Type to search

Trending

Tangkal Hoax, WhatsApp Akan Tandai Pesan yang Di-Forward Berulang Kali

WhatsApp meluncurkan fitur baru, "Forwarding Info" dan "Frequently Forwarded".

Beberapa waktu yang lalu, WhatsApp dikabarkan tengah menguji dua fitur baru yang berkaitan dengan forwarding message atau pesan yang diteruskan. Fitur ini disebut “Forwarding Info” dan “Frequently Forwarded”.

Nantinya, fitur ‘Forwading Indo’ ini akan membeberkan informasi berapa kali pesan yang di-forward ini telah diteruskan (dapat dilihat di gambar sebelah kiri). Untuk mendapatkan informasi ini, pengguna dapat menekan pesan yang diteruskan di layar chat, kemudian menekan ikon ‘I’ atau info, seperti saat pengguna ingin mengetahui apakah pesannya telah dibaca atau dikirim.

"Forwarding Info" dan "Frequently Forwarded".
Ilustrasi Forwarded Info (kiri) dan Frequently Forwarded (kanan)/ via GSMArena

Di gambar sebelah kanan adalah fitur yang disebut dengan‘Frequently Forward’, yang akan memberikan informasi kepada penerima bahwa pesan yang di-forward ini sudah berulangkali diteruskan.

Sebagai catatan, untuk mengetahui berapa kali sebuah pesan diteruskan, pengguna harus mem-forward pesan yang telah diteruskan itu secara sukarela ke kontak atau grup lain. Pasalnya, jika yang meneruskan pesan tersebut bukan si penerus, maka ikon “I” ini tidak akan muncul.

Sedangkan fitur ‘Frequently Forwarded’ ini berfungsi untuk mendapatkan informasi tambahan ketika sebuah pesan telah di-forward sebanyak lebih dari 4 kali. Dengan begitu, pengguna bisa mengetahui apakah pesan tersebut telah banyak diteruskan atau tidak.

Jika pesan sudah diteruskan sebanyak lima kali atau lebih, maka label ‘Forwarded’ ini tidak lagi muncul dan langsung digantikan dengan label ‘Frequently Forwarded’.

Kedua fitur baru ini memang belum resmi diluncurkan untuk umum dan masih belum bisa dipastikan apakah akan diluncurkan secara resmi atau tidak. Namun, keduanya dikabarkan tengah di-uji coba di aplikasi WhatsApp Android versi 2.19.80.

Artikel Menarik Lainnya :   Video Call 8 Orang di WhatsApp Sudah Bisa Digunakan, Simak Caranya!

Menangkal Hoax dalam Pesan Berantai

Salah satu manfaat yang diperoleh pengguna jika kedua fitur ini benar- benar diluncurkan adalah untuk menangkal hoax dalam pesan berantai. WhatsApp sendiri memang sangat serius untuk memerangi penyebaran informasi palsu atau hoax di platform miliknya. Sebelum ini, WhatsApp mulai membatasi peredaran pesan terusan (forward message) untuk para pengguna sebanyak lima kontak saja dalam satu waktu. Jika pengguna memilih lebih dari lima kontak, maka aka nada notifikasi yang menginformasikan bahwa pengguna sudah mencapai batas maksimal.

Sebelumnya, WhatsApp dikabarkan tengah menguji coba fitur ‘reverse image search’. Fitur yang berarti pencarian terbalik ini memungkinkan pengguna untuk melakukan pencarian gambar untuk mendeteksi asli atau tidaknya gambar yang dikirimkan lewat platform mereka.

Cara kerja fitur ini adalah dengan mengunggah gambar ke layanan Google Search untuk ditelusuri asal-muasalnya sehingga diperoleh informasi apakah gambar tersebut asli atau palsu.

Artikel Menarik Lainnya :   Pengguna Mobile di Indonesia Kini Lebih Suka Pakai Aplikasi Dibandingkan Browser
Tags:
Redva

I'm a Digital Marketing enthusiast. Bekerja di salah satu digital marketing terbesar di Jawa Tengah sebagai Digital Strategist dan telah menulis untuk blog dengan niche teknologi & digital marketing lebih dari 4 tahun.

  • 1
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x