Type to search

SEO

7 Cara Ampuh Agar Website Terindex Google Secepat Kilat

Share
7 Cara Ampuh Agar Website Terindex Google Secepat Kilat

Sudah bekerja keras berburu backlink, tapi ternyata website Anda masih sulit terindex juga? Padahal Anda sudah menghabiskan banyak waktu dan energi. Apa yang sebenarnya membuat Google tidak mengindeks atau lambat dalam mengindeks backlink Anda?

Ada banyak alasan dan faktor mengapa sebuah link website tidak terindeks oleh Google. Kabar baiknya, Anda bisa memperbaiki itu semua. Anda bahkan bisa mempelajari sebuah trik untuk membuat indeks website Anda lebih cepat.

Sebelum melangkah jauh, kita tentu perlu mengetahui hal- hal mendasar terlebih dulu. Jika Anda masih belum yakin apakah link Anda terindeks di Google atau tidak, cobalah mengikuti beberapa langkah berikut ini :

  • Kunjungi Google.com
  • Paste salah satu link yang ingin Anda cek di kotak pencarian Google, dan klik ‘Enter’
  • Jika URL tidak muncul di hasil pencarian, itu berarti link Anda belum terindeks di Google saat itu.

Penyebab Website Sulit Terindex

Setelah melakukan pengecekan, tentu Anda bertanya- tanya, apa yang membuat blog Saya tidak terindeks dengan cepat? Well, ada banyak alasan di balik pertanyaan tersebut tentunya. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa website Anda tidak terindeks atau terindeks dengan sangat lambat :

1. Backlink Anda Tidak Layak untuk Terindeks

Google tidak akan mengindeks backlink berkualitas rendah yang tidak memberi nilai apapun untuk pembacanya. Terutama jika situs web Anda sering terindikasi sebagai tautan spam atau dibangun di atas platform spam yang tentunya langsung mendapat nilai merah dari Google.

Tips :
Cek apakah ada link spam yang mengarah ke website Anda. Jika iya, cobalah membersihkan link spam tersebut dari website Anda. Selain itu, cobalah meningkatkan Page Authority dan Domain Authority situs web Anda.

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Melakukan Riset Keyword dengan 5 Tool Berbeda

2. Konten Anda Kurang Berbobot dan Plagiat

Dulu atau sekarang, Google membenci konten plagiat dan tidak berkualitas. Salah satu faktornya adalah banyak konten yang Anda buat mungkin terlalu tipis. Sangat disarankan Anda membuat artikel berisi kurang lebih 800+ kata. Menurut study yang dilakukan oleh SerpIQ, fakta menunjukkan bahwa artikel dengan lebih dari 2000+ jumlah kata mempunyai kinerja yang lebih baik di halaman hasil pencarian.

Tips :
Coba luangkan waktu untuk mengupdate beberapa artikel Anda yang secara konten kurang berbobot atau berkualitas rendah. Berikan tambahan informasi, update dengan informasi terbaru, dan lain sebagainya. Kabar baiknya lagi, mengupdate konten lama Anda ini juga membuat konten Anda menjadi lebih disukai oleh Google.

3. Penggunaan Tag No-Index

Jika Anda merasa bahwa situs web Anda tidak pernah melakukan spam dan konten Anda sudah cukup bagus, domain cukup berumur, dan semuanya terlihat memenuhi syarat untuk terindeks dengan cepat, namun ternyata tidak? Jangan- jangan secara tidak sadar Anda sudah mengatur tag no-index atau prevent sites from search di pengaturan website Anda. Hmmm…

Tips :
Kasus ini sangat jarang terjadi, karena pemilik website manapun, tidak ada yang ingin situs web mereka tidak terindeks dan tidak muncul di hasil pencarian. Meski begitu, tidak ada salahnya untuk melakukan cross check pengaturan situs web Anda.

Cara Agar Website Anda Cepat Terindeks Google

Lantas bagaimana caranya agar website kita terindeks dengan cepat oleh Google? Berikut ini adalah tips yang dapta Anda coba :

1. Tunggu dan Sabar

Maksud dari kalimat ‘tunggu dan sabar’ disini adalah Anda perlu membiarkan indexing website Anda berjalan secara alami. Google akan mengindeks link situs web Anda secara alami dari waktu ke waktu jika memang layak diindeks. Waktu indexing secara alami yang dilakukan Google bisa memakan waktu 1 hari hingga 1 minggu.

Jika Google mempercayai situs Anda sebagai penyedia konten berkualitas, indexing Google terhadap web Anda akan menjadi lebih cepat dari waktu ke waktu. Jika situs web Anda masih baru, Anda perlu melatih indexing ini dengan membuat konten- konten yang berkualitas. Kuncinya adalah di kualitas.

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Membuat Struktur URL Permalink SEO Friendly untuk WordPress

2. Submit ke Google Webmaster Tool

Google Webmaster Tool adalah tool wajib untuk para blogger. Langkah pertama, Anda harus membuat sitemap untuk situs web Anda. Setelah sitemap Anda selesai dibuat, submit link sitemap website Anda ke Google Webmaster tool. Sederhana sekali, bukan?

3. Ping URL

Jika sudah melakukan step 1 dan 2, namun indexing situs web Anda tidak mengalami perkembangan, cobalah untuk melakukan ping website Anda secara berkala. Melakukan proses ping ini pada dasarnya adalah memberitahu Google atau mengirim notifikasi bahwa ada update yang sudah tersedia di website Anda dan Google perlu untuk mengirimkan robot crawler mereka untuk merayapi update terbaru dari website Anda.

Ada cukup banyak tool untuk ping website di internet. Beberapa yang populer antara lain :

  • Pingomatic.com
  • PingFarm.com
  • Pingler
  • Pingdom.com

Perlu diingat, jangan terlalu sering melakukan ping. Cukup lakukan sesekali secara bergantian di website tersebut.

4. Social Sharing

Social sharing adalah cara paling mudah untuk membuat situs web Anda terindeks dengan sangat cepat. Bagikan konten Anda di media sosial, ciptakan caption menarik yang mendorong orang untuk membuka artikel Anda. Jika cukup beruntung, Anda bisa mendapatkan link juice dari social link ini. Keuntungan yang Anda dapatkan bukan hanya tingkat indeks yang baik, tapi juga tingkat kepercayaan dan kredibilitas merek.

Artikel Menarik Lainnya :   Apa itu Keyword Stuffing? Bagaimana Cara Menghindarinya?

5. Manfaatkan PBN

PBN atau Private Blog Network adalah sekumpulan blog yang sengaja diciptakan oleh beberapa orang atau komunitas tertentu untuk keperluan blog network. PBN ini sendiri adalah salah satu strategi yang kerap digunakan para master SEO agar website mereka terindeks dengan cepat. Jika ingin menggunakan strategi ini, lakukan lah riset terlebih dahulu untuk memastikan PBN yang Anda gunakan ini berkualitas dan dilakukan dengan praktek yang benar.

6. Layanan Backlink Otomatis

Jika backlink Anda masih belum diindeks juga setelah rentang waktu yang masuk akal telah lewat, maka Anda dapat mencoba tool layanan backlink otomatis untuk indeks backlink secara teratur dan massal.

Layanan yang diberikan penyedia backlink otomatis ini antara lain :

  • Pink untuk setiap tautan akan dilakukan secara otomatis
  • Link Anda akan dikirim ke banyak blog otoritas
  • Beberapa penyedia jasa backlink ini juga meng-klaim akan memberikan social link, link web 2.0
  • Backlink bersifat permanen

Karena layanan ini bersifat instant dan otomatis, maka Anda perlu berhati- hati dalam menggunakannya. Lakukanlah riset untuk memastikan layanan yang Anda gunakan menggunakan metode white hat yang aman.

7. Perkuat dengan Web 2.0

Jika Anda menggunakan layanan backlink otomatis di #6, Anda tidak perlu melakukan step ini. Namun jika tidak, membangun network web 2.0 akan membuat tingkat indexing situs website Anda di Google menjadi jauh lebih cepat. Beberapa web 2.0 yang dapat Anda gunakan untuk membangun network antara lain :

  • Blogger
    WordPress.com
  • Wix.com
  • Weebly

Buatlah artikel sekitar 800-1500 kata di setiap web 2.0 itu tersebut. Sebarkan backlink maksimal 8-11 tautan di setiap postingan tersebut. Salah satu alasan mengapa kami merekomendasikan artikel sepanjang 800-1500 kata ini adalah agar Anda dapat memasukkan tautan sebanyak mungkin.

Seandainya artikel Anda hanya 300 kata, dan Anda memasukkan 10 backlink, Google akan melihat link dan artikel Anda sebagai spam. Jangan lupa juga, artikel- artikel untuk web 2.0 ini juga harus bebas dari plagiarism.

Kesimpulan

Bukan hal mudah memang untuk membuat Google mengindeks website Anda dengan cepat. Namun jika Anda konsisten melakukan cara- cara tersebut, Anda akan membangun situs yang terindeks dengan cepat, dan Tangguh berkompetisi di mesin pencari.

Selamat mencoba!

Tags:

You Might also Like

2 Comments

  1. Dion Agu 17, 2019

    Baik kalau begitu, akan saya coba kasih backlink ke web utama saya via web 2.0, yang ingin saya tanyakan, apabila website utama saya tidak saya update rutin, tapi rutin saya kasih backlink dari web 2.0, apakah dinata google web utama saya akan tetap bagus atau tidak y? Mohon jawabannya ya! Terima kasih

    Balas
  2. RK Agu 21, 2019

    Backlink memang baik untuk optimasi website, tapi konsistensi update (terutama konten untuk web berbasis blog) sangat penting sekali

    Balas

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.