Type to search

Bisnis Online

12+ Situs Freelance Indonesia & Luar Negeri Terbaik dan Terpercaya

Situs freelance Indonesia dan Luar Negeri Terbaik

Mencicipi profesi freelance adalah pilihan yang menarik saat Anda ingin mendapatkan uang tambahan dari internet. Menjadi seorang freelancer juga membuat Anda lebih optimal dalam memanfaatkan waktu luang secara produktif.

Anda mungkin saja bisa menjadi seorang freelancer desain grafis, artikel, konten media sosial, penerjemah dan banyak profesi lainnya. Tertarik untuk mencobanya?

Apa itu Freelance?

Sebelum melangkah jauh, kita perlu mengenal lebih mendalam tentang apa itu Freelance. Freelance adalah pekerjaan bebas, sedangkan freelancer sering disebut sebagai pekerja lepas.

Per definisi, mereka yang berkecimpung dalam dunia freelance adalah kelompok orang- orang yang bekerja tanpa ikatan kerja resmi dengan perusahaan tertentu. Mereka tidak terikat dengan kontrak kerja, jam kerja, atau target yang disetting oleh perusahaan.

Sebaliknya, mereka bekerja berdasarkan proyek yang ditangani. Proyek ini biasanya berasal dari satu jenis klien tertentu dengan kesepakatan waktu pengerjaan dan juga bayaran proyek.

Ada beberapa hal yang sering orang tanyakan terkait freelance ini :

Apa itu Freelancer Online?

Freelancer online berarti pekerjaan freelance/ lepas yang dilakukan secara online. Anda bisa mendaftarkan diri ke situs freelancer online untuk mulai menjadi freelancer online.

Bagaimana cara menjadi freelancer?

Jika Anda mempunyai keahlian yang dibutuhkan, seperti copywriting, desain grafis, developer, penerjemah, content marketing, atau yang lainnya, cobalah untuk mendaftarkan ke deretan situs freelancer berikut ini. Pendaftaran bisa dilakukan dengan gratis dan mudah.

Situs Freelance Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Pada umumnya, pekerja yang paling banyak dicari dalam situs freelance adalah mereka yang mempunyai keahlian dalam membuat desain, pembuatan website, menulis, dan menerjemahkan. Tapi ada juga ketrampilan menarik lainnya yang kerap dicari dalam situs freelance.

Jika memang salah satu dari hal ini adalah passion Anda, coba lah untuk bergabung dalam situs freelance terbaik dan terpercaya berikut ini :

Artikel Menarik Lainnya :   Catat, Ini Modus Penipuan Belanja Online Terhadap Penjual dan Pembeli

1. Freelancer Indonesia

Freelancer Indonesia - Situs Freelance Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Freelancer Indonesia dikenal sebagai salah satu situs freelance terbesar di Indonesia. Website ini sendiri merupakan versi Indonesia dari situs startup dari Australia, Freelance.

Jenis pekerjaan yang bisa Anda tangani di Freelance Indonesia cukup variatif, mulai dari IT, marketing, desain, translator, hingga jurnalistik. Saat menerima job, Anda akan dijelaskan secara detail di setiap entri proyek.

Anda akan melihat nama, deskripsi proyek, keahlian apa saja yang dibutuhkan, jumlah orang yang melamar pekerjaan tersebut, berapa upah untuk pekerjaan, dan deadline pekerjaan.

Yang menarik, Freelancer juga kerap menawarkan kontes dimana Anda dapat bersaing dengan freelancer lain untuk mengerjakan proyek yang nantinya akan dipilih oleh klien.

Jika Anda ingin bergabung dengan situs yang satu ini, pastikan bahwa Anda mempunyai kartu kredit atau akun PayPal karena mereka melakukan dan menerima pembayaran melalui dua payment method tersebut.

2. Sribulancer

Sribulancer, Situs Freelance Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Sribulancer adalah salah satu situs web freelance terpopuler di Indonesia. Anda dapat menemukan berbagai pekerjaan yang berhubungan dengan jasa pembuatan website, desain grafis, penerjemah, hingga social media marketing.

Sribulancer mempunyai reputasi yang baik dan terpercaya dalam membayar penggunanya. Situs ini tersedia dalam dua versi Bahasa, yaitu Bahasa Inggris dan Indonesia. Mereka juga memberikan opsi kepada penggunanya untuk menerima pembayaran dalam bentuk rupiah ataupun US dollar. 

3. Projects.co.id

Projects.co.id - Situs Freelance Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Melalui Projects.co.id, Anda bisa menemukan pekerjaan sampingan untuk IT, SEO, media sosial, dan digital marketing lainnya. Selain pekerjaan freelance, Anda juga dapat melakukan transaksi jual beli digital, seperti desain kaos, template website, eBook, dan masih banyak lagi.

Salah satu fitur unik dari Projects ini adalah tersedianya program Affiliate Referral. Saat ada orang yang melakukan transaksi lewat URL affiliate Anda, maka Anda bisa menikmati komisi berkisar antara 10 – 20 persen dari harga proyek.

4. Sribu

Sribu - Situs Freelance Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Sribu adalah anak perusahaan dari Sribulancer yang hanya fokus untuk graphic designer. Jenis desain yang mereka tawarkan pun cukup beragam, mulai dari desain website, aplikasi mobile, logo perusahaan, hingga kemasan & interior.

Sribu mempunyai sistem kontes dimana para desainer grafis dapat memasukkan karya mereka kepada pemilik proyek. Langkah selanjutnya, pemilik proyek akan memilih mana karya yang paling mereka sukai.

Artikel Menarik Lainnya :   SEO Tokopedia : Tips Mengoptimalkan Produk Anda Agar Tampil Teratas di Pencarian

5. Fastwork.id

Situs freelance Indonesia Fastwork.id

Fastwork adalah situs freelance terbaik selanjutnya yang layak Anda coba. Di situs ini, Anda bisa menawarkan keahlian Anda dalam grafis & desain, penerjemah, web dan pemrograman, audio visual, pemasaran dan periklanan, serta gaya hidup.

Fastwork.id memberikan kemudahan mengerjakan proyek untuk pekerja dan freelancer. Freelancer dapat berdiskusi tentang detail pekerjaan dan membuat kesepakatan. Setelah pekerjaan selesai dan disetujui pemberi proyek, Anda akan mendapatkan pembayaran Anda.

Selain situs freelance Indonesia di atas, ada juga beberapa situs freelance terpercaya dari luar negeri yang layak Anda coba :

6. Upwork.com

Situs freelance Upwork.com

Upwork adalah situs freelance berbasis cloud dengan jumlah klien dan freelancer terbesar. Website ini dapat digunakan berbagai kalangan karena ada banyak freelancer dengan tingkat keterampilan yang berbeda- beda.

Upwork mempunyai UI yang user friendly sehingga mudah mengarahkan pengguna dalam mencari freelancer. Sedangkan freelancer dapat berkomunikasi dengan mudah karena fitur komunikasi yang ditawarkan oleh Upwork.

7. Crowdsource

Crowdsource, situs freelance terpercaya

Crowdsource adalah situs freelance yang cocok untuk Anda yang mencari pekerjaan di bidang pembuatan konten, editing, perusahaan media, dan publishing. Yang menarik, CrowdSource memecah tugas- tugas besar besar ke dalam tugas- tugas kecil agar lebih mudah dikelola.

Crowdsource adalah platform yang sangat profesional. Sehingga jika Anda dianggap memenuhi syarat dan berhasil menjadi freelancer yang baik, maka Anda bisa menerima kompensasi yang lebih besar dan akses ke banyak pekerjaan.

8. 99Design

99Design, situs freelance untuk desainer

Merujuk pada namanya, 99Design adalah situs freelance yang ditujukan khusus untuk para desainer grafis. Situs ini menerapkan sistem kontes dimana para desainer akan memasukkan hasil karya mereka ke sebuah proyek, dan pemilik proyek akan memilih mana yang mereka sukai.

Jika Anda ingin membuktikan kualitas desain Anda, situs ini adalah pilihan yang tepat.

9. Fiverr

Fiverr, situs freelance populer

Fiverr adalah situs yang sudah senior dalam menyediakan layanan jasa freelance. Calon pengguna dapat dengan mudah memilih freelancer berpengalaman karena ada banyak pilihan.

Persaingan untuk mendapatkan klien akan sangat ketat di situs ini. Kabar baiknya, Fiverr menyediakan pelatihan gratis untuk mengembangkan keterampilan para freelancer dan mengajarkan tips mendapatkan klien.

Artikel Menarik Lainnya :   Bisnis Online Tanpa Produk: Dropship, Reseller, Afiliasi, atau Joint Venture?

10. TopTal

TopTal, situs freelancer populer luar negeri

Untuk berada di situs freelance yang satu ini, Anda harus mempunyai deretan portofolio berkualitas. Situs ini mempunyai proses seleksi yang sangat ketat dan mereka mencari talenta- talenta terbaik untuk pencari jasa di situs mereka.

Tagline mereka sendiri adalah ‘Hire The Top 3% of Freelance Talent’, yang merupakan klaim bahwa mereka bisa menyewa 3% freelance global teratas. Karena tingkat kesulitan dan kualitas yang terjamin, jangan heran jika bayaran di situs ini jauh lebih tinggi dibandingkan situs freelance lain dalam daftar ini.

11. Guru

Guru, situs freelance sejak 2001

Guru sudah berdiri sejak tahun 2001 dan segera menjadi salah satu situs freelance terbaik yang ada di dunia. Disini pekerja bisa melakukan filter proyek berdasarkan lokasi, kategori maupun jenis pembayaran (per jam atau per proyek).

Di situs ini, pencari kerja maupun pencari jasa diharuskan membuat profil masing- masing. Setelah mereka cocok dengan profil masing- masing, pekerjaan bisa dimulai.

12. Writer Access

Writer Access, situs freelance untuk penulis

Sesuai namanya, Writer Access adalah situs yang ditujukan untuk para penulis lepas. Freelancer bisa menemukan beragam pekerjaan yang berkaitan dengan dunia menulis. Mulai dari menulis artikel, laporan ilmiah, studi kasus, dan masih banyak lainnya.

Writer Access juga dipersenjatai dengan berbagai tools untuk penulis, seperti optimasi keyword, content planner, dan analytics. Dengan begitu, penulis bisa bekerja dengan lebih efisien dan memberi hasil lebih berkualitas.

13. PeoplePerHour

PeoplePerHour, situs freelance luar negeri populer

Situs ini mempunyai lebih dari 1,5 juta freelancer yang menggunakan layanannya. Setiap freelancer bisa mendapatkan rating yang bisa mendongkrak popularitasnya serta menjadi media promosi.

Persaingan di situs ini sangat ketat. Maka dari itu, jika ingin bisa bersaing dengan pengguna lain, selain menonjolkan keterampilan, pastikan Anda tidak mematok harga yang tidak wajar.

Nah, karena ketatnya persaingan di PeoplePerHour, Anda jangan berharap mendapatkan keuntungan yang besar. Selalu patok harga yang wajar agar bisa bersaing dengan pengguna lainnya.

Kesimpulan

Anda tertarik untuk menjadi seorang freelancer? Untuk memulainya, akan lebih mudah jika Anda mencoba website freelance Indonesia, seperti Sribulancer, Projects.co.id atau yang lainnya.

Setelah Anda mempunyai cukup banyak portofolio dan meningkatkan keterampilan, saatnya untuk lebih mengembangkan diri di situs freelance luar negeri. Dengan keahlian yang semakin meningkat, Anda akan lebih percaya diri untuk bergabung bersama situs- situs besar internasional seperti Toptal.

Jadi saat bergabung dengan situs freelance, pastikan uang bukan hanya menjadi orientasi Anda saja. Melainkan juga pengembangan diri untuk meraih tujuan yang sebenarnya lebih besar lagi.

Selamat mencoba!

Tags:
Redva

I'm a Digital Marketing enthusiast. Bekerja di salah satu digital marketing terbesar di Jawa Tengah sebagai Digital Strategist dan telah menulis untuk blog dengan niche teknologi & digital marketing lebih dari 4 tahun.

  • 1

You Might also Like

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x