Type to search

Social Media

Ketahui 10+ Hal Ini Sebelum Mengubah Akun Pribadi ke Instagram Bisnis

Yang perlu diketahui dari Instagram Bisnis

Mengubah akun Instagram dari akun pribadi ke Instagram bisnis sebenarnya relatif mudah,  dilakukan. Namun dalam prakteknya, beberapa orang mengaku mengalami kendala yang membuat mereka tidak bisa beralih dari profil pribadi ke bisnis.

Mengubah akun Instagram ke bisnis juga memberi banyak keuntungan untuk pengguna. Terutama jika Anda menggunakannya untuk kebutuhan yang lebih spesifik. Misalnya saja untuk toko online, personal branding, hingga laman komunitas dan edukasi.

Cara Membuat Akun Instagram Bisnis

Membuat akun instagram bisnis relatif mudah. Untuk membuatnya, Anda hanya perlu mempersiapkan akun Instagram dan juga halaman facebook alias fanpage.

Jika sudah menyiapkan fanpage, ikuti langkah- langkah berikut ini :

  1. Masuk ke akun Instagram Anda, lalu masuk ke bagian Pengaturan (ikon tiga titik di kanan atas profil).
  2. Scroll ke bawah dan klik pilihan “Beralih ke Profil Bisnis”.
  3. Pengguna akan dialihkan ke halaman baru dengan brief info tentang apa itu Profil Bisnis, klik “Lanjutkan”.
  4. Anda akan diminta untuk menghubungkan akun Instagram dengan laman Facebook (fanpage).
  5. Hubungkan akun Instagram Anda dengan fanpage yang sesuai.
  6. Setelah terhubung, Anda akan diminta untuk melengkapi atau memperbarui informasi profil bisnis.
  7. Berhasil! Akun Anda telah berhasil beralih menjadi profil bisnis di Instagram.

Untuk lebih jelasnya, Anda juga bisa membaca versi lengkapnya artikel kami : Cara Mengubah Akun Instagram dari Pribadi menjadi Instagram Bisnis.

Hal & Masalah yang Perlu Diketahui Sebelum Beralih ke Instagram Bisnis

Jika Anda tertarik untuk beralih dari akun instagram pribadi menjadi profil bisnis, setidaknya ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Hal ini berkaitan dengan tujuan penggunaan akun, best practice penggunaan akun, hingga masalah penggunaan akun.

Sejak diluncurkan, Instagram bisnis telah menyita perhatian para pebisnis online. Dengan berubah menjadi bisnis, pengguna dapat mengoptimalkan akun Instagram mereka dengan lebih baik. Bukan hanya untuk ranah #e-Commerce, tapi juga jenis niche bisnis dalam berbagai skala.

Tertarik juga untuk mengubah akun Instagram Anda menjadi bisnis? Jika Anda sedang ‘bermain’ bisnis online, maka wajib hukumnya untuk mencoba. Sebelum Anda mengubah akun Instagram menjadi bisnis, maka ada beberapa hal yang wajib Anda ketahui :

Persiapan Membuat Akun Instagram Bisnis

1. Wajib Pisahkan Akun Pribadi dengan Akun Bisnis

Jika sudah berniat menggunakan akun bisnis, maka pengguna harus memisahkan akun tersebut dari akun pribadi. Hindari untuk memposting hal- hal personal yang tidak berkaitan dengan bisnis. Hindari memposting sesuatu yang tidak perlu hanya karena gabut :v

Jika Anda masih tidak bisa memisahkan aktivitas konten instagram pribadi dan instagram bisnis, maka maka sia- sia saja Anda mengubah akun Instagram Anda.

2. Harus Mempunyai Facebook Page

Laman Facebook atau fanpage adalah syarat utama untuk mengubah akun Instagram dari pribadi menjadi profil bisnis. Bagaimana jika tidak punya? Tentu Anda harus membuatnya lebih dulu.

Setelah mempunyai fanpage, Anda juga bisa mengelola pesan dan notifikasi di fanpage dan IG bisnis secara bersamaan. Konten yang terposting di Instagram, baik feed maupun story, juga bisa disinkronkan agar otomatis terposting di fanpage.

3. Siapkan Satu Kontak Khusus

Sesuai informasi di nomor #1 tadi, Anda perlu memisahkan akun pribadi dan akun bisnis. Artinya, Anda juga perlu mempersiapkan satu kontak tertentu khusus untuk follower Anda.

Kontak ini nantinya adalah kontak utama untuk yang ingin berurusan dengan bisnis Anda. Entah itu membeli produk, bertanya seputar produk & jasa atau kebutuhan lainnya.

4. Ada Tab Kontak Informasi Bisnis

Salah satu cara paling mudah untuk mengenali akun Instagram yang sudah menjadi bisnis adalah munculnya tab kontak (Telepon & Email) di bawah profil, sebelum highlight story.

Kontak yang tertera biasanya terdiri dari dua, yaitu nomor HP dan email.

5. Ada Info Kategori Bisnis

Saat menjadi profil bisnis, di bawah nama pengguna akan muncul kategori bisnis. Kategori yang muncul ini akan sama dengan kategori yang ada di fanpage terhubung.

Kategori bisnis ini misalnya community, product/ service, shopping & retail atau media/ news company.

Manajemen Pengelolaan Akun

6. Mengelola Komentar dan Pesan Inbox Instagram Bisnis

Karena terhubung dengan fanpage, pengguna bisa mengakses notif pesan Instagram dan fanpage sekaligus di bagian inbox fanpage. Panel pesan ini terdiri dari beberapa bagian, yaitu komentar dan notifikasi, serta messenger dan instagram direct.

Selain mengakses, pengguna juga langsung bisa membalas pesan di panel tersebut. Bisa praktis dan efektif kan dalam mengelola notifikasi? 🙂

7. Integrasi Postingan Instagram dan Fanpage

Mengelola fanpage dan instagram bisnis juga bisa menjadi mudah karena manajemen posting yang baik. Konten yang diposting di Instagram bisa langsung otomatis terposting di fanspage. Sama halnya dengan story yang dibuat.

Dengan begitu, akan lebih membuat pekerjaan lebih mudah dan praktis karena tidak perlu dobel posting konten yang sama di platform berbeda.

8. Instagram Bisnis Tidak Bisa Dijadikan Akun Privat

Salah satu tujuan dibuatnya akun Instagram menjadi bisnis adalah untuk memaksimalkan potensi bisnis. Dengan beralih ke profil bisnis, akan lebih mudah untuk membuat calon pembeli potensial yakin untuk membeli.

Dengan alasan ini lah akun yang berubah menjadi profil bisnis tidak bisa di-setting Privat. Karena akun ini bertujuan untuk bisnis, bukan privasi personal.

9. Monitoring Insight dengan Mudah

Membaca Insight Instagram

Karena fungsi bisnisnya, maka Instagram bisnis ini akan memberi kemudahan dalam mengakses insight akun. Disini pengguna bisa menganalisa karakteristik follower, demografi, manajemen waktu posting, dan masih banyak lagi.

Insight juga bisa membantu pengguna untuk mengidentifikasi jenis konten dengan engagement tinggi yang disukai pembaca.

10. Tidak Otomatis Menjadi Verified Account

Menjadi akun Instagram bisnis dan verified akun adalah dua hal yang berbeda. Jadi, meskipun sudah menjadi profil bisnis dan fanpage terhubung sudah terverifikasi, akun Instagram Anda tidak secara otomatis menjadi profil bisnis yang terverifikasi.

11. Bisa Beralih ke Akun Pribadi Kapan Saja

Setelah menjadi akun bisnis, Anda bisa kembali menjadi akun pribadi kapan saja. Caranya  dengan masuk ke Pengaturan >> Akun, dan pilih ‘Beralih ke Akun Pribadi’.

Yang perlu Anda ketahui, setiap kali berubah ke akun personal, data di Insight juga akan terhapus. Jadi pastikan Anda sudah mempertimbangkan hal ini dengan matang ya.

Masalah dan Pembatasan Akun

12. Berapa Banyak Limit Akun Instagram Bisnis yang Boleh Dibuat?

Dari Instagram sendiri, saat ini (jika belum ada update informasi baru) hanya memperbolehkan pembuatan 5 akun untuk setiap IP address atau device. Jika Anda mencapai batas ini, cobalah untuk membuat akun bisnis ini dari device yang berbeda (HP yang berbeda, perangkat lain) dan koneksi internet berbeda, untuk mengakalinya.

Peringatan yang muncul biasanya adalah :

You have reached the limit for the number of Business you can create at this time

Anda telah mencapai batas untuk jumlah Bisnis yang dapat Anda buat saat ini

13. Solusi Saat Tetap Terkena Limit Akun

Jika ini masih terjadi, cara lain untuk mengakali adalah dengan memutuskan integrasi dengan akun Facebook sebelumnya. Kemudian membuat akun Facebook baru dan fanpage baru.

Dari fanpage baru tersebut, coba untuk connect dengan akun Instagram yang akan diubah ke profil bisnis. Dalam proses ini Facebook akan menawarkan untuk beralih akun dari profil pribadi ke Instagram bisnis.

14. Mendapat Peringatan Pembatasan Akun

Jika Anda mendapatkan peringatan :

Kami membatasi seberapa sering Anda dapat memposting, berkomentar, atau melakukan hal- hal lain dalam jumlah waktu tertentu guna membantu melindungi komunitas dari spam. Anda bisa mencoba lagi nanti.

Peringatan pembatasan akun di Instagram

Apa artinya?

Peringatan ini adalah pembatasan akun. Ini biasanya bersifat hukuman sementara karena Facebook menganggap akun Anda melakukan aktifitas mencurigakan atau melakukan pelanggaran komunitas.

Misalnya saja :

  • Melakukan aktifitas spam,
  • Komentar berlebihan di kolom komentar,
  • Beberapa kali terkena report (komentar/ postingan/ akun),
  • Pelanggaran peraturan di grup Facebook, 
  • Dicurigai menggunakan identitas palsu, 
  • dan lain sebagainya. 

Durasi hukuman bisa cepat atau lama tergantung nilai pelanggaran di mata Facebook.

Untuk bisa menggunakannya normal kembali, cobalah untuk mengurangi aktifitas yang dianggap melanggar. Jika hukuman pembatasan akun ini sudah dihilangkan, Anda bisa mengubah akun pribadi ke Instagram bisnis kembali dengan normal.

Namun jika sudah dicoba beberapa kali ternyata masih sama saja, coba laporkan kendala ini ke Facebook sesuai instruksi ini : https://web.facebook.com/help/186570224871049?helpref=page_content

Atau bisa juga langsung masuk ke pengaturan profil di Facebook atau Instagram. Temukan menu Help & Support >> Report a Problem (Laporkan masalah). Report kendala juga bisa dilakukan melalui Instagram..

Tags:
Mas Panda

Berkecimpung di niche Blogging & Digital Marketing lebih dari 5 tahun. Pernah menjadi salah satu bagian dari Digital Marketing Agency terbesar di Jawa Tengah. Sedang dan terus belajar dalam Digital Marketing.

  • 1

You Might also Like

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

11 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Putra
Putra
1 year ago

Jika saya mengubah username, apakah follower saya akan tetap ada di username yang baru ?

Ibnu
1 year ago

Terima kasih gan infonya, lumayan Instagram bisa untuk nambah trafik blog kata temen saya yang menyarankan.

Lia
Lia
1 year ago

Apabila kita punya 2 akun instagram, kemudian kita pindah ke akun kedua setelah membuka akun pertama, apakah followers kita di akun pertama dapat mengetahui jika kita pindah akun?

fiya
fiya
8 months ago

saya sudah kelebihan akun bisnis .. di instagram . tpi akhirnya sya ubah jdi personal smua .. tpi sya ingin ig yg baru mnjadi akun bisnis kok tidak bisa ya .. bisa di bantu

Elazzam
Elazzam
4 months ago

sama saya juga tidak bisa,
akun ig baru tidak bisa,
akun ig lama juga tidak bisa

Yogi
Yogi
4 months ago

Baru tau kalo ada limitnya

C3FDECE3-923A-4883-8D97-DC61ACE73CEA.png
1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x