Dengan maraknya perbincangan tentang SGE (Search Generative Engine), penting sekali untuk publisher menyajikan situs website yang ramah Google SGE. Pasalnya, kehadiran SGE diprediksi akan mengubah masa depan mesin pencari dalam beberapa tahun ke depan.

Saat ini penerapan SGE mungkin memang belum menyeluruh. Kendati begitu, mempersiapkan situs ramah SGE bisa menjadi langkah jitu untuk stabilitas trafik website di masa depan.

Apa itu Google SGE?

Di artikel sebelumnya, Panda telah mengulas tentang apa itu Google SGE dan cara kerjanya. Google SGE adalah sebuah konsep yang Google cetuskan untuk meningkatkan kualitas pencarian dan memberi pengalaman pengguna yang lebih memuaskan. Dengan dukungan kecerdasan AI, SGE akan menghasilkan konten dan informasi yang ringkas dan cerdas sesuai kebutuhan pengguna, bukan semata- mata menampilkan hasil pencarian saja.

Kehadiran SGE sendiri akan memberikan pengalaman pencarian yang lebih informatif, intuitif dan bermanfaat untuk pengguna. Pengguna akan lebih mudah memperoleh jawaban yang mereka butuhkan di mesin pencari. Pengguna juga akan lebih sedikit bereksplorasi dari situs ke situs di hasil pencarian Google.

Persaingan di Mesin Pencari akan Lebih Gila Tanpa Situs Ramah SGE

Contoh hasil pencarian dengan Fitur SGE
  • Save
Contoh hasil pencarian dengan Fitur SGE

Salah satu karakteristik dari Google SGE adalah memberikan jawaban langsung dan memberikan pengalaman pencarian yang lebih interaktif. Mesin pencari akan lebih cepat dalam memberikan jawaban sesuai kebutuhan pengguna dan membantu mereka menjelajah topik secara mendalam tanpa harus beralih dari satu situs ke situs lain.

Bukan hal mengejutkan jika Google sendiri memprediksi bahwa masa depan situs akan sangat terdampak dengan penerapan SGE. Situs- situs yang menjadi rujukan SGE tentu menjadi yang paling diuntungkan. Sedangkan situs lain, kemungkinan untuk mendapatkan klik dari pengunjung akan semakin berkurang. Bahkan saat mereka sebenarnya mempunyai peringkat yang cukup baik di halaman pencarian.

Persaingan SEO memang terasa menantang di beberapa tahun terakhir ini. Dan ini akan terasa lebih lagi dengan kehadiran Google SGE. Publisher harus memastikan bahwa konten mereka bukan hanya masuk page one, tapi juga berkualitas dan disukai Google agar bisa muncul sebagai rekomendasi teratas dalam fitur SGE.

Dengan cara ini lah pemilik website dapat mempertahankan eksistensinya website nya di tengah era SGE.

Baca Juga :  Strategi Membangun Backlink yang Berkualitas dan Kuat

Cara Membuat Situs Website Ramah SGE 

Untuk membuat situs website yang ramah terhadap SGE, ada beberapa hal yang perlu pemilik website perhatikan :

1. Konten berkualitas tinggi  

Apapun era nya, konten berkualitas tetap menjadi rajanya. Konten berkualitas tinggi sangat penting agar pengunjung situs mendapatkan informasi yang bermanfaat dan terpuaskan.

Untuk menghadapi era SGE, publisher harus tetap mengedepankan konten berkualitas di situsnya. Konten harus orisinil, komprehensif, aktual, dan memberikan nilai tambah bagi pembaca. Beri kesan pada Google bahwa konten Anda ditulis oleh orang yang ahli di bidangnya.

2. Situs Mobile Friendly

Pastikan situs Anda responsif dan ramah mobile. Sebagian besar pengunjung mengakses dari perangkat seluler, jadi situs harus mudah dibaca dan di-navigasi di berbagai resolusi layar. Selain itu, gunakan desain yang sederhana tanpa mengorbankan konten.

3. Kecepatan Loading

Situs yang lambat akan menciptakan masalah untuk pemilik situs website. Oleh sebab itu, meningkatkan kecepatan loading website sangat penting agar pengunjung tetap bertahan dan tidak cepat pindah ke situs lain. Sudahkah Anda memastikan situs Anda mudah dan cepat diakses?

Beberapa optimasi yang perlu Anda lakukan untuk menjaga kecepatan website antara lain optimasi gambar, kompresi script, hingga penggunaan CDN (Content Delivery Network).

4. UX yang Baik

User experience (UX) yang baik membuat pengunjung betah dan puas menjelajahi situs. Pengalaman pengguna yang baik akan menjaga trafik website stabi dan membuat Google mengetahui bahwa pengguna menyukai situs Anda.

Untuk meningkatkan UX, buatlah navigasi sederhana, tata letak rapi, dan fitur pencarian yang akurat. Minimalkan interupsi seperti pop-up agar pengunjung fokus pada konten.

5. Performa Teknis

Pastikan situs bebas error dan berjalan optimal secara teknis. Lakukan debugging kode, perbaiki broken link, dan optimalkan query database. Gunakan hosting dan server yang handal untuk meminimalkan downtime.

Dengan performa teknis yang handal, situs Anda akan menjadi situs rujukan yang ramah SGE.

Baca Juga :  Cara Setting & Optimasi Plugin Yoast SEO, Praktis & Mudah!

6. Peningkatan User Engagement

User engagement sangat penting untuk meningkatkan performa situs web di Google SGE. Beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan user engagement antara lain :

6.1 Konten Interaktif

Buatlah konten yang mendorong interaksi pengguna. Misalnya saja dengan menyajikan fitur bermanfaat seperti kuis, survei, kalkulator, dan fitur lain yang membutuhkan input dari pengguna. Konten interaktif membuat pengguna lebih tertarik dan terlibat dengan situs web.

6.2 Umpan Balik 

Berikan kesempatan bagi pengguna untuk memberikan umpan balik dan komentar pada konten yang Anda sajikan. Umpan balik pengguna sangat berharga untuk meningkatkan kualitas konten dan layanan di masa mendatang.

6.3 Personalisasi

Lakukan personalisasi konten dan pengalaman pengguna berdasarkan minat dan perilaku mereka di situs web. Personalisasi yang tepat dapat meningkatkan relevansi dan ketertarikan pengguna pada situs web.

6.4 Notifikasi Pengguna 

Fitur notifikasi pengguna juga dapat meningkatkan engagement dengan cara mengirim pemberitahuan tentang konten dan fitur baru di situs web. Notifikasi membuat pengguna tetap terhubung dan kembali ke situs web.

6.5 Program Loyalitas

Buatlah program loyalitas dan reward bagi pengguna setia. Berikan insentif bagi pengguna untuk terus berinteraksi dan memberikan kontribusi pada situs web. Program loyalitas dapat meningkatkan retensi dan engagement pengguna.

7. Memanfaatkan Data dan Visualisasi

Data dan visualisasi merupakan cara yang sangat efektif untuk menyampaikan informasi secara menarik kepada pengguna. Beberapa cara yang dapat publisher lakukan antara lain:

7.1 Infografis

Infografis merupakan representasi visual dari informasi, data atau pengetahuan yang terasji dalam format grafis yang menarik dan mudah dipahami. Infografis dapat berupa gambar, diagram, grafik, dan lainnya yang menceritakan suatu informasi atau data secara visual. 

7.2 Data Storytelling

Data storytelling adalah seni menceritakan suatu informasi melalui data. Data-data yang ada diolah dan disajikan dalam suatu alur cerita yang menarik agar mudah dipahami pembaca.

Baca Juga :  3 Strategi SEO Efektif di Era Modern untuk Bisnis Online

7.3 Timelines

Timeline atau garis waktu merupakan tampilan visual dari peristiwa-peristiwa dalam kronologi waktu tertentu. Timeline sangat membantu pembaca memahami urutan kejadian dari waktu ke waktu.

7.4 Charts & Graphs

Penyajian data dalam bentuk bagan dan grafik sangat membantu pembaca memahami data secara cepat dan mudah. Jenis bagan yang umum tersaji antara lain pie charts, bar charts, line charts, dan lainnya.

7.5 Comparison Tables

Tabel perbandingan sangat berguna untuk membandingkan fitur atau spesifikasi dari beberapa objek secara jelas dalam satu tampilan. Hal ini memudahkan pembaca melihat perbedaan dan persamaan dari objek-objek yang dibandingkan.

Dengan memanfaatkan berbagai jenis visualisasi data ini, konten situs web menjadi lebih menarik, informatif, dan mudah dipahami oleh pengguna. Ini sejalan dengan prinsip SGE yang mengedepankan pengalaman pengguna yang baik.

Kesimpulan

Kehadiran SGE di mesin pencari mempunyai dua sisi. Dari sisi pengguna, ini adalah fitur baru yang memanjakan dan memudahkan. Di era artificial intelligence seperti sekarang ini, SGE memang harus hadir agar Google semakin relevan dalam menjawab kebutuhan pengguna terhadap mesin pencari.

Sedangkan bagi sisi pemilik website, kehadiran SGE adalah tantangan. Sebagian menyebut bahwa Google SGE semakin membuat eksistensi situs tergerus. Namun jika mampu merespon tantangan ini dengan baik dan beradaptasi dengan SGE, hal ini dapat membantu stabilitas situs web di era ini.

Sebagai langkah antisipasi, salah satu langkah yang bisa publisher lakukan adalah dengan mempersiapkan situs ramah SGE. Beberapa saran untuk implementasi ini antara lain :

  • Fokus pada kualitas dan kelengkapan kontenĀ 
  • Meningkatkan interaktivitas dengan fitur seperti kuis, kalkulator, dsb
  • Manfaatkan data pengguna untuk personalisasi konten
  • Gunakan visualisasi data yang menarikĀ 
  • Optimalkan situs untuk mobile dan kecepatan loading

Sudah siapkah situs Anda berhadapan dengan era SGE?

0 Shares
Share via
Copy link
Powered by Social Snap