Agar hasilnya maksimal, tentu sebaiknya Anda tidak setengah- setengah. Kemas review yang Anda buat menjadi semenarik mungkin. Gunakan gambar produk berkualitas tinggi, tambahan infografis sederhana yang mendukung dan lain sebagainya.

Intinya, buatlah konten promosi sebaik mungkin, jangan setengah hati.

4. Membuat Landing Page Berkualitas

Website akan menjadi senjata mumpuni untuk mendongkrak bisnis afiliasi Anda. Buatlah landing page berkualitas untuk mengkonversi lead menjadi penjualan.

Selain menampung etalase produk, lengkapi website Anda dengan konten- konten informatif yang pengunjung butuhkan. Misalnya saja tips dan DIY seputar produk.

Konten- konten seperti ini akan menarik perhatian calon pelanggan, bahkan saat mereka sama sekali belum ingin melirik produk Anda.

5. Lakukan Optimasi SEO

Lakukan optimasi SEO On Page dan Off Page untuk membuat strategi pemasaran bisnis afiliasi Anda semakin optimal. Temukan keyword potensial yang berkaitan dengan produk Anda melalui riset keyword, lalu lakukan konten review dengan menyertakan poin- poin optimasi SEO.

Dengan begitu, review Anda dapat muncul di halaman pertama hasil pencarian. Pembaca menjadi lebih mudah untuk menemukan produk Anda.

Strategi SEO

6. Gunakan Tools dan Plugin yang Membantu

Ada beberapa tool dan plugin yang bisa Anda gunakan untuk membantu Anda menjadi affiliate profesional :

  • Pretty Link atau Thristy Affiliate : Gunanya untuk mengubah dan manajemen link afiliasi yang biasanya panjang dan terlihat mengganggu. Dengan tool tersebut, link menjadi lebih ringkas dan mudah untuk di-manajemen dalam satu laman dashboard. Selain itu, tracking link berapa kali di klik juga akan menjadi lebih mudah.
  • ScreenFlow, Adobe Premier, Camtasia : Aplikasi untuk merekam dan mengedit video yang kita buat. Anda juga bisa menggunakan referensi tool lain seperti yang pernah Panda ulas di artikel video editor terbaik tanpa watermark.
  • Geni.us : Tool tracking link untuk affiliate Amazon Associates Program. Dengan tool ini, para affiliate bisa dengan mudah memastikan informasi dan tracking pembelian.

7. Related Product & Content 

Jika Anda sudah membangun landing page, jangan lupa untuk menampilkan produk dan konten yang saling berkaitan.

Untuk blog, Anda bisa menulis artikel yang berkaitan dengan tips produk secara detail dan khusus. Sedangkan dalam hal produk, Anda bisa menampilkan produk terkait atau produk terlaris.

8. Berikan Diskon atau Bonus

Diskon atau bonus selalu menarik perhatian calon pelanggan. Jika Anda memperhatikan internet marketer yang berseliweran di media sosial, pasti Anda juga menyadari kalau mereka selalu memberi iming- iming bonus. Mulai dari potongan harga, tools gratis hingga video tutorial.

Pemberian bonus dan diskon ini dapat menaikkan value produk yang dipromosikan dari kompetitor affiliate lainnya. Secara psikologi, calon pelanggan yang melihat produk yang sama akan tertarik dengan produk yang menawarkan bonus dan diskon, daripada yang tanpa sama sekali.

9. Fokus pada Niche Tertentu

Anda memang dapat mengikuti banyak program afiliasi dalam waktu bersamaan. Namun, bukan berarti Anda perlu mendaftar semua nya. Itu akan membuat Anda mudah terdistraksi dan semua tidak terhandle secara maksimal.

Sebaliknya, pilihlah produk- produk afiliasi dari niche yang sama. Misalnya saat mengelola blog teknologi seperti Panda, akan lebih optimal saat mempromosikan produk afiliasi seperti hosting terbaik Indonesia.

10. Call to Action yang Nendang

Mendaftar bisnis affiliate marketing berarti Anda akan menggiring orang- orang agar membeli dari link referral Anda. Dengan link referal tersebut, perusahaan afiliasi dapat mengidentifikasi transaksi yang Anda promosikan.

Untuk mendorong orang- orang menggunakan kode referal Anda, jangan lupa untuk membuat Call to Action (CTA) yang nendang. Dengan CTA yang efektif, calon pembeli akan lebih mudah terpancing untuk segera melakukan keputusan pembelian.

Deretan call to action efektif dan nendang
Ilustrasi Gambar: alecanmarketing

11. Bangun Relasi dengan Pemilik Produk

Untuk menjadi besar, networking mempunyai peranan penting. Alih- alih hanya fokus pada menjualkan, Anda juga dapat membangun hubungan baik dengan pemilik produk.

Membangun hubungan baik akan mempermudah Anda saat membutuhkan masukan, atau saran untuk meningkatkan penjualan Anda. Bahkan, jika pemilik produk mempunyai nama besar dan Anda bisa mengajak mereka berkolaborasi untuk membuat video promosi, itu akan menjadi nilai plus untuk promosi Anda.

Kesimpulan

Affiliate marketing adalah salah satu cara untuk mendapatkan uang dari internet dengan modal sangat minim atau bahkan tanpa modal sama sekali. Siapa saja bisa menjadi seorang affiliate, selama mempunyai niat dan kemauan untuk mempelajari bisnis ini.

Selain itu, bisnis afiliasi juga bisa dijadikan sebagai bisnis sampingan yang tidak mengganggu pekerjaan utama kita.

Jika selama ini Anda sudah pernah mencoba beberapa model bisnis online di internet, kini saatnya untuk mempertimbangkan mencoba bisnis afiliasi ini. Tertarik untuk memulainya?

Artikel Menarik Lainnya :   Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Bergabung dengan Program Afiliasi
Tags:
Mas Panda

Berkecimpung di niche Blogging & Digital Marketing lebih dari 5 tahun. Pernah menjadi salah satu bagian dari Digital Marketing Agency terbesar di Jawa Tengah. Sedang dan terus belajar dalam Digital Marketing.

  • 1

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.