Type to search

Bisnis Online Marketing

20+ Strategi Pemasaran Online Budget Rendah untuk UKM

Share
Strategi pemasaran online untuk UKM

Pemasaran online atau digital marketing adalah nadi untuk pertumbuhan bisnis di era modern. Mulai dari skala kecil, UKM, hingga perusahaan besar, penggunaan strategi ini dapat meningkatkan pertumbuhan bisnis dengan sangat pesat.

Berbeda dengan perusahaan besar yang bisnis nya sudah mengakar kuat, bisnis ala UKM sedikit berbeda. Mereka sering terkendala dengan budget marketing yang tidak begitu besar.

Untuk mengakalinya, UKM harus cerdik dalam mengatur budget marketingnya. Jika tidak, akibatnya bisa fatal.

Apa itu Pemasaran Online?

Sebelum menggali lebih lanjut pemasaran online untuk UKM, kita perlu memahami lebih dulu apa yang dimaksud dengan pemasaran online.

Secara sederhana, pemasaran online adalah segala upaya yang dilakukan untuk melakukan pemasaran produk dan jasa dengan perantara media yang diakses secara online atau dengan internet.

Apakah pemasaran (marketing) sama dengan penjualan (selling)? Tidak, ada beberapa perbedaan diantara keduanya.

Dalam pemasaran kita berbicara tentang bagaimana sebuah brand, produk, atau jasa bisa dijangkau oleh banyak orang. Sedangkan penjualan adalah bagaimana cara membawa orang yang kita jangkau (prospek) tersebut menjadi pembeli.

Goal dari pemasaran ini sendiri lebih luas, dan salah satunya adalah meningkatkan aktivitas penjualan.

20+ Strategi Pemasaran untuk UKM

Dalam skala UKM yang seringkali terkendala dengan budget, pemasaran online sebaiknya tetap dilakukan dengan tertata dan cerdik. Di satu sisi UKM tetap bisa memanfaatkan iklan berbayar, dan di sisi lain juga harus memanfaatkan chanel- chanel kecil untuk mendongkrak aktivitas penjualan.

Artinya, manfaatkan semua chanel pemasaran online yang mungkin untuk dilakukan. Jadikan chanel berbayar dan gratisan untuk saling melengkapi dan menguatkan satu sama lain.

Berikut ini adalah 20+ strategi pemasaran online yang UKM layak coba :

1. Optimalkan SEO Website

SEO adalah fondasi dalam sebuah bisnis online. Dengan SEO yang kuat, website Anda akan menjadi muncul di halaman utama pencarian saat pelanggan mencari produk yang mereka butuhkan.

Untuk mengawalinya, cobalah melakukan riset kata kunci atau keyword yang relevan untuk produk dan jasa Anda. Salah satu tool yang direkomendasikan untuk riset keyword adalah Ubersuggest.

Cara riset kata kunci dengan UberSuggest

Pertama- tama, masukkan lah keyword utama dari produk Anda, masukkan target bahasa pencarian, lalu klik Search.

Misalnya Saya ingin mencari kata kunci potensial untuk produk sepatu kulit Saya, maka Saya akan memasukkan kata sepatu kulit. Dan, ini lah hasil data pencariannya …

Hasil riset sepatu kulit dengan UberSuggest

Dua hal penting yang perlu Anda perhatikan dalam pencarian tersebut adalah kata kunci dan volume pencarian bulanan.

Langkah selanjutnya adalah melakukan optimasi website Anda berdasarkan kata kunci potensial yang Anda butuhkan.

Untuk memastikan strategi SEO Anda optimal, Anda bisa membaca lebih lanjut artikel kami lainnya :
3 Strategi SEO Efektif di Era Modern untuk Bisnis Online.

2. Membangun Brand di Instagram

Menggunakan Instagram untuk membangun brand wajib hukumnya untuk setiap pebisnis online, termasuk UMKM. Bukan hanya memposting produk dan jasa, Anda juga bisa memanfaatkan media ini untuk memperkenalkan brand Anda.

Jika ingin brand Anda optimal di Instagram, pastikan Anda menggunakan Instagram bisnis, bukan personal. Dengan profil bisnis, Anda bisa mendapatkan insight yang lebih detail tentang apa yang terjadi di akun Instagram Anda.

3. Influencer dan Endorsement

Menggunakan jasa influencer dan endorsement adalah salah satu cara ampuh dalam pemasaran online. Selain meningkatkan jangkauan dan potensi sales, Anda juga memperoleh portofolio untuk produk dan jasa Anda.

Saat memilih influencer atau endorsement, Anda perlu mengintip lebih dulu aktifitas di akun Instagram mereka. Karena banyak akun instagram influencer yang jumlah follower banyak, namun aktifitas like dan komentar sangat minim.

Akun- akun seperti itu perlu dicurigai jumlah follower banyak karena penggunaan bot. Sayang sekali jika hasil yang ANda harapkan nanti menjadi tidak optimal, bukan?

4. Berpromosi dengan Paid Promote Instagram

Berbeda dengan Influencer & Endorsement, dalam paid promote Anda akan menggunakan akun- akun media populer, seperti akun gosip, akun dengan niche psikologi, wanita dan lain sebagainya.

Mirip dengan point #3, tolak ukur dalam penggunaan strategi pemasaran online ini bukan hanya jumlah follower, tapi juga aktivitas dalam akun. Jika follower banyak tapi aktivitas sangat minim sedangkan harga mahal, carilah referensi yang lain.

5. Menggunakan Instagram Ads

Jika Anda sudah menggunakan Instagram bisnis, maka langkah selanjutnya adalah menggunakan Instagram Ads alias promo berbayar Instagram untuk mempromosikan produk dan jasa Anda.

Dengan Instagram Ads, Anda bisa menjangkau lebih dalam ke audience tertarget Anda. Mulai dari gender, wilayah, demografis, behavior hingga hal- hal yang membuat audiens Anda tertarik. 

6. Bergabung dengan Grup Facebook Potensial

Menggunakan Facebook personal sudah tidak lagi efektif untuk berpromosi karena Anda hanya diatasi dengan 5000 pertemanan dan ada banyak faktor lainnya.

Sebagai alternatif, untuk promosi gratisan dan efektif di Facebook, Anda bisa memanfaatkan grup Facebook potensial.

Salah satu contoh grup jual beli di Facebook

Beberapa tips yang bisa Anda gunakan dalam mempromosikan produk dan jasa di Facebook Group :

  • Pastikan niche Anda sesuai dengan grup
  • Anda juga bisa mempromosikan produk di grup berbasis wilayah tertentu (misalnya grup kota X)
  • Patuhi peraturan grup dan jangan terlalu sering posting karena bisa dianggap mengganggu
  • Kualitas posting lebih penting daripada jumlah posting karena bisa dianggap spam oleh pengguna lainnya

7. Buat Halaman khusus Brand Anda

Saat menggunakan Facebook sebagai media pemasaran, penting untuk memisahkan akun pribadi dan bisnis. Itulah mengapa Anda harus membuat halaman khusus fans atau fanspage untuk brand.

Dengan membuat fanspage Facebook, Anda mempunyai akun khusus untuk menampung orang- orang yang tertarik pada produk Anda dan memfokuskan mereka untuk mengenal produk dan jasa tersebut lebih jauh.

8. Optimalkan dengan Facebook Ads

Setelah mempunyai halaman brand, maka Facebook Ads adalah strategi ampuh untuk mempromosikan bisnis Anda. Sama seperti Instagram, Anda bisa menyasar ke audiens yang Anda targetkan sesuai dengan gender, usia, demografis dan ketertarikan mereka.

Saat menggunakan Facebook Ads, penting sekali untuk melakukan split test. Artinya, melakukan testing iklan berdasarkan materi, target audiens dan placement untuk memastikan iklan Anda berjalan efektif.

Saat iklan berjalan efektif dan Anda menemukan winning campaign, langkah selanjutnya adalah melakukan scale up untuk lebih memaksimalkan kinerja iklan Anda.

9. Memasang Listing GMB (Google My Business)

Toko oleh- oleh di GMB

Google My Business atau GMB akan membantu bisnis Anda lebih optimal dalam pencarian lokal setempat. Jika bisnis Anda mempunyai store atau mengandung muatan lokal, mendaftarkannya ke GMB adalah hal yang sangat penting.

Misalnya saja Anda mempunyai toko bunga online dengan base utama di beberapa kota besar, maka penting untuk mengoptimasinya ke GMB. Tujuannya adalah agar brand Anda muncul saat seseorang mencari solusi tertentu di sekitar wilayahnya.

10. Google Ads

Google Ads akan menjadi solusi jitu di tengah ketatnya persaingan di mesin pencari. Saling melengkapi dengan SEO, Google Ads akan membantu calon pembeli untuk lebih mudah menemukan produk dan jasa Anda melalui penelusuran berbayar.

Saat Anda membidik kata kunci dengan persaingan yang ketat, Google Ads sangat direkomendasikan untuk dicoba. Terutama untuk jenis produk yang bersifat need base alias berbasis kebutuhan.

11. Membangun Chanel YouTube

Salah satu media branding yang kuat di era modern adalah video. Dan tentu saja, bicara tentang platform video, maka YouTube adalah media pemasaran online selanjutnya yang perlu Anda gunakan.

Beberapa jenis video yang dapat Anda promosikan via YouTube antara lain :

  • Video demo produk/ jasa
  • Video edukasi
  • Video branding
  • Video entertainment
  • Video motivasi

Karena YouTube adalah tempat pencarian terbesar kedua di dunia, tentu sangat disayangkan jika Anda sampai melewatkannya.

12. YouTube Ads

Jika Anda ingin mendapatkan eksposur yang lebih mendalam dalam bentuk video, maka YouTube Ads adalah pilihan yang menarik.

YouTube Ads adalah strategi pemasaran yang sangat baik dalam membangun awareness, baik dari sisi produk dan jasa, atau brand bisnis Anda secara langsung.

Dengan promosi berbayar di YouTube, Anda akan menjangkau lebih banyak orang tertarget sesuai keinginan Anda. Tentu saja hasilnya harus terukur dan memberikan ROI positif.

13. Membangun Profil Aktif di LinkedIn

Saat produk atau jasa Anda adalah produk B2B atau Business to Business, Anda bisa menggunakan LinkedIn sebagai media untuk membangun brand Anda.

Berbeda dengan media sosial pada umumnya, LinkedIn memberi kesan bahwa Anda adalah seorang profesional. Dengan begitu, akan lebih mempertemukan produk dan jasa Anda kepada para profesional yang membutuhkannya.

Saat pertama kali membuat profil Anda di LinkedIn, hindari terlalu agresif. Karena dihuni oleh profesional, platform ini sangat meminimalkan akun spam. 

14. LinkedIn Ads

Jika Anda merasa bahwa LinkedIn adalah media yang tepat untuk bisnis Anda karena dihuni para profesional, Anda juga bisa memanfaatkan media berbayar dari LinkedIn.

Untuk memulai LinkedIn Ads, Anda bisa mendaftarkan diri di Business Solutions on LinkedIn.

15. Mempromosikan Produk di Shopee

Anda juga bisa meningkatkan jangkauan audiens dengan membangun toko online di marketplace populer. Dalam daftar ini, tentu saja Shopee salah satunya.

Salah satu kelebihan Shopee adalah gemar bakar- bakar duit untuk memberikan promo kepada penggunanya. Nah, tentu saja ini akan menjadi keuntungan tersendiri untuk bisnis Anda.

Cara jualan di Shopee, daftar program gratis ongkir, dan jualan laris manis

Untuk mulai berjualan di Shopee, Anda bisa membaca artikel Cara Jualan di Shopee, Daftar Gratis Ongkir, dan Tips Jualan Laris Manis.

14. Buka Toko di Tokopedia

Setelah membuka toko di Shopee, selanjutnya adalah Tokopedia. Dengan mempromosikan produk Anda di Tokopedia, Anda akan memperluas jangkauan penjualan produk ke audiens tertarget.

Untuk memaksimalkan penjualan, Anda juga bisa menggunakan fitur TopAds dari Tokopedia atau upgrade menjadi Gold Merchant.

15. Optimalkan Bukalapak untuk Promosi Produk

Setelah Tokopedia dan Shopee, tentu saja Anda harus membuka lapak di Bukalapak. Tujuannya sama dan bisa dibilang mendaftar ke tiga marketplace ini adalah satu paket strategi yang tidak boleh dilewatkan.

Untuk mendaftar di Bukalapak juga sangat mudah. Anda bisa langsung mengunjungi website Bukalapak, dan mendaftarkan akun Anda.

16. Aktif di Forum- forum yang Relevan

Memanfaatkan forum- forum yang relevan juga bisa menjadi strategi pemasaran yagn jitu. Jika Anda bingung, Anda bisa memanfaatkan mesin pencari Google untuk menemukan halaman yang tepat untuk Anda.

Cobalah untuk mengetikkan kata kunci :
forum “topik Anda” seperti gambar berikut.

Mencari forum yang relevan

Selanjutnya, Anda bisa mencoba beberapa kata kunci relevan dengan produk Anda, dan memilih forum mana yang aktif dan bisa Anda coba.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan berbagai forum jual beli dari media- media besar. Seperti Kaskus, Detik, atau Kompas.

17. Membangun Blog

Salah satu strategi populer dalam pemasaran adalah membangun blog. Selain bisa digunakan untuk mendatangkan pengunjung secara rutin dari SEO, juga bisa membangun kredibilitas bisnis Anda di pasar.

Saat konten blog Anda menarik dan dirasa bermanfaat, Anda bisa mengumpulkan subscriber atau pembaca blog Anda. Saat mereka sudah terbiasa dan menyukai konten Anda, besar kemungkinan mereka juga akan menyukai produk Anda.

18. Metode Email Outreach

Email Outreach mungkin belum begitu populer di Indonesia. Namun strategi ini sudah banyak digunakan di negara barat dan memberikan dampak yang positif saat digunakan dengan tepat.

Email Outreach ini sendiri adalah mengirimkan email kepada orang- orang yang tidak kita kenal. Lantas, darimana kita mendapatkan email- email potensial tersebut?

Anda bisa memanfaatkan Google atau LinkedIn untuk mengumpulkan secara manual. Atau untuk hasil yang lebih maksimal bisa memanfaatkan aplikasi email finder seperti Snovio.

Dengan tool ini, Anda bisa menemukan alamat email dan melakukan validasi email tersebut untuk memastikan aktif tidaknya.

Strategi Email Outreach ini akan cocok untuk B2B atau Business to Business karena target pasarnya adalah para profesional.

19. Kolaborasi Brand

Kolaborasi brand bukan hanya dilakukan oleh brand yang sudah populer atau para influencer. Sesama bisnis UKM, juga bisa melakukannya.

Dengan berbagi benefit dan saling mempromosikan, misalnya dengan bertukar voucher atau mempromosikan di media masing- masing, maka kedua bisnis akan mendapatkan keuntungan yang menarik.

Layak dicoba, bukan?

20. Membangun Sistem Reseller

Jika bisnis Anda sudah mempunyai banyak barang, maka membangun sistem Reseller bisa mengoptimalkan bisnis Anda. Anda akan menjadi supplier, dan membantu banyak orang untuk mendapatkan peluang penghasilan.

Dengan sistem reseller, Anda akan menjual produk dengan harga lebih murah untuk mereka yang membeli secara grosir. Dalam best practice, penjualan akan menjadi lebih cepat karena Anda mempunyai pasukan penjualan tersendiri.

21. Membangun Sistem Afiliasi

Afiliasi juga menjadi salah satu metode penjualan yang sangat efektif. Dengan sistem afiliasi, Anda akan memberikan komisi saat penjualan terjadi oleh affiliate Anda.

Sistem afiliasi banyak diminati karena setiap orang bisa memulainya dengan gratis. Namun untuk memulainya, Anda perlu membangun sistem afiliasi yang baik agar mempermudah kinerja affiliate Anda.

22. Membuka Sistem Dropship

Alur bisnis dropship sangat mudah untuk pemula

Ada reseller dan afiliasi, tentu saja akan lebih ideal untuk menerapkan sistem dropship juga dalam bisnis Anda. Dalam sistem dropship, Anda akan membantu orang yang menjualkan produk Anda untuk dikirim atas nama toko mereka.

Sistem penjualan ini juga banyak diminati karena chanel penjualan Anda tidak perlu mengeluarkan uang sedikitpun untuk mulai berjualan. Selain itu, mereka juga tidak terlibat dengan kerumitan packing dan stok barang.

23. Viral Marketing dengan Giveaway

Anda ingin mendapatkan eksposur dengan cepat untuk bisnis baru Anda? Maka viral marketing adalah jawabannya. Dan tentu saja, cara termudah yang bisa Anda terapkan adalah dengan giveaway.

Dalam giveaway, Anda akan meminta orang untuk melakukan sesuatu yang mendorong eksposure produk Anda, lalu memberikan produk secara cuma- cuma kepada mereka yang terpilih.

Untuk melakukan viral marketing ini, Anda bisa menggunakan tool marketing seperti ViralLoops.

Kesimpulan

Ternyata ada banyak pilihan strategi pemasaran berbudget rendah yang bisa digunakan untuk UKM atau skala bisnis lainnya. Dalam prakteknya, Anda mungkin tidak harus mencoba semuanya.

Namun, deretan strategi di atas pada dasarnya saling melengkapi dan sangat bisa dikombinasikan dengan sangat baik satu sama lain untuk mengoptimalkan penjualan dalam bisnis Anda.

Jika terkendala dengan jumlah tim, Anda bisa mencoba testing beberapa strategi untuk memilih- milih mana yang paling ideal dan memberikan dampak signifikan untuk bisnis Anda.

Selamat mencoba!

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Mendapatkan Uang dan Untung Berlipat dari Bisnis Afiliasi ( Affiliate )
Tags:
Mas Panda

Berkecimpung di niche Blogging & Digital Marketing lebih dari 5 tahun. Pernah menjadi salah satu bagian dari Digital Marketing Agency terbesar di Jawa Tengah. Sedang dan terus belajar dalam Digital Marketing.

  • 1

You Might also Like

Tinggalkan balasan

avatar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
Notify of