[ADINSERTER AMP]

Type to search

Marketing

Bagaimana Cara Meningkatkan Penjualan Melalui Branding?

Meningkatkan penjualan melalui branding

Dalam digital marketing, kita sering berbicara tentang bagaimana cara meningkatkan penjualan melalui branding, dengan membawa contoh logo terkenal dari perusahaan sukses dan membujuk mereka untuk membuat identitas perusahaan mereka sendiri. Ini adalah hal yang kita semua bisa lakukan.

Di sisi lain, bicara tentang kebutuhan membuat merek dan logo, kita sering dihadapkan pada masalah tertentu. Terutama tentang mengapa kita sering membayar secara berlebihan?

Pertama-tama, kita membayar lebih untuk kepercayaan kita dalam pembelian tanpa konsultasi dan ulasan yang tidak perlu. Produk apa pun bisa memiliki kualitas yang tinggi. Tetapi logo dengan sejarah yang kaya dan penggemar yang banyak mengembangkan kepercayaan pada suatu produk atau layanan.

Produk seperti ini memberitahu konsumen bahwa jika mereka menyelesaikan pembelian ini, mereka tidak sedang membuang-buang uang, tetapi mengambil sesuatu yang sangat berharga.

Di waktu yang sama, apa yang diceritakan oleh produk yang bagus, tetapi tidak bermerek di tempat yang sama? Tidak ada.

Dalam artikel Panda kali ini, kita akan membahas bagaimana membuat produk dan layanan “tuli” yang mampu menarik khalayak secara tepat sasaran dan meningkatkan penjualan perusahaan.

Bagaimana Cara Membuat Merek yang Kuat

Pengaruh dan manfaat branding

Merek mempunyai pengaruh yang kuat terhadap penjualan jangka panjang. Dan saat kita menyadari hal ini, penting untuk mencari tahu bagaimana langkah awal membangun merek dan bagaimana cara mencapai hasil yang sama dengan logo kita. Karena komponen visual merek dimulai dengan logo.

Meski begitu, membuat logo bukan lagi perkara sulit di era digital sekarang ini. Ada begitu banyak layanan online yang membantu Anda menciptakan logo dengan mudah dan tidak memakan waktu.

Misalnya, Logaster menawarkan untuk membuat logo dan seluruh style perusahaan hanya dengan beberapa klik. Anda bisa melakukan pendekatan terbaik dalam membuat logo dengan merek Anda sendiri dalam beberapa menit.

Di tahap awal, Anda perlu membedakan dengan jelas antara konsep logo dan merek. Kembali ke situasi dengan konter dan produk yang mengisyaratkan di atasnya, kita dapat menyimpulkan bahwa kita tidak mempercayai sebuah gambar saja, yaitu logo. Tetapi kita mempercayai seluruh mereknya, yaitu pengalaman dan pencapaian perusahaan yang kita ketahui.

Dan logo dalam hal ini memungkinkan kami untuk mengidentifikasi perusahaan di balik produk tersebut. Artinya logo merupakan komponen penting dari branding. Namun ada elemen lain yang perlu diperhatikan.

Kualitas dan Harga

Kualitas produk atau layanan Anda harus dikonfirmasi dengan harga. Terkadang, tanpa konsultasi yang tepat waktu, konsumen mungkin menganggap produk yang lebih mahal memiliki kualitas yang lebih tinggi. Ini adalah persepsi yang sulit kita hindari.

Kendati begitu, Anda juga bisa kehilangan pelanggan dengan trik ini. Misalnya, merek Lexus diciptakan oleh Toyota Motors secara khusus untuk membedakan lini andalannya dengan slogan “The Unstoppable Rush for Success”. Mobil mewah kini hadir dalam 10 merek Jepang dengan harga pasaran.

Jika kebijakan penetapan harga Anda tidak melibatkan peningkatan harga untuk produk atau layanan yang bersaing, fokuslah pada penganggaran pembelian ini. Dengan menggunakan iklan dan petunjuk sederhana, biarkan pelanggan memahami bahwa fungsi dan kualitas produk Anda tidak kalah dengan yang diberikan oleh produsen yang lebih populer.

Ketidakkonsistenan kualitas hingga harga tinggi dapat berdampak buruk pada sikap pelanggan Anda terhadap perusahaan. Lebih baik mengandalkan sekelompok pembeli yang bersedia mempertaruhkan kualitas produk atau layanan dengan biaya rendah.

Perbedaan dalam menarik pelanggan

Cara membuat buyer persona
Infografis Buyer Persona/ via Slidesgo

Seberapa baik Anda mengenal audiens target atau buyer persona Anda?

Analisis ini diperlukan untuk mengembangkan strategi daya tarik pelanggan yang baik. Mempertimbangkan karakteristik audiens Anda diperlukan tidak hanya dengan menyediakan produk dan layanan, sambil mengembangkan identitas perusahaan dan memilih cat dinding di toko atau kantor.

Penting untuk selalu mengingat preferensi pelanggan potensial Anda dan bekerja dengan mereka, hanya dengan menggunakan metode dan pendekatan yang sesuai.


Artinya, saat membuka kamar bayi, Anda perlu mempertimbangkan layanan seperti apa yang akan diterima oleh orang tuanya, serta penawaran seperti apa yang akan menarik minat seorang anak untuk masuk ke ruang bermain Anda.

Jika ini tampak seperti tugas yang sulit, maka mari kita ingat Walt Disney. Dia tidak berhenti di industri utamanya, yaitu animasi. Dia juga mengambil resiko untuk membeli 60 hektar tanah di New Orleans, dimana dia membangun Disneyland dengan slogan “Tempat paling bahagia di dunia.”

Pendekatan baru untuk menarik pelanggan ini sangat menggembirakan dan meningkatkan penjualan perusahaan secara signifikan. Analisis fitur pelanggan Anda dan lakukan eksperimen dengan pendekatan untuk menarik pelanggan baru.

Bekerja dengan Pelanggan

Klien yang tersinggung bukanlah kerugian tunggal, tetapi virus yang menyebarkan ulasan negatif tentang perusahaan di mana pun memungkinkan. Dengan demikian, perusahaan tidak hanya kehilangan pelanggan saat ini, tetapi juga pelanggan potensial. Hal ini penting untuk menghindari kelalaian dalam berkomunikasi dengan pelanggan.

Tidak masalah apakah Anda sedang melakukan dialog atau saling mengirim email, tunjukkan minat Anda dalam memecahkan masalah. Klien harus tahu bahwa bekerja dengan Anda aman. Selain itu, ketertarikan pada pendapat dan evaluasi pelanggan dapat membuka cara pengembangan perusahaan yang lebih prospektif bagi Anda.

Jadi perusahaan terkenal di dunia LEGO dan slogannya “Anak-anak Membantu Kami sebagai Contoh”, di pertengahan tahun 60-an menjadi yang pertama mendengarkan keinginan pelanggan. Ini mereka lakukan sebelum mulai mengembangkan produk baru.


Tindakan ini ternyata membantu perusahaan menyelesaikan salah satu proyek paling sukses: membuat rel kereta api dari balok, yang mendatangkan keuntungan besar bagi pemiliknya.

Jangan menunda-nunda, pelajari bagaimana menanggapi pelanggan dengan cepat. Ini menciptakan citra perusahaan Anda yang menguntungkan. Cara Anda berkomunikasi dengan pelanggan, suasana hati, dan gaya percakapan Anda dapat secara langsung mempengaruhi penjualan.

Seringkali, setelah berbicara dengan konsultan berpengalaman, klien melakukan pembelian yang sebelumnya tidak direncanakan. Selain itu, memahami prinsip dasar psikologi akan membantu Anda menarik minat pembeli dan menginspirasi kepercayaan padanya. Tapi ini membutuhkan dialog. Jangan takut untuk berbicara dengan pelanggan Anda.

Style yang Kreatif

Referensi logo populer dunia

Ciptakan styleperusahaan Anda yang khas dan pertahankan. Sehingga akan memudahkan pelanggan Anda untuk dengan kompak membentuk citra perusahaan Anda.

Style asli ini tidak hanya mencakup warna korporat atau penggunaan logo perusahaan. Ini juga tentang cara konten dibuat: tema dan style yang akan mendominasi blog atau media sosial Anda.

Dianjurkan untuk memposting foto produk atau komponen visual lainnya yang digabungkan satu sama lain ke sumber daya web Anda, menciptakan citra asli perusahaan. Untuk melakukan ini, Anda bisa menyewa fotografer atau cukup menggunakan kamera smartphone.

Bagaimanapun, setiap elemen gaya Anda harus secara harmonis menonjolkan kreativitas perusahaan Anda. Jaga hal ini.

Transparansi dan Kejujuran

Jangan mencoba menipu klien. Ini adalah sesuatu yang dapat menghancurkan hubungan kepercayaan Anda dengannya untuk waktu yang lama, atau bahkan selamanya. Bersikaplah sangat jujur tentang keuntungan dan kerugian produk Anda.

Jangan menggunakan konten manipulatif yang kompleks dalam email, iklan, artikel, dll. Konsumen tidak suka jika seseorang membodohinya. Selain itu, mereka dengan cepat merasakan ketidaktulusan merek Anda.

Cara terbaik adalah mencoba menciptakan persahabatan khusus dengan pelanggan. Untuk ini, bersikaplah terbuka.

  • Ceritakan pelanggan kisah perusahaan Anda di bagian “Tentang Kami” di laman website.
  • Bagikan prinsip perusahaan Anda dengan memposting foto atau informasi mengenai acara atau organisasi yang Anda dukung.
  • Ulasan pelanggan sebenarnya diperlukan, baik positif maupun negatif, sebagai social proof. Tidak ada yang mempercayai bahwa 100% pengguna menyukai produk.
  • Tuliskan deskripsi produk sebenarnya. Penting halnya bagi orang-orang untuk mengetahui untuk apa sebenarnya mereka mengeluarkan uang mereka.
  • Berikan jaminan perlindungan atas data privasi konsumen. Penting bahwa informasi pelanggan dari merek Anda tidak tersebar atau bocor di tempat lain.

Dorong Aktivitas Pelanggan

Buat platform untuk diskusi di halaman media sosial Anda, tempat pelanggan dapat berbagi pengalaman dan perasaan setelah pembelian. Buat penawaran khusus yang memotivasi mereka untuk memposting foto dengan merek Anda atau meninggalkan komentar. Yang terpenting, pelanggan mempercayai ulasan pelanggan lain.

Jadi cobalah untuk membuat halaman Anda terbuka untuk diskusi. Tarik pengunjung untuk berpartisipasi dalam polling dan aktivitas lainnya. Ini akan membantu menciptakan sekelompok orang yang menyukai produk dan layanan Anda.

Ini juga akan menciptakan perasaan keluarga besar yang ramah di antara pengguna. Dengan demikian, akan mengurangi risiko pelanggan pergi ke kompetitor.

Semua aspek bisnis ini merupakan komponen integral dari merek, yang akan membuat produk Anda berbicara sendiri dan mengajarkannya untuk memotivasi konsumen agar menjadi pelanggan Anda. 

Bagaimana Menarik Pelanggan dengan Mengubah Persepsi Merek?

Font untuk mendesain logo brand perusahaan terkenal

Mari kita pertimbangkan lagi situasi dengan produk bermerek di konter toko. Jika pilihan konsumen sudah jelas, maka semuanya baik-baik saja dan perusahaan tidak perlu khawatir. Tetapi bagaimana jika ada merek terkenal lainnya di samping produk Anda?

Kemungkinan besar ini akan terjadi. Memang, daya saing di pasar modern gila-gilaan. Tidak mungkin akan ada setidaknya satu niche dimana startup baru tidak perlu berjuang untuk mendapatkan tempat.


Tetapi bahkan jika Anda berhasil menemukan jalur baru dalam pemasaran, pastikan Anda tidak sendirian di sana untuk waktu yang lama. Pasar menciptakan berbagai macam produk untuk audiens dan, karenanya, persaingan yang lebih besar untuk perusahaan. Oleh karena itu, menciptakan merek saja tidak cukup; jaga daya saingnya juga.

Kesan Pertama

Startup yang melibatkan penyewaan atau kepemilikan real estate: perusahaan katering, sekolah swasta, pencucian mobil, dll, tampaknya kesan pertama pelanggan hanya dibuat oleh interior dan layanan. Tetapi Anda perlu melihat lebih jauh dan memikirkan tentang jalur lain yang ada antara Anda dan audiens target.

Anda harus mempertimbangkan semua opsi yang memungkinkan untuk bertemu dengan klien potensial: Landing page, kartu nama, iklan, dll. Untuk melangkah di jalur ini, ada baiknya mempertimbangkan preferensi audiens target Anda.

Konsistensi

Kami memiliki sedikit kepercayaan pada orang-orang yang tidak konsisten dalam cara bicaranya dan sering mengubah vektor kehidupan mereka. Dalam pemasaran, keragaman semacam itu dapat berdampak negatif pada status perusahaan Anda.

Untuk mempertahankan citra dengan cara yang jelas dan familiar bagi konsumen, Anda perlu membuat strategi promosi merek yang jelas dan mengikutinya. Penting juga untuk memantau hasil yang ditampilkan Google saat menelusuri informasi tentang perusahaan Anda.

Jika beberapa informasi tidak sesuai dengan perusahaan Anda, hapus dengan menghubungi penulis atau Google secara langsung.

Loyalitas

Loyalitas pelanggan mempercepat pertumbuhan pelanggan baru dan meningkatkan repeat order. Bersikaplah ramah dengan pelanggan Anda dan tunjukkan kepada mereka kesediaan Anda untuk membantu.

Untuk melakukan ini, yang terbaik adalah menggunakan email, di mana Anda dapat memberitahu pelanggan tentang penawaran khusus. Jumlah email penawaran perlu kita sesuaikan dengan kebutuhan. Jika Anda tidak memiliki apa-apa untuk dideklarasikan, cobalah mengirim email untuk mengingatkan mereka tentang diri Anda. 

Dengan menggunakan tip-tip ini, merek Anda akan segera berbicara kepada audiens target Anda dengan lebih percaya diri dan lebih keras daripada pesaing Anda.

Tapi pertama-tama, ambil langkah pertama untuk menciptakan merek perusahaan Anda yang kuat dan efisien, dengan membuat logo yang merepresentasikan seluruh gaya perusahaan sekarang.

Jangan lupa juga, ini bukan masalah: dengan layanan online, membuat logo profesional untuk merek Anda hanya memakan waktu beberapa menit saja.

Tags:
Tirta Prana

Gamers for lyfe dan mantan karyawan yang sedang mencoba peruntungan di dunia bisnis dengan usaha distro baju. Wish me luck, gaiss! My life is my battle😎

  • 1

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.