Type to search

Marketing

Pengertian Lengkap Iklan : Ciri, Jenis, Tujuan, Manfaat, dan Syarat Iklan

Share
Pengertian, Ciri, Tujuan, dan Jenis Iklan

Iklan tentu bukan istilah yang asing lagi untuk sebagian besar dari kita. Hampir setiap hari kita bertemu dengan iklan, entah dengan sengaja ataupun tidak. Lantas, apa itu iklan? Bagaimana ciri- ciri iklan dan apa saja jenis iklan? Di artikel ini, iklan akan menjadi sajian lengkap dari PandaGila.com.

 

Pengertian Iklan

Secara definisi, iklan adalah suatu bentuk informasi yang dilakukan oleh seseorang, instansi/ lembaga, atau perusahaan, yang isinya berupa pesan menarik tentang sebuah produk atau jasa yang ditujukan kepada khalayak atau kelompok masyarakat tertentu. Tujuan utama mengapa iklan dibuat adalah untuk membujuk atau mendorong masyarakat agar mereka tertarik untuk menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan.

Agar menjangkau banyak orang, iklan perlu ditayangkan dengan media yang tepat, baik itu media online, maupun offline. Beberapa contoh media offline antara lain seperti Koran, tabloid, televisi, brosur, atau spanduk yang sengaja dipasang di tempat- tempat umum. Sedangkan media iklan online antara lain situs website, dan media sosial.

Dalam materinya, iklan biasanya menggambarkan informasi non personal mengenai sebuah produk atau jasa, perusahaan, nama merek, dan informasi inti yang ingin disampaikan. Semua kombinasi ini ditujukan untuk menarik perhatian orang lain dan mendorong mereka untuk melakukan aksi atau mempengaruhi mereka untuk membeli produk yang ditawarkan.

 

Pengertian Iklan Menurut Para Ahli

Untuk memahami lebih lanjut tentang iklan, kita dapat merujuk lebih lanjut tentang pengertian iklan menurut para ahli. Berikut adalah definisi iklan menurut para ahli :

Kotler

Menurut Kotler, iklan adalah bentuk penyajian dan promosi suatu barang, jasa, dan ide secara non-personal oleh suatu sponsor tertentu dimana untuk penayangannya biasanya harus membayar suatu media sebagai kompensasinya.

Courtland L. Bovee

Pengertian iklan menurut Courtland L Bovee adalah suatu komunikasi non-personal yang biasanya berbayar, dan sifatnya persuasive terhadap suatu produkm jasa, atau ide dari sponsor yang dimuat melalui berbagai media.

Rhenald Kasali

Sedangkan pengertian iklan menurut Rhenald Kasali adalah suatu pesan yang menawarkan sebuah produk atau jasa yang ditujukan kepada khalayak melalui perantara suatu media.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI sendiri, iklan berarti pesan atau berita yang bertujuan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang atau jasa yang ditawarkan.

 

Ciri- Ciri Iklan

Karena sering menemuinya, sebagian dari khalayak cenderung sangat mudah dalam mengenali sebuah iklan. Mereka biasa mengenalinya dari karakteristiknya dan ciri- ciri yang ditunjukkan.

Berikut ini adalah ciri- ciri iklan pada umumnya :

·         Pesan atau informasi yang disampaikan komunikatif dan informatif

Artikel Menarik Lainnya :   4 Hal yang Paling Sering Dilanggar oleh Para Advertiser Facebook Ads

·         Dikemas dengan kata- kata yang persuasive agar lebih menarik bagi orang lain

·         Menggunakan kata- kata (diksi) atau bahasa yang tepat, logis, sopan, serta mudah dimengerti oleh target market

·         Menjelaskan tentang produk atau jasa dan cara kerja produk atau jasa tersebut

 

Pengaruh dan manfaat branding

Tujuan dan Manfaat Iklan

Dari penjabaran di atas, secara besar kita memahami bahwa tujuan dari iklan adalah untuk mempengaruhi orang lain agar tertarik untuk menggunakan sebuah produk atau jasa. Dalam versi yang lebih rinci, berikut ini adalah tujuan dari iklan :

·         Memberikan informasi kepada target market mengenai produk atau jasa, merek, perusahaan atau suatu ide/ gagasan.

·         Mempengaruhi kelompok yang menjadi target market untuk menggunakan atau membeli produk atau jasa yang ditawarkan dalam iklan tersebut.

 

Selain dengan tujuan tertentu, iklan dibuat untuk memberikan manfaat atau keuntungan kembali untuk si pengiklan. Beberapa manfaat iklan yang bisa diperoleh pengiklan antara lain :

·         Produk atau jasa yang diiklankan akan lebih mudah dikenal masyarakat luas

·         Konsumen baru bertambah sehingga meningkatkan penjualan produk atau jasa

·         Meningkatkan kesadaran merek sehingga masyarakat akan lebih mudah mengidentifikasi produk dan meningkatkan kepercayaan terhadap produk atau jasa yang diiklankan

Artikel Menarik Lainnya :   Step by Step Memulai Bisnis Online Afiliasi ( Affiliate Marketing )

 

Syarat- syarat Iklan

·         Iklan tidak muncul begitu saja. Agar tujuan dan manfaat iklan dapat tercapai, dan iklan tersebut bisa disebut baik, maka iklan harus mengandung syarat- syarat berikut ini :

·         Bersifat obyektif, jujur, dan proporsional

·         Mengandung informasi yang padat, jelas, dan mudah dipahami target market

·         Dikemas dalam tampilan yang menarik agar menarik perhatian dan minat target market

·         Iklan sebaiknya tidak menyinggung, atau merendahkan pihak atau produk lain

 

Jenis- jenis Iklan dan Contohnya

Ada banyak sekali jenis iklan yang sering kita lihat selama ini. Dari jenisnya, iklan dapat dibagi berdasarkan isi, media, dan sifat iklan itu sendiri.

Iklan Berdasarkan Isi

1.       Iklan Pemberitahuan (Pengumuman)

Yaitu iklan yang bertujuan untuk menarik perhatian khalayak melalui informasi atau pemberitahuan tertentu. Misalnay saja iklan pemberitahuan duka cita atau reuni alumni sekolah.

 

2.       Iklan Penawaran (Niaga)

Yaitu iklan yang bertujuan untuk menawarkan produk atau jasa kepada khalayak ramai. Contoh iklan ini misalnya iklan sepatu, iklan smartphone, iklan jasa kurir, iklan laundry, dan lain sebagainya.

 

3.       Iklan Layanan Masyarakat

Berbeda dengan dua jenis iklan sebelumnya, iklan layanan masyarakat bertujuan memberikan informasi atau edukasi kepada masyarakat mengenai isu atau topik tertentu. Iklan layanan masyarakat ini biasanya dibuat oleh lembaga atau instansi pemerintah atau organisasi non-profit.

Mengenal tipe konsumen bisnis online

Iklan Berdasarkan Media

Selanjutnya, jenis iklan berdasarkan media yang dipakai terdiri dari :

1.       Iklan Cetak

Sesuai dengan namanya, iklan cetak adalah jenis iklan yang dipasang di media menggunakan teknik cetak, baik itu dengan cara laser, sablon, letterpress, dan lain- lain. Contoh dari iklan cetak antara lain adalah Koran, tabloid, stiker, poster, brosur, dan lain sebagainya.

 

2.       Iklan Elektronik

Kebalikannya dari iklan cetak, iklan elektronik memanfaatkan media berbasis perangkat elektronik, seperti televise, radio, film, dan media digital interaktif (internet). Masing- masing dari perangkat elektronik ini mempunyai karakteristik yang berbeda- beda.

 

·         Iklan Radio : mengandalkan kekuatan suara karena hanya bisa didengarkan saja. Contoh iklan radio adalah sponsor program, spot, dan ad-lib.

Artikel Menarik Lainnya :   Diduga Sarat Penipuan, Facebook Tolak Tayangkan Iklan Terkait Cryptocurrency

·         Iklan Televisi : iklan dengan media yang bisa menggunakan kombinasi unsur suara, gerak, teks, dan gambar sehingga pesan iklan lebih tersampaikan kepada audience. Contoh iklan televisi antara lain live action, stop action, musik, sponsor program, running text, credit title, animation, promo ads, backdrop, ad-lib, dan superimposed.

·         Iklan Film : iklan yang muncul saat kita tengah menonton sebuah film di bioskop. Iklan yang ditayangkan dalam jenis ini antara lain live action, dan endorsement.

·         Iklan Media Digital : jenis iklan yang tayang di berbagai media online. Beberapa contoh dari jenis iklan ini antara lain banner website, sponsorship, search engine marketing, email marketing, native ads, social media ads, dan masih banyak lagi.

·         Iklan luar ruang : adalah jenis iklan elektronik yang menjangkau khalayak ramai di luar ruangan. Contoh dari iklan ini adalah iklan transit, mobile billboard, LED display, outdoor standar, dan masih banyak lainnya.

 

Jenis iklan Berdasarkan Tujuannya

Bagian terakhir dari artikel ini adalah jenis iklan berdasarkan tujuannya, yaitu iklan komersial dan iklan non-komersial.

1.       Iklan Komersial

Karena bersifat komersial, maka sudah pasti tujuan dari jenis iklan ini adalah untuk mencari keuntungan ekonomi, atau meningkatkan penjualan. Iklan komersial ini sendiri terdiri dari tiga jenis, yaitu :

·         Iklan Konsumen, ditujukan kepada end customer atau konsumen akhir sebuah produk

·         Iklan Bisnis, ditujukan kepada pihak yang bisa mengolah atau menjual produk kembali ke end customer

·         Iklan Profesional, yaitu iklan yang ditujukan untuk segmen tertentu dalam kelompok professional

 

2.       Iklan Non-Komersial

Kebalikannya dari iklan komersial, goal utama dari iklan non komersial adalah untuk membagikan informasi dan edukasi terhadap khalayak. Iklan ini tidak memikirkan keuntungan secara ekonomi, namun lebih ke arah sosial.

Tujuan yang ingin dicapai dari iklan ini adalah peningkatan pengetahuan, kesadaran, sikap, dan perubahan perilaku masyarakat terhadap isu yang diiklankan. Salah satu contoh dari iklan non-komersial adalah iklan masyarakat untuk kampanye keluarga berencana, kampanye hemat listrik atau kampanye makan ikan.

 

Sampai di bagian akhir, semoga saja artikel yang kami suguhkan tentang pengertian iklan secara umum dan menurut para ahli, macam- macam iklan, ciri, tujuan dan manfaat iklan bermanfaat untuk pembaca.

 

 

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.