Type to search

SEO Trending

Google Mengkonfirmasi Peluncuran Update Algoritma Inti Desember

Update algoritma Google

Update algoritma dalam Google bukanlah hal baru. Pada 3 Desember ini, Google secara resmi mengkonfirmasi adanya peluncuran pembaruan algoritma inti.

Seperti yang Google informasikan dalam pengumuman tersebut, panduan Google terkait pembaruan algoritma masih sama seperti sebelumnya.

Pembaruan algoritma ini sendiri adalah pembaruan algoritma inti ketiga pada tahun ini. Dibandingkan dengan rata- rata waktu dari pembaruan sebelumnya, ada jeda yang cukup lama sejak pembaruan inti terakhir dilakukan.

Pembaruan inti terakhir sendiri meluncur di internet dengan sebutan “Star Wars Day”, atau pembaruan Google 4 Mei.

Ada beberapa alasan mengapa Google menunda peluncuran pembaruan algoritmanya. Salah satunya adalah berkaitan dengan pandemi. Karena jeda yang cukup lama, kira- kira apakah akan ada dampak besar dari pembaruan ini?

Belum bisa dipastikan. Karena baru launching, proses pembaruan ini bisa memakan waktu hingga berminggu- minggu. Namun yang pasti, setelah konfirmasi awal peluncuran, biasanya Google akan memberi update kembali setelah peluncuran ini selesai.

Daftar Isi

Apakah Situs akan Terdampak Hebat dengan Pembaruan Google?

Belum ada kepastian dan laporan apapun saat artikel ini tayang. Namun sebagian pemilik situs mengungkapkan rasa panik dan cemas. Di sisi lain, pembaruan algoritma sebenarnya bisa kita jadikan sebagai pembelajaran baru untuk mengatasi beberapa masalah di website.

Beberapa tanggapan yang terekam di Twitter bisa Anda lihat disini :

Secara umum, SEO dan pemilik situs menganggap pembaruan Google selalu menciptakan situasi buruk. Meski di sisi lain, pembaruan ini juga merupakan peluang bagi website untuk mendapatkan penghargaan atas upaya optimasi yang mereka lakukan selama beberapa bulan terakhir.

Pembaruan ini sekaligus membantu situs yang terkena dampak negatif dari pembaruan inti sebelumnya. Dalam pembaruan terbaru, Google akan menilai kembali bagaimana konten seharusnya mendapatkan peringkat setelah perubahan dilakukan dari update terakhir.

Situs yang memang bekerja keras untuk meningkatkan peringkat mereka, mungkin justru mengalami kemunduran. Di sisi lain, situs yang berupaya mengoptimalkan kontennya akan melihat hasil lebih positif.

Pembaruan untuk Memberikan Efek yang Lebih Luas

Satu hal yang pasti, pembaruan ini akan memberikan dampak yang terlihat. Google merancang pembaruan inti luas atau broad core update ini untuk menghasilkan efek yang terlihat secara signifikan di seluruh hasil penelusuran, di semua negara dalam semua bahasa.

Saat pembaruan ini selesai diluncurkan, situs akan melihat penurunan atau peningkatan dalam peringkat pencarian. Perubahan dalam peringkat, baik itu positif atau negatif, menunjukan relevansi konten dalam situs.

Saat konten menjadi lebih relevan sejak pembaruan inti terakhir, peringkat kemungkinan besar akan lebih tinggi. Begitu juga sebaliknya.

Membuat konten lebih mendalam adalah salah satu cara efektif untuk mengirimkan sinyak ke Google tentang seberapa relevan konten tersebut untuk kata kunci tertentu.

Konten juga akan terlihat lebih relevan saat ada pergeseran umum dalam minat penelusuran ke topik tertentu.

Kesimpulan

Pembaruan algoritma adalah hal yang tak bisa dihindari oleh seorang publisher dan ahli SEO. Google melakukan banyak perubahan dari waktu ke waktu, dan tujuannya adalah menyajikan hasil pencarian yang lebih relevan untuk penggunanya.

Sumber daya langsung dari pembaruan Google ini dapat Anda baca di panduan Google : What webmasters should know about Google’s core updates.

Artikel ini terupdate oleh Google secara berkala untuk memberikan panduan pada pemilik website tentang apa yang perlu diketahui dalam core update Google.

Artikel Menarik Lainnya :   Apa Saja Manfaat Internal Link untuk Website/ Blog?
Mas Panda

Berkecimpung di niche Blogging & Digital Marketing lebih dari 5 tahun. Pernah menjadi salah satu bagian dari Digital Marketing Agency terbesar di Jawa Tengah. Sedang dan terus belajar dalam Digital Marketing.

  • 1
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x