Di saat gaji bulanan semakin mepet di setiap akhir bulan, berburu ide usaha sampingan untuk karyawan bisa menjadi ide bagus untuk menambah penghasilan. Sobat Panda mungkin bisa memulainya dari bisnis kecil- kecilan yang tidak menyita waktu, hingga mengembangkan hobi dan bakat terpendam.

Meski mungkin terdengar melelahkan, tidak jarang setelah masuk ke dalamnya akan menjadi aktivitas baru yang seru. Karena bukan hanya menambah penghasilan, tapi sekaligus membuka jalan ke petualangan yang baru.

Tips Berburu Ide Usaha Sampingan untuk Karyawan

Tips Berburu Ide Usaha Sampingan untuk Karyawan
  • Save

Bukan sekedar mencari tanpa tujuan, baiknya kita sudah mempunyai pertimbangan- pertimbangan tertentu dalam memilih usaha sampingan sebagai karyawan. Idealnya, pilihan ini sobat Panda sesuaikan dengan minat, keahlian, dan tren pasar dapat membuka pintu menuju kesuksesan finansial.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam menentukan ide usaha sampingan untuk karyawan :

1. Pahami Minat dan Keahlian Anda

Sebelum mencari ide usaha sampingan, perlu untuk memahami minat dan keahlian pribadi. Ide yang berhubungan dengan passion cenderung lebih memotivasi dan memberikan kepuasan pribadi. Alhasil, usaha sampingan dengan pertimbangan ini biasanya akan berjalan lebih konsisten dan optimal.

2. Analisis Tren Pasar

Lakukan analisis tren pasar untuk mengidentifikasi peluang yang sedang berkembang. Tren pasar yang sedang naik dapat memberikan peluang usaha sampingan yang potensial. Gunakan alat analisis online atau konsultasikan dengan mereka yang sudah ahli untuk mendapatkan wawasan yang lebih mendalam.

3. Ketahui Kebutuhan Pasar

Penting sekali untuk mengenali target pasar dan apa saja kebutuhan mereka. Selanjutnya, Anda bisa mencari celah atau kekosongan yang dapat Anda isi dengan usaha sampingan tersebut. Produk atau layanan yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan potensial memiliki peluang kesuksesan yang lebih tinggi.

4. Eksplorasi Ide Berbasis Hobi

Apakah Anda getol pada hobi tertentu? Jika iya, pertimbangkan untuk mengubahnya menjadi usaha sampingan. Misalnya, jika senang memasak, ide bisnis katering atau pembuatan makanan unik bisa menjadi pilihan menarik.

5. Berpartisipasi dalam Komunitas dan Event Industri

Tips selanjut nya untuk menemukan ide usaha sampingan yang tepat adalah dengan berpartisipasi di komunitas dan event industri. Dari dua ini, biasanya kita akan bertemu dengan orang- orang yang berpengalaman dalam sebuah industri. Selain mendapat wawasan berharga, kita bisa mendapatkan inspirasi untuk memulai bisnis kita sendiri.

6. Konsultasi dengan Ahli atau Mentor Bisnis

Punya teman yang sudah lebih dulu nyebur di bidang bisnis? Atau mau konsultasi langsung dengan mereka yang sudah menjadi mentor bisnis? Anda bisa menentukannya sesuai dengan preferensi pribadi.

Yang pasti, mengambil nasihat dari ahli atau mentor bisnis yang berpengalaman bisa memberi kita persepktif berharga. Kita bisa menjadi lebih terarah dan mengatur flow memulai usaha sampingan dengan lebih optimal sekaligus berhati- hati.

Baca Juga :  Peluang Bisnis yang Berpotensi Untung Besar di 2016

25 Ide Usaha Sampingan yang Cocok untuk Karyawan

Sebagai seorang karyawan, mencari peluang usaha sampingan bisa menjadi langkah cerdas untuk mengoptimalkan waktu dan menambah penghasilan. Selain menerapkan tips di atas, sobat Panda juga bisa mengintip berbagai ide usaha sampingan yang cocok untuk karyawan berikut ini :

1. Menjadi Freelancer Sesuai Bidang Keahlian

Pengertian freelancer dan cara menjadi freelancer
  • Save

Jika sobat Panda mempunyai keahlian khusus, akan menjadi ide bagus untuk mengoptimalkan keahlian dengan menjadi freelancer. Misalnya saja freelancer desain grafis, penulis online, translator atau jasa pembuatan website.

Kabar baiknya lagi, platform freelancer itu cukup bejibun. Ada banyak platform yang bisa membantu Anda untuk bertemu dengan klien. Semakin banyak klien yang dihandle dan semakin bagus performa rating, peluang untuk mendapat klien lanjutan akan semakin besar.

2. Bisnis Konsultasi

Untuk Anda yang berprofesi sebagai pengajar atau punya pengetahuan di bidang tertentu, membuka jasa konsultan atau pelatihan juga menjadi usaha sampingan yang menjanjikan. Usaha ini tentunya perlu berkaitan dengan bidang pekerjaan Anda atau keahlian khusus yang dimiliki agar kredibel, sekaligus meningkatkan kualitas kerja.

3. Menjadi Dropshipper

Model bisnis dropshipper bukan hal yang asing lagi di era digital. Mulailah toko online atau pertimbangkan model bisnis dropshipping. Dengan model bisnis ini, Anda bisa menjual produk tanpa harus menyimpan stok. Dengan begitu, Anda bisa mengoptimalkan waktu untuk strategi penjualan dan pemasaran.

4. Menjadi Penulis Konten

Jika memiliki keterampilan menulis, ada banyak peluang untuk menjadi penulis konten di berbagai platform. Mulai dari situs freelancer, situs penulis online, hingga memulai penulis lepas untuk media dan situs pemasaran online.

5. Bisnis Kuliner Kecil-kecilan

Jika Anda memiliki keahlian memasak atau baking, pertimbangkan untuk membuka usaha kuliner kecil-kecilan. Misalnya, kue-kue spesial atau makanan ringan unik. Anda bisa memasarkan usaha ini secara langsung, melalui platform online hingga menitip ke kedai- kedai yang sudah punya tempat.

6. Membuka Kursus Online atau Offline

Kursus online atau offline bisa menjadi usaha sampingan yang bisa diatur dengan jadwal tertentu. Kursus ini sendiri biasanya berkaitan dengan keahlian teknis, keuangan, atau bahkan keterampilan seni.

7. Mendaur Ulang Produk atau Jasa

Anda juga bisa mencari peluang mendaur ulang produk atau jasa yang belum banyak dieksplorasi sebagai usaha sampingan. Misalnya, daur ulang barang bekas atau memberikan jasa daur ulang kertas.

8. Menjadi Afiliasi Marketer

Program afiliasi/ Affiliate Marketing
  • Save

Ide usaha sampingan selanjutnya yang cocok untuk karyawan adalah dengan menjadi affiliate marketer. Anda bisa mendaftar ke dalam program afiliasi untuk mempromosikan produk atau layanan orang lain. Dalam sistem ini, Anda bisa mendapatkan komisi dari setiap penjualan yang Anda bawa.

Baca Juga :  Inspirasi Ide Startup yang Belum Banyak Digunakan di Indonesia

9. Jasa Fotografi atau Videografi

Jika memiliki keahlian dalam fotografi atau videografi, pertimbangkan untuk membuka jasa profesional. Ini bisa melibatkan dokumentasi acara, foto produk, atau pembuatan video promosi.

10. Pengembangan Aplikasi atau Website

Di era digital seperti ini, banyak bisnis dan individu yang membutuhkan website dan aplikasi. Tidak heran, jasa pembuatan aplikasi dan website juga cukup diminati. Jadi, jika Anda mempunyai keterampilan di bidang ini, mulai lah membangun portofolio dan mulai menawarkan jasa ini 

11. Jual Produk Handmade di Platform E-commerce

Jika Anda menyukai karya seni dan bisa membuatnya, cobalah mulai membuatnya dengan lebih terkonsep dan mengemasnya menjadi produk siap jual. Produk- produk handmade seperti aksesori, kerajinan tangan, atau produk seni bisa menjadi komoditi yang disukai banyak orang. Sobat Panda bisa menjual produk- produk ini juga lewat ecommerce dan memajangnya di media sosial.

12. Bisnis Layanan Kebersihan atau Perawatan Rumah

Untuk mengisi waktu luang, Anda juga bisa membuka jasa kebersihan atau perawatan rumah. Jasa ini biasanya melibatkan pembersihan rumah, taman, atau perawatan hewan peliharaan.

13. Menjadi Reseller Produk Terkenal

Anda juga bisa menjadi reseller dari produk terkenal yang sudah mempunyai pangsa pasar besar. Kamu bisa memilih produk sesuai dengan minat dan kebutuhan pelanggan potensial. Atau agar lebih maksimal, cobalah untuk melakukan riset produk di marketplace.

14. Bisnis Jasa Pemeliharaan atau Perbaikan

Jika memiliki keterampilan dalam pemeliharaan atau perbaikan, pertimbangkan untuk membuka bisnis jasa ini. Misalnya, perbaikan elektronik atau perawatan kendaraan.

15. Bisnis Kesehatan dan Kebugaran

Jika mempunyai keahlian di bidang kebugaran dan kesehatan, Sobat Panda bisa mempertimbangkan membuka bisnis konsultasi gizi dan kebugaran. Selain membantu banyak orang, usaha sampingan ini sekaligus bisa memotivasi diri sendiri untuk terus menjalankan gaya hidup sehat.

16. Menjadi Podcaster

Jika suka berbicara atau punya keahlian dalam penyampaian konten audio atau visual, Anda bisa memulai karir sampingan sebagai seorang Podcaster! Dengan konten yang berkonsep dan konsisten, Anda bisa mendapatkan penghasilan lewat program monetisasi.

17. Menjadi YouTuber

Bukan rahasia lagi, kini banyak orang menjadi YouTuber wanna be. Selain untuk aktualisasi diri dan mengasah kreatifitas, menjadi YouTuber juga bisa menambah pundi- pundi cuan. Jika Anda adalah seorang karyawan yang ingin mendapat penghasilan tambahan, Anda bisa memanfaatkan waktu luang untuk membuat konten YouTube.

18. Menjadi Micro Influencer

Influencer Bude Sumiyati untuk campaign Netflix Korea
  • Save

Peluang usaha sampingan sebenarnya tidak ada habisnya. Selain menjajaki pilihan di atas, sobat Panda juga bisa mengintip kesempatan menjadi seorang influencer.

Cobalah rajin membuat konten kemudian membangun basis pengikut, meningkatkan engagement rate dan menawarkan kerjasama promosi untuk merek atau perusahaan. Sebagai awalan, Anda bisa mencoba dari tahap micro influencer terlebih dahulu. Anda juga bisa bergabung dengan menjadi talent di platform penyedia jasa influencer.

Baca Juga :  7 Cara Mendapatkan Uang dari Instagram Dengan Sedikit atau Nyaris Tanpa Modal

19. Desainer Grafis

Jika mempunyai kemampuan desain grafis yang baik, Anda juga bisa membuka jasa desain untuk individu atau perusahaan. Di bidang ini, sobat Panda bisa membuka layanan membuat logo, pamflet, brosur, desain media sosial atau konten visual lain sesuai kebutuhan klien.

20. Blogger

Blogger masih menjadi salah satu cara populer untuk menghasilkan cuan online. Sobat Panda bisa membuat website sendiri dan menjadi blogger, atau bahkan menawarkan jasa di blog yang dibuat. Dengan menjadi blogger, Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan lewat program monetisasi iklan hingga guest post berbayar.

21. Jasa Fotografi

Jika sobat Panda mempunyai minat dan keterampilan fotografi, maka jasa fotografi dpat ini akan menarik untuk dijalankan. Anda bisa menawarkan jasa fotografi untuk event tertentu. Misalnya saja wisuda, pernikahan hingga foto produk.

22. Jual Foto Stok Online

Berkaitan erat dengan ide usaha sampingan sebelumnya, sobat Panda juga bisa menjual stok foto secara online. Ada banyak platform yang memungkinkan pengguna untuk memonetisasi foto- fotonya. Mulai dari Shutterstock, Adobe Stock, hingga Getty Images.

23. Laundry

Bisnis laundry dapat kita jalankan dengan modal yang relatif kecil. Sobat Panda bisa membuka usaha laundry menggunakan mesin cuci memadai atau bekerjasama dengan jasa laundry yang sebelumnya sudah berdiri.

24. Bisnis Kos atau Kontrakan

Jika punya modal yang cukup besar, Anda bisa merencanakan pembelian properti untuk disewakan sebagai kos atau kontrakan. Tipe bisnis ini terbilang menggiurkan karena bisa memberikan penghasilan pasif yang pasti setiap bulannya jika properti terus terisi.

25. Berjualan Frozen Food

Frozen food juga menjadi ide usaha sampingan yang layak sobat Panda coba. Pasalnya, bisnis ini mempunyai potensi pasar yang besar di semua kalangan. Anda bisa memproduksi atau menjual makanan beku seperti siomay, nugget, sosis, hingga cireng.

Kesimpulan

Ternyata ada banyak ya ide bisnis usaha sampingan untuk karyawan? Dengan mengeksplorasi beragam ide ini, Anda dapat meningkatkan keterampilan sekaligus menambah pundi- pundi cuan.

Meski begitu, perlu diingat juga bahwa ide ini adalah sebuah rekomendasi. Tentunya Adna perlu melakukan riset lebih lanjut untuk memastikan peluang usaha ini sesuai dengan minat dan keahlian.

Karena mengembang peran juga sebagai karyawan, penting untuk memilih ide yang sesuai dengan waktu dan komitmen yang dapat sobat Panda alokasikan. Semoga ide-ide ini menginspirasi langkah baru dalam meraih kesuksesan bisnis sampingan Anda!

0 Shares
Share via
Copy link
Powered by Social Snap