Memulai bisnis untuk pemula memang tidak selalu mudah. Ada yang memulai bisnis nya tanpa modal mentor dan hanya sekedar coba- coba. Tapi, ada juga yang percaya diri karena sudah mengantongi modal bacaan bisnis dan pengalaman dari berbagai referensi.

Memulai bisnis sebagai pemula membutuhkan persiapan dan perencanaan yang matang. Menggunakan llc services bisa menjadi salah satu strategi yang efektif untuk memudahkan administrasi hingga aspek legal bisnis, memungkinkan Anda fokus pada strategi dan inovasi.

Dengan trend banyaknya anak muda yang kini mulai nyemplung ke ranah bisnis e-Commerce dan startup, wajar jika sindrom ikut- ikutan ini juga menyerang siapa saja. It’s good, karena bisnis ini wajib dicoba oleh siapa pun, terutama oleh mereka yang masih muda. 

Tips Sukses Memulai Bisnis untuk Pemula Menjadi Bekal Awal

5 Hal yang Tidak Boleh Anda Lakukan Saat Memulai Bisnis
  • Save
Credit: Law Donut

Memang benar siapa saja bisa memulai bisnis sebagai pemula. Namun, sebenarnya kurang bijak jika memulainya tanpa membekali diri sendiri apa- apa. Terlalu gegabah dan seperti menjatuhkan diri lebih mudah.

Agar pemula pun bisa mendapatkan awal yang baik, maka wajib hukumnya untuk membekali diri dengan beberapa keahlian dan panduan yang tepat. Berikut ini adalah 10 tips sukses bisnis untuk pemula dari Scott  Gerber, founder dari YEC and Forbes Councils, yang dapat menjadi bekal awal Anda.

1. Fokus pada Satu Peluang Bisnis

Adakah orang yang melihat temannya sukses di bidang propei lantas ikutan- ikutan nyemplung ke bisnis properti? Lalu ada temannya sukses berjualan hijab dia juga ikut- ikutan berjualan hijab, begitu seterusnya.

Kesalahan pertama, ikut kesana kesini tidak membuat Anda mengambil pelajaran berharga dari kesalahan Anda. Sebaliknya, hal ini justru membuat Anda tidak bisa memaksimalkan peluang yang ada.

Setiap orang memang memiliki kesempatan yang berbeda untuk sukses di niche bisnis tertentu. Bukan sebuah kebetulan, melainkan mengupayakan nya dengan fokus dan usaha terbaik. Sebagai pemula, bukan pilihan yang aman untuk melompat dari satu jenis bisnis ke bisnis yang lain.

Sebagai awalan, cobalah untuk fokus dan setia dengan bisnis yang Anda pilih. Optimalkan energi Anda di bisnis yang akan Anda lakukan, sebelum akhirnya Anda menganalisanya.

Baca Juga :  8 Cara Menangani Komplain Pelanggan Dengan Cerdas dan Tepat

2. Cintai Apa yang Anda Lakukan

Penting sekali untuk mencintai apa yang kita lakukan. Karena dengan dasar ini, kita bisa melakukannya dengan sepenuh hati, bukan paksaan.

Termasuk dalam hal usaha, jika kita menggelutinya dengan sepenuh hati, kita akan mendapatkan hasil yang maksimal. Jika Anda ingin menjadi seorang pengusaha, jangan memulainya dengan asal coba- coba atau tergiur hanya karena terlihat keren dan cuan besar.

Tidak jarang, mereka yang sukses memulai bisnis sebagai pemula karena mengawalinya dari hobi dan ketertarikan. Jika kamu mempunyai hobi otomotif, kamu bisa memulainya menjual sparepart kendaraan dan perbaikan motor. Jika hobimu adalah nongkrong, cobalah untuk membuat usaha tongkrongan yang menyediakan camilan dan makanan.

3. Kuasai Materi Bisnis Anda

Di awal memulai bisnis, sangat kecil kemungkinan bisnis Anda langsung mendapatkan kepercayaan investor besar, meski tampaknya bisnis Anda cukup berbobot. Kendati begitu, kesempatan emas ini bisa muncul kapan pun juga.

Saat kesempatan datang, pastikan Anda bisa menjelaskan kepada investor tentang bisnis Anda sejelas- jelasnya. Pasalnya, tak ada investor yang akan sembarangan menaruh uang mereka di tangan orang yang tidak paham betul dengan bisnisnya.

Maka dari itu, seorang pemula sekalipun harus melatih dirinya untuk menguasai bisnis yang digelutinya.

4. Selalu Mau Belajar dari Orang Lain

Ingatlah selalu bahwa setiap orang, siapapun itu, bisa memberi Anda pelajaran yang berharga. Jadilah pribadi open minded yang selalu mau menerima pemikiran orang lain dan selalu mau belajar.

Tidak perlu malu untuk mengajak orang lain untuk berdiskusi tentang sebuah #tipsbisnis atau ide yang belum pernah digarap. Berdiskusi ide bisnis dengan mereka yang sudah berpengalaman juga akan menambah wawasan dalam mengelola dan mengembangkan bisnis. Dengan banyak berdiskusi dan belajar, Anda akan semakin matang dalam mengelola bisnismu.

5. Hidup Sederhana Dulu, Gunakan Uang dengan Bijak

Bayangkan jika usaha mulai berkembang dan taraf hidup Anda pun mulai berubah signifikan. Anda akan merasa bahwa hidup menjadi pengusaha yang berhasil memang benar- benar nikmat. Semua hal yang sebelumnya angan- angan pun sekarang bisa Anda beli dengan mudah.

Eiitssss.. jangan terlena dulu. Keberhasilan bisnis di awal sebaiknya jangan membuat Anda langsung terlena dan segera ingin berleha- leha. Kenyataannya, dunia bisnis itu penuh ketidakpastian dan bisa berubah kapan saja. Untuk itu, penting untuk mengelola uang dengan baik.

Alih- alih membelanjakan uang untuk foya- foya di awal kesuksesan untuk hal yang belum Anda butuhkan, cobalah gunakan dana surplus untuk investasi dan mengembangkan bisnis. Pastikan bisnismu stabil dalam beberapa tahun ke depan dan yakinlah waktu untuk bersenang- senang akan terasa jauh lebih nikmat nanti.

Baca Juga :  10 Alasan Mengapa Karyawan Terbaik Resign/ Mengundurkan Diri

6. Jangan Takut Gagal, Belajar lah dari Kegagalanmu 

Percobaan pertama tidak selalu mulus untuk semua orang. Dunia bisnis itu sebuah tantangan yang benar- benar menguji ketahanan diri. Sebagian besar orang mengalami beberapa kali kejatuhan sebelum menemukan ritme yang tepat dan jalan yang mudah.

Dengan mempersiapkan diri lebih matang, Anda juga perlu mempersiapkan diri menghadapi kegagalan. Positif thinking tetap penting, tapi tetap siapkan diri. Berikan lah effort terbaik untuk bisnis Anda. Tapi saat ada sesuatu yang tidak berjalan sesuai keinginan,  belajar lah dari hal itu.

7. Rancang Konsep Bisnis yang Terbaik

Memiliki konsep yang jelas, menarik dan bisa dieksekusi dengan baik itu sangat penting. Seperti apa bisnis akan berjalan nanti? Bagaimana strategi marketing yang akan dijalankan? Berapa modal awal dan strategi mengatur keuangan? USP (Unique Selling Point) apa yang ingin ditonjolkan?

Selain menguasai bisnis sendiri, Anda juga wajib untuk memiliki konsep bisnis yang menarik dan ideal. Hal ini sangat penting jika Anda ingin bisa menarik minat investor di masa depan dan membuat bisnis Anda semakin besar kedepannya. Siapapun berhak memiliki bisnis yang besar, dan semuanya sering berawal dari konsep bisnis yang matang.

8. Jangan Abaikan Kesehatan demi Bisnis

Memulai bisnis memang tidak boleh setengah- setengah. Harus totalitas dan sepenuh hati. Tapi tunggu dulu, pastikan jangan sampai Anda mengabaikan kesehatan diri sendiri. Jangan sampai karena merawat bisnis kita jadi lupa merawat kesehatan kita dan malah berantakan semuanya.

Yang perlu kita sadari juga, menjaga kesehatan adalah salah kunci penting untuk bisa menjalankan bisnis dengan optimal. Saat Anda sehat, fokus, pikiran dan tenaga Anda dalam mengelola bisnis akan berada dalam performa terbaiknya.

Baca Juga :  Online to Offline, Ini Dia Jenis Bisnis yang Laku Setiap Hari

9. Banyak Bekerja Sedikit Bicara

Tips memulai bisnis untuk pemula selanjutnya adalah banyak bekerja sedikit bicara. Speak less, Do more bisa menjadi senjata kunci agar proses belajar Anda dari pemula menjadi master berjalan dengan  lebih baik.

Dengan banyak bertindak daripada bicara, maka Anda bisa melakukan lebih banyak hal dan membuat orang langsung bisa melihat hasil kerja Anda. Anda juga menjadi lebih fokus dalam mengerjakan apa yang menjadi fokus dalam bisnis.

10. Tahu Kapan Waktunya untuk Berhenti Berusaha

Selain optimis dan terus berpikiran positif untuk melangkah maju, seorang pemula juga sebaiknya menyadari kapan waktu untuk berhenti berusaha. Pesimis?? Bukan, bukan sama sekali.

Seperti kata sebuah pepatah, seorang kapten yang bijak tidak akan mau tenggelam bersama kapalnya. Maksud dari pepatah ini, seseorang yang bijaksana adalah mereka yang tahu kapan terus berusaha dan kapan waktu untuk berhenti.

Berhenti berusaha juga bukan berarti menyerah ya. Hanya saja, dalam bisnis, ada beberapa hal yang memaksa Anda untuk berhenti dan berubah haluan setelah analisa Anda mengatakan bisnis ini tidak bisa diselamatkan lagi. Intuisi seperti ini biasanya juga tidak akan diperoleh secara instant, melainkan diperoleh seiring waktu dan pengalaman.

Sudah Siapkah untuk Memulai Bisnis Anda?

Memulai bisnis sendiri adalah impian banyak orang. Hal ini tidak semudah membalikkan telapak tangan. Mempersiapkan diri sendiri untuk terjun ke dunia bisnis membutuhkan perhitungan yang cermat agar tidak tersesat.

Untuk Anda pemula, Panda harap tips sukses memulai bisnis ini bisa memberikan wawasan dan inspirasi untuk memulai usaha Anda. Tidak dengan terburu- buru, tidak dengan asal terjun, tapi dengan memulainya dengan persiapan yang lebih baik.

Semoga bermanfaat!

0 Shares
Share via
Copy link
Powered by Social Snap