Type to search

Blogging

Trafik Website Menurun Tiba-Tiba? Kenali Penyebab & Cara Mengatasinya

Penyebab trafik website turun dan cara mengatasinya

Trafik website yang menurun tiba- tiba bisa menimbulkan kepanikan yang luar biasa. Apalagi jika penurunan ini berlangsung secara drastis dan mencurigakan.

Jika Anda mengalami hal ini, satu hal yang perlu Anda ketahui adalah, pasti ada penyebabnya. Entah itu faktor internal, atau faktor eksternal. Alih- alih panik, langkah sebenarnya yang harus Anda lakukan adalah memulai penyelidikan.

Penyebab Trafik Turun Tiba- tiba

Sebelumnya trafik Anda konsisten, tapi secara mengejutkan mengalami penurunan drastis. Trafik website menurun seperempatnya atau bahkan setengahnya. Anda tentu harus segera menanganinya.

Coba diingat kembali, apakah Anda pernah melanggar aturan Google secara tidak sengaja? Atau melakukan hal lain yang tanpa disadari membuat trafik website menurun?

Nah beberapa hal ini adalah penyebab terhadap menurunnya lalu lintas website Anda :

1. Kompetitor naik peringkat

Analogi paling mudah dipahami, trafik Anda menurun karena peringkat tergeser oleh website kompetitor. Jika sebelumnya artikel Anda berada di peringkat satu kemudian bergeser ke 5 atau bahkan halaman berikutnya. Ini adalah penyebab yang masuk akal.

Untuk memastikan, cobalah tes beberapa kata kunci di artikel andalan Anda. Lalu perhatikan apakah peringkat Anda mengalami penurunan atau tidak.

Jika iya, coba klik beberapa kompetitor yang berhasil mengalami peningkatkan peringkat, dan pelajari konten mereka.

Apakah konten mereka memang lebih dalam, distribusi keyword bagus, atau hal lainnya, saatnya untuk memperbaiki konten Anda.

Pro Tips
Update konten Anda secara teratur dengan penambahan informasi baru agar tetap relevan di halaman pencarian dari waktu ke waktu.

2. Perubahan Algoritma

Saat mesin pencari seperti Google melakukan update algoritma baru, ada kecenderungan semua situs terdampak. Dampak sangat variatif. Bisa positif atau negatif, tergantung bagaimana cara Anda merawat website dan teknik optimasi yang Anda lakukan.

Google sendiri selalu melakukan pembaruan terhadap algoritma mereka. Tujuan pembaruan algoritma Google adalah untuk memastikan agar pengguna mereka mendapatkan hasil yang terbaik dan paling relevan dari setiap pencarian.

Apa yang harus dilakukan jika peringkat website turun karena perubahan algoritma Google? Tidak ada. Setidaknya itulah yang diungkapkan Google dalam setiap update algoritmanya beberapa tahun terakhir ini.

Tapi bukan berarti Anda hanya tinggal diam dan pasrah. Cobalah untuk mengecek data Google Analytics Anda dan lakukan perbandingan performa saat ini vs periode sebelumnya.

Dari insight Analytics, Anda akan menemukan hal- hal yang perlu Anda perbaiki dari website Anda.

3. Merubah Nama Domain

Penurunan trafik secara drastis juga bisa terjadi saat Anda merubah domain Anda. Beberapa webmaster melakukan perubahan nama domain dengan pertimbangan tertentu.

Domain baru, yang benar- benar fresh, membutuhkan waktu lebih lama untuk proses indexing. Hal ini karena domain ini masih minim authority. Anda harus melakukan optimasi SEO secara intens untuk membangun domain authority dan trafik website.

Selain itu, Anda juga perlu mengatur redirect atau pengalihan untuk memastikan mereka yang mengakses url lama Anda akan dialihkan secara otomatis ke domain baru Anda.

4. Perubahan Desain Website

Mengganti nama domain pasti berpengaruh terhadap trafik website. Namun mengapa redesign website juga bisa berdampak sama?

Ini bisa terjadi karena robot crawler perlu mempelajari struktur website kita yang baru. Namun hal ini biasanya hanya berlangsung sebentar  saja. Trafik normal website Anda bisa kembali normal dalam waktu satu bulan atau bahkan lebih cepat.

Selain merubah desain web, menyematkan script terlalu banyak pada sumber HTML template juga bisa membuat trafik website menurun tiba- tiba. Hal ini karena robot crawl perlu mempelajari kembali perintah pemrograman pada website.

5. Artikel Yang Di Copas Oleh Website Lain

Selain menjengkelkan, konten yang dicopas juga bisa menurunkan peringkat dan trafik website. Ini terjadi karena Google tidak selalu akurat untuk menentukan siapa pemilik konten originalnya.

Berbeda jika si copaser hanya mengutip sebagian dan menyertakan website kita sebagai sumbernya. Ini justru bisa berdampak positif dalam membangun reputasi website kita. Namun jika tidak, siap-siap saja trafik website akan turun perlahan.

Lalu bagaimana jika ternyata artikel kita sudah terlanjur di copas? Anda bisa mencoba menghubungi pemilik website dan meminta agar mereka untuk menurunkan artikel atau menyertakan website Anda sebagai sumber.

Jika mereka tidak merespon, Anda bisa memperbarui konten agar tidak sama persis dan tentunya jauh lebih berbobot.

Mengatasi Trafik yang Turun Tiba- tiba

Setelah mengetahui penyebab trafik menurun secara tiba- tiba, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut :

Follow Up Hasil Analisa

Anda perlu melakukan melakukan pengecekan di Google Analytics dan Search Console untuk mengetahui letak kesalahannya dimana. Apakah ada error di halaman Anda, pencarian berkurang, atau peringkat mengalami penurunan.

Dari hasil analisa tersebut, Anda bisa melakukan action untuk mengembalikan lalu lintas website Anda. Misalnya saja dengan memperbaiki halaman yang error dan memperbaiki kualitas konten agar peringkat bisa naik kembali.

Menganalisa statistik trafik di Google Analytics
Gunakan Google Analytics untuk menganalisa trafik website

Konsisten Dalam Pembaruan Konten

Konsistensi dalam memperbarui konten sangat penting untuk menjaga trafik website. Sebaiknya update konten secara berkala 1 hingga 3 artikel per hari atau per minggu, asal konsisten.

Pastikan juga konten yang Anda tulis bermanfaat dan original. Meski tidak disebutkan berapa panjang artikel yang direkomendasikan, artikel dengan kedalaman yang baik mempunyai bobot nilai lebih di mata Google.

Cara ini akan menjaga stabilitas trafik website Anda di mesin pencari.

Optimasi SEO

Optimalkan kembali SEO Anda untuk mendongkrak performa website secara keseluruhan di hasil pencarian. Selain fokus meningkatkan kualitas konten, faktor lain dalam SEO On Page dan Off Page perlu ditingkatkan.

Saat optimasi SEO Anda menunjukkan peningkatan, Anda akan mulai bisa melihat performa trafik yang baik.

Jangan Bergantung pada Satu Sumber Trafik

Trafik dari mesin pencari itu sangat baik. Tapi tidak direkomendasikan untuk mengandalkan satu sumber trafik saja.

Sebaliknya, optimalkan sumber trafik berkualitas lain yang bisa mendorong lalu lintas ke website Anda. Jika suatu saat ada perubahan algoritma atau kompetitor berhasil merebut posisi Anda di SERP, dampaknya tidak akan terlalu signifikan untuk website Anda.

Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa membaca artikel rekomendasi Panda : 10+ Sumber Trafik Berkualitas dan Tidak Berkualitas untuk Website.

Kesimpulan

Trafik website turun tiba- tiba bukan hanya dialami satu dua webmaster. Hal mengejutkan ini bisa dialami siapa saja karena alasan yang berbeda antara satu dan yang lainnya.

Sebagai resume dari artikel ini, beberapa hal yang perlu Anda lakukan saat trafik mengalami penurunan adalah :

  • Jangan panik
  • Ketahui penyebab mengapa trafik Anda turun
  • Lakukan analisa dan perbaikan sesuai dengan masalah website Anda
  • Tetap lakukan optimasi SEO dengan baik
  • Jangan bergantung pada satu sumber trafik saja

Semoga bermanfaat!

Artikel Menarik Lainnya :   21 Manfaat dan Fungsi Website untuk Brand, Perusahaan, dan Bisnis
Tags:
Redva

I'm a Digital Marketing enthusiast. Bekerja di salah satu digital marketing terbesar di Jawa Tengah sebagai Digital Strategist dan telah menulis untuk blog dengan niche teknologi & digital marketing lebih dari 4 tahun.

  • 1

You Might also Like

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

3 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Lathifah S
2 months ago

Makasih.. soalnya udah semingguan ini trafik blogku menurun. Yah.. semoga lekas pulih

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x