Type to search

Bisnis Online Entrepreneurship

11+ Ide Bisnis Digital Paling Menarik & Menjanjikan di 2020

Ide bisnis digital

Membangun kerajaan bisnis digital memang tidak semudah yang kita bayangkan. Dibalik stigma semua yang serba online itu lebih mudah menghasilkan, ada kerja keras di belakang yang tidak semua orang sanggup menjalani semua prosesnya.

Ada kalanya bisnis digital yang kita tekuni tidak berbuah hasil seperti yang kita harapkan. Saat beralih ke bisnis yang lain, ternyata sama- sama jauh dari ekspektasi. Kira- kira dimana salahnya?

Mungkin saatnya kita kembali ke dasar lebih dulu : IDE.

Apakah kita sudah mengawali dengan ide dan konsep yang tepat? Apakah itu sesuai dengan passion kita atau sekedar ikut- ikutan?

Nah, di artikel ini, selain mengupas ide bisnis digital yang menjanjikan, Anda juga akan mengenali kelebihan bisnis digital dan bagaimana mempersiapkan diri sebelum mengeksekusi ide tersebut.

Apa itu Bisnis Digital?

Bisnis digital adalah sebuah usaha yang dijalankan dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi dalam proses penciptaan sebuah produk atau pun pemasarannya.

Dengan definisi ini, bisnis digital bisa berarti banyak hal. Mulai dari penjualan produk tanpa wujud, produk fisik yang dikemas dalam bentuk digital seperti ebook, atau bisnis yang proses pemesanan dan pemasaran dilakukan secara digital.

Produk bisnis digital juga bisa berupa barang atau jasa. Saat Anda sudah mempunyai keahlian di bidang tertentu, Anda bisa menjual keahlian Anda tersebut secara online. Mulai dari workshop online atau seminar motivasi yang dipromosikan dengan digital marketing.

Misalnya saja, saat berselancar di Instagram atau Facebook, kita sering mendapati iklan promosi seminar offline. Mulai dari seminar parenting, marketing, leadership, atau bisnis online.

Kelebihan Bisnis Digital

Semua bisnis bisa dijual secara digital. Artinya, Anda punya peluang besar untuk berkembang saat benar- benar menekuninya.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan bisnis digital yang bisa menjadi alasan mengapa Anda perlu menekuninya :

1. Peluang Besar untuk Siapa Saja

Memanfaatkan digital berarti kita berhadapan dengan hal yang dinamis. Artinya, akan selalu ada banyak pilihan menarik ke depan dan inovasi dalam peluang usaha. Yang perlu Anda lakukan adalah jeli dalam mengamati kebutuhan pasar dan menciptakan atau menjual produk yang dibutuhkan tersebut.

2. Jangkauan Pasar yang Luas

Bisnis digital adalah bisnis yang dijalankan secara online. Dengan begitu, siapa saja darimana saja akan bisa menjangkau produk Anda selama bisa mengakses internet. Anda hanya perlu menentukan target market yang sesuai dalam berpromosi agar bisnis Anda menjadi lebih maksimal.

3. Prospek Jangka Panjang

Jumlah pengguna internet terus bertumbuh dari waktu ke waktu. Inilah mengapa banyak pebisnis yang semakin getol menggunakan digital marketing dalam pemasaran mereka.

Dengan bisnis digital, prospek jangka panjang tentu menggiurkan selama bisnis dikelola dengan tepat. Jika Anda tidak ingin tertinggal, mulailah dari sekarang.

4. Kemudahan Transaksi

Bagian paling menarik dari bisnis digital adalah kemudahan akses pelanggan dari mana saja, selama terhubung dengan internet. Untuk orang- orang yang enggan pergi ke suatu tempat untuk membeli sesuatu, bisnis digital adalah solusi.

Misalnya saja saat ada rasa enggan keluar rumah untuk membeli flashdisk, maka dengan masuk ke marketplace saja kita sudah bisa mendapatkan barang yang kita inginkan. Mudah sekali, bukan?

5. Potensi Penghasilan yang Besar

Dengan semua poin tersebut, maka potensi penghasilan yang besar adalah keuntungan yang paling kita harapkan dari bisnis digital ini. Selama kita memaksimalkan semua faktor, penghasilan yang besar adalah hal yang sangat mungkin untuk setiap orang.

11+ Ide Bisnis Digital Terbaik

Setelah mengenal apa itu bisnis digital dan keuntungan yang bisa kita peroleh, kini saatnya untuk mengetahui apa saja ide- ide bisnis digital terbaik yang bisa kita gunakan :

1. Membangun Toko Online

Toko online adalah platform transaksi yang menyenangkan dan profesional dalam bisnis digital. Terlebih, potensi bisnis ecommerce sangat besar di Indonesia. Ada banyak hal yang bisa Anda eksplor dalam bisnis ini.

Di tahap awal, Anda mungkin tidak perlu membayangkan platform raksasa ala Tokopedia. Namun Anda tetap harus merintisnya sebaik mungkin. Lakukan riset, buat website toko online berkualitas, optimasi SEO yang baik, dan promosi digital lainnya.

Mempunyai toko online sendiri akan menjadi nilai plus untuk sebuah bisnis online. Pertama, toko online Anda akan menjadi brand terpercaya di mata pelanggan. Terlebih saat Anda terlihat mampu mengelola toko online Anda dengan baik.

Yang kedua, Anda tidak ketergantungan dengan platform lain, seperti marketplace atau media sosial. Dengan begitu Anda mempunyai kendali penuh untuk menyelesaikan setiap permasalahan yang mungkin muncul.

Untuk membangun toko online sendiri, Anda tidak harus mempunyai keahlian pemrograman yang ciamik. Dengan platform WordPress dan memilih theme toko online yang tepat, maka website Anda sudah siap untuk digunakan.

2. Bergabung Program Afiliasi

Dalam program afiliasi, Anda akan memasarkan barang milik orang lain dengan imbalan berupa komisi afiliasi. Program afiliasi ini cukup populer dalam kategori bisnis digital.

Pertama- tama, Anda akan mendaftar ke program afiliasi dan mendapatkan kode referal atau tautan khusus. Lalu, Anda akan memasarkan produk melalui tautan tersebut dan mendapatkan penghasilan saat transaksi berhasil dilakukan.

Salah satu contoh affiliate marketer yang sukses adalah Hadi Hartono dan Pat Flynn. Di halaman websitenya, Pat Flynn meng-klaim penghasilannya dari bisnis digital ini telah mencapai angka US$2 juta!

3. Menjadi YouTuber

YouTuber terkenal sering disebut menjadi karir impian generasi milenial dan gen Z. Bukan tanpa alasan, dengan menjadi seorang YouTuber, Anda bisa mendapatkan penghasilan tak terbatas.

Salah satu Youtuber populer, Ria Ricis bisa menghasilkan puluhan miliar setahun dengan belasan juta subscriber nya. Kuncinya adalah konsisten dalam membuat konten yang sesuai dengan target audiens.

Meningkat jumlah view YouTube
Di luar YouTuber populer ini, orang awam juga masih bisa menyajikan berbagai konten unik untuk diolah menjadi sajian menarik di YouTube dan mengundang banyak subscriber. Intinya, Anda harus konsisten dalam membuat konten yang menarik.

4. Menjadi Blogger Terkenal

Pasti Anda kenal dengan Raditya Dika, kan? Jauh sebelum ia dikenal sebagai penulis buku dan pemain film, ia lebih dulu dikenal lewat blog pribadinya saat itu, kambingjantan.com.

Jika Anda sudah mempunyai blog, cobalah untuk fokus mengelolanya dengan sajian konten yang berkualitas. Fokus pada niche dan perkuat blog Anda. Setelah trafiknya sudah cukup bagus, cobalah untuk menambahkan iklan di situs Anda.

Anda bisa menggunakan mendaftar ke Google Adsense, native ads atau bahkan membuka ruang iklan pribadi seperti yang dilakukan oleh banyak blog yang sudah terkenal.

5. Menjadi Influencer Media Sosial

Jika Anda aktif di media sosial dan mempunyai banyak follower di media sosial, meniti karir menjadi influencer atau selebgram adalah godaan menggiurkan.

Untuk menjadi seorang influencer, Anda tidak harus populer lebih dulu. Namun, Anda harus mempunyai ‘sesuatu’ untuk dijual. Entah itu pengetahuan tentang suatu hal atau fotogenik dan caption yang cerdik.

Seiring dengan peningkatan follower, maka image Anda sebagai influencer pelan- pelan akan terbentuk. Anda akan mulai mendapatkan tawaran kerjasama dari berbagai pihak yang ingin posting iklan di akun media sosial Anda atau penawaran lainnya.

6. Menjajal Bisnis Dropship

Dengan bisnis dropship, Anda bisa menjual suatu produk tanpa harus menyimpan stok terlebih dulu. Jadi, Anda akan fokus mengandalkan kemampuan berjualan, tanpa terbebani dengan stok gudang dan pengiriman barang.

Hal inilah yang membedakan antara bisnis dropship dan reseller. Sedangkan perbedaan antara dropship dan afiliasi adalah Anda akan menerima uang langsung dari pembeli, bukan komisi yang diakumulasi.

Salah satu alasan mengapa bisnis dropship selalu disuka adalah karena bisa dimulai tanpa modal dan Anda menentukan sendiri produk yang akan dijual. Disinilah Anda bisa lebih bebas menekuni bisnis ini sesuai dengan produk yang dikuasai.

7. Menulis Konten Digital

Jika mempunyai keahlian menulis, Anda bisa memanfaatkannya untuk menghasilkan uang tambahan. Banyak sekali website dan platform untuk freelancer yang membutuhkan jasa penulisan konten.

Jika Anda mempunyai blog yang pengunjungnya sudah banyak, ANda bisa memanfaatkan keahlian tersebut di blog. Semakin menarik blog Anda, maka tawaran untuk menulis konten akan semakin besar.

Anda juga bisa mencoba menuliskan kemampuan bercerita di platform cerita online seperti Wattpad. Sudah banyak penulis yang karyanya terkenal dan akhirnya diangkat ke layar lebar berawal dari Wattpad. Kalau banyak orang lain yang bisa, Anda pun juga bisa.

8. Jasa Pembuatan Website

Jika Anda seorang developer, jasa pembuatan website akan menjadi bisnis digital potensial yang menarik untuk dicoba. Terlebih saat ini kebutuhan pembuatan website semakin meningkat, baik itu untuk instansi pemerintah, individu, maupun perusahaan.

Anda bisa menawarkan jasa pembuatan website dengan beberapa pengelompokkan. Misalnya pembuatan website instan dengan pilihan theme siap pakai atau website dengan kustomisasi yang lebih rumit.

Anda bisa memanfaatkan berbagai platform freelancer atau membuat blog profesional untuk menawarkan produk dan jasa Anda. Jangan lupa untuk menampilkan portofolio hasil pekerjaan Anda agar calon klien semakin yakin.

9. Menjual Produk Digital

Produk digital adalah sebuah produk yang tidak mempunyai bentuk fisik dan dijual secara online. Contoh dari produk digital antara lain video, audio, ebook, dll.

Untuk membuat produk digital ini, pastikan Anda memberikan kualitas terbaik dalam pembuatan konten. Membuat ebook misalnya, karena tujuannya untuk dijual, pastikan kontennya memang berkualitas. Bukan konten asal- asalan dan mudah ditemukan di artikel tutorial biasa.

Jika Anda menjual video tutorial, pastikan kontennya mengusung eksklusifitas yang membuatnya layak untuk dibeli.

Selain bisa menjualnya secara pribadi di website sendiri, Anda juga bisa memanfaatkan platform digital seperti marketplace ratakan yang menjadi wadah khusus untuk menjual produk digital.

10. Konsultan SEO

Dalam bisnis digital, SEO sangatlah penting. Dengan SEO, website akan mempunyai posisi yang baik di halaman pencarian. Seperti yang kita tahu, halaman pencarian seperti Google adalah gerbang pertama untuk pelanggan menemukan apa yang mereka butuhkan.

Optimasi website dengan Jasa SEO
Namun, tidak semua pemilik bisnis mempunyai pengetahuan mendalam tentang SEO karena SEO memang identik dengan proses panjang dan rumit. Inilah mengapa konsultan SEO atau jasa SEO profesional dibutuhkan.

Jika Anda mempunyai penguasaan yang mendalam dalam SEO, cobalah untuk mempromosikan keahlian Anda di situs freelancer atau blog pribadi Anda. Jangan lupa untuk memperbanyak portofolio sebelum mempromosikan jasa Anda.

11. Tutorial Belajar Online

Bisnis digital juga sudah lama merambah ke dunia pendidikan, baik formal maupun informal. Ada banyak platform yang menggunakan tutorial online seperti Udemy atau RuangGuru dalam mendapatkan penghasilan.

Tidak sebatas bisnis yang sudah besar saja, Anda juga bisa menjual keahlian tutorial dalam bidang yang Anda kuasai. Misalnya saja tutorial belajar untuk niche bisnis online atau programming.

Untuk versi yang sederhana, Anda bisa melakukan tutorial online lewat live video atau grup belajar bersama lewat WhatsApp atau Telegram.

Sedangkan untuk versi yang lebih profesional, Anda bisa membangun sebuah website yang didukung dengan sistem pembelajaran terintegrasi atau dikenal dengan sebutan LMS (Learning Management System).

Jika website Anda menggunakan CMS WordPress, ada banyak tools dan plugin yang bisa membantu Anda membuat website kursus online secara mudah.

12. Membuat Mobile Apps

Tahukah Anda, pengguna mobile di Indonesia kini mencapai 350 juta jiwa. Jumlah yang sangat besar, bukan?

Jika Anda mempunyai keahlian dalam membuat aplikasi mobile, kesempatan Anda mendulang penghasilan dari bisnis digital ini akan semakin besar. Kuncinya, buatlah aplikasi yang mempunyai value penting.

Anda juga bisa mencoba mempelajari potensi pasar yang belum digarap secara maksimal oleh siapapun. Dengan mengembangkan potensi tersebut, peluang untuk sukses akan lebih besar jika Anda serius menekuninya.

13. Menjadi Seorang Podcaster

Podcast adalah konten audio yang bisa diakses secara online dan bersifat on-demand. Sedangkan podcaster adalah orang yang membuat konten ado tersebut.

Saat ini ada banyak platform yang bisa membantu Anda mengembangkan kemampuan podcasting, seperti Anchor dan Spotify. Dengan menemukan niche yang tepat, Anda bisa menjadi seorang podcaster terkenal seperti Iqbal Hariadi.

Mempersiapkan Diri untuk Bisnis Digital

Setelah mengetahui ide- ide yang bisa Anda gunakan untuk bisnis digital, kini saatnya mempersiapkan diri agar Anda bisa memulainya dengan lebih matang.

  1. Niche yang Tepat

Niche akan menjadi dasar penting untuk kelanjutan penting dari bisnis Anda. Saat berhasil memilih niche potensial yang tepat, maka Anda akan lebih telaten dalam mengelola bisnis dan menciptakan keuntungan yang besar.

Misalnya saja Anda adalah penggemar makanan dan suka mencicipi berbagai kuliner, maka review makanan akan menjadi niche yang cocok untuk Anda. Untuk menemukan niche yang sesuai, coba gali lebih lanjut minat Anda disesuaikan dengan riset market potensial.

  1. Nikmati Prosesnya

Bisnis digital terdengar menggiurkan? Memang, tapi tetap membutuhkan kerja keras untuk bisa membangun bisnis tersebut. Nah, kerja keras ini lah yang seringkali tidak terlihat.

Ada kalanya pebisnis digital mudah menyerah saat menthok dengan bisnisnya. Padahal, ini adalah bagian dari proses yang harus Anda perjuangkan. Anda harus menekuninya dengan kerja keras dan kerja cerdas. Baru Anda akan menikmati hasilnya.

Kesimpulan

Ada beragam ide bisnis digital yang bisa Anda coba. Memang tidak mudah untuk menemukan mana yang tepat untuk diri sendiri kecuali mempersiapkannya sebaik mungkin.

Bisnis digital juga mempunyai tingkat kompetisi yang berbeda- beda. Ada yang tingkat kompetisinya masih rendah, tapi ada juga yang tinggi dan harus bersaing dengan platform- platform yang sudah stagnan.

Tidak perlu berkecil hati saat satu bisnis digital Anda ternyata masih belum besar sesuai harapan. Dimana- mana bisnis selalu ada trial & error, begitu juga dengan bisnis digital. Yang terpenting, Anda harus terus mencoba dan tidak boleh menyerah.

Selamat mencoba!

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Mendapatkan Uang dan Untung Berlipat dari Bisnis Afiliasi ( Affiliate )
Tags:
Mas Panda

Berkecimpung di niche Blogging & Digital Marketing lebih dari 5 tahun. Pernah menjadi salah satu bagian dari Digital Marketing Agency terbesar di Jawa Tengah. Sedang dan terus belajar dalam Digital Marketing.

  • 1

You Might also Like

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
2
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x